Home » Tips & Trik » 8 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Supaya Tahan Lama

8 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Supaya Tahan Lama

Sayuran memiliki kadar air yang tinggi. Oleh karena itu, menyimpan sayuran di kulkas dalam waktu lama akan membuatnya rusak dan cepat membusuk. Namun karena alasan menghemat waktu dan tenaga, banyak orang yang sengaja membeli sayuran dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas. Untuk menghindari sayuran di kulkas membusuk, ada beberapa cara menyimpan sayuran di kulkas yang perlu Anda tahu.

menyimpan sayuran di kulkas yang benar

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Supaya Tidak Cepat Busuk

1. Pilih Sayuran yang Masih Bagus

Cara menyimpana sayuran di kulkas yang pertama adalah beli sayuran yang masih segar dan bagus. Bahkan sayuran di supermarket terkadang memiliki bagian yang menguning dan menghitam karena mulai membusuk. Buang bagian yang sudah tidak bagus sebelum memasukan sayuran ke kulkas. Tujuannya agar kerusakan pada area tersebut tidak menjalar ke area lain. Namun jangan sampai memotong-motong sayuran, karena bisa membuatnya mudah kering dan membusuk. Potong saja bagian akar atau bagian yang sudah membusuk supaya sayuran bersih.

2. Pastikan Sayuran Bersih Sebelum Masuk Kulkas

Bakteri adalah salah satu faktor yang mempercepat proses pembusukan. Setelah membeli sayur, segera buang bagian yang tidak bagus dan cuci bersih setiap bagian sayur dengan air mengalir. Gunakan sabun antibakteri jika dibutuhkan. Setelah dicuci, lap dan keringkan sayuran sebelum masuk ke kulkas. Jangan simpan sayuran yang masih basah ke dalam kulkas karena bisa mempercepat pembusukan.

menyimpan sayuran di kulkas supaya tahan lama

Di samping itu, pastikan kulkas Anda bersih supaya tidak terjadi kontaminasi bakteri. Setel suhu kulkas yang ideal di antara 1 – 4 derajat Celcius. Jangan lebih tinggi karena bisa menimbulkan bakteri dan jangan terlalu rendah karena bisa membuat sayuran membeku.

3. Bungkus dengan Kertas atau Plastik Jaring

Saat disimpan di kulkas, sayuran tetap membutuhkan oksigen untuk bertahan lama. Oleh karena itu tidak dianjurkan menyimpan sayuran di kulkas dalam wadah tertutup rapat. Gunakan kertas atau plastik berjaring untuk membungkus sayuran. Kertas mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran. Gunakan kertas untuk membungkus sayuran yang mudah lembab dan busuk, seperti jamur. Sedangkan plastik jaring memberi akses aliran udara.

4. Pisahkan Sayuran dan Buah-Buahan

Buah-buahan seperti apel dan pir dapat mengeluarkan gas Etilena. Gas ini dapat mempercepat proses pematangan pada buah dan sayuran yang ada di dekatnya. Menempatkan buah yang masih mentah di bersama apel memang bisa mematangkan buah dengan cepat. Namun tidak untuk sayuran karena pematangan berarti pembusukan.

cara menyimpan sayuran di kulkas

Gas Etilena dapat membuat sayuran cepat layu, menguning, timbul bercak, dan akhirnya membusuk. Oleh karena itu, jangan simpan buah dan sayuran dalam satu tempat. Letakan buah dan sayuran dalam rak yang terpisah.

5. Atur Tata Letak Sayuran di Kulkas

Kulkas pada umumnya memiliki 3 hingga 4 rak penyimpanan. Gunakan semua rak dan susun sayuran sesuai jenisnya. Letakan sayuran berdaun hijau seperti: kangkung, bayam, dan sawi di rak paling bawah karena suhunya paling stabil sehingga aman untuk sayuran yang mudah busuk.

menyimpan sayuran di kulkas

Rak tengah bisa digunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air rendah seperti: wortel, kol, buncis, atau kacang panjang. Rak paling atas bisa Anda gunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai, terong, dan paprika.

6. Ketahui Sayuran yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Tidak semua sayuran bisa disimpan di dalam kulkas. Misalnya tomat tidak bisa disimpan di kulkas karena udara dingin akan menghambat pematangan tomat. Tomat juga dapat mengeluarkan gas yang bisa mempercepat proses pembusukan. Selanjutnya, daun kemangi tidak bisa disimpan di kulkas karena sangat mudah layu. Lalu kentang juga sebaiknya disimpan di luar kulkas. Simpan kentang di tempat gelap dan dingin agar zat tepungnya tetap terjaga.

7. Jenis Sayuran yang Bisa Dibekukan

Sayuran dengan batang keras seperti wortel dan brokoli bisa disimpan dalam wadah tertutup. Cuci wortel dan brokoli lalu kupas dan potong-potong. Masukan ke dalam wadah yang kedap udara. Anda bisa menyimpan wadah sayuran tersebut di dalam freezer supaya lebih awet.

tips menyimpan sayuran di kulkas

8. Jangan Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Saat menyimpan sayuran di kulkas, kelembapan adalah faktor penting untuk menjaga sayuran tetap awet. Untuk menjaga kelembapan kulkas, jangan terlalu sering buka tutup pintu kulkas. Selain itu, bersihkan karet pintu kulkas supaya kulkas tetap dingin. Kulkas yang tidak dingin akan membuat buah dan sayuran cepat membusuk.

Waktu Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Ideal

Menyimpan sayuran di kulkas tidak bisa sampai berhari-hari. Sayuran sebaiknya disimpan paling lama 3 hari untuk menjaga kesegarannya. Khusus sayuran hijau, lebih baik segera dikonsumsi 1 – 2 hari setelah pembelian agar Anda tetap bisa mendapatkan kandungan nutrisi sayuran. Jika ingin disimpan lebih lama, bungkus dengan kertas karena kertas bisa menyerap kelebihan air.

Jika Anda sering menyimpan sayuran di kulkas, jangan lupa cek setiap hari. Buang bagian sayuran yang mulai layu, menguning, atau membusuk. Tujuannya agar tidak mengkontaminasi sayuran lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *