Cara Memperbaiki MicroSD Tidak bisa Diformat, Mudah Lho!

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Bisa Diformat – Peran MicroSD saat ini sangat besar, terutama pada smartphone, tablet, atau kamera. Dengan bantuan MicroSD, Anda bisa menyimpan berbagai macam file, mulai dari foto, video, lagu, hingga dokumen pribadi. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil dan tipis, namun MicroSD atau yang biasa disebut kartu SD ini punya kapasitas yang besar. Kapasitas MicroSD yang tersedia di pasaran saat ini sangat beragam, mulai dari 8GB hingga yang paling besar 1TB. Selain itu, teknologi di dalam MicroSD juga berbeda-beda tergantung tujuan penggunaannya. MicroSD yang dikhususkan untuk merekam video beresolusi tinggi (hingga 4K) memiliki kecepatan baca dan tulis data yang lebih tinggi dibanding MicroSD yang biasa digunakan untuk smartphone. Teknologi dan kapasitas yang lebih tinggi membuat harga MicroSD tersebut lebih mahal.

Penyebab MicroSD Tidak Bisa Diformat

Karena MicroSD banyak digunakan untuk menyimpan file-file besar seperti lagu, foto, dan video, maka Anda pasti akan sangat kesal sekali kalau tiba-tiba MicroSD rusak akibat corrupt atau diserang virus. Cara satu-satunya untuk memperbaiki MicroSD yang rusak atau kena virus adalah dengan cara diformat. Namun bagaimana jadinya jika Anda tidak bisa memformat MicroSD tersebut?

Cara Memperbaiki MicroSD tidak bisa diformat

Penyebab MicroSD tidak bisa diformat biasanya adalah karena serangan virus, terkena gangguan magnetis, asal cabut MicroSD, atau karena MicroSD terkena kotoran dan minyak. Jika MicroSD terkena gangguan magnet dan rusak akibat asal cabut dari perangkat bisa jadi menyebabkan kerusakan permanen. Cara untuk memperbaikinya bukan lagi dengan diformat, melainkan diganti dengan yang baru. Sedangkan jika hanya terkena kotoran dan minyak, Anda bisa membersihkan MicroSD tersebut lalu format kembali jika dibutuhkan. Nah, jika MicroSD tidak bisa diformat karena serangan virus, Anda harus melakukan langkah berikut ini:

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Bisa Diformat

Sebelum memperbaiki MicroSD yang tidak bisa diformat, Anda bisa mengecek dulu apakah penyebab MicroSD tidak bisa diformat. Smartphone dan tablet biasanya memiliki fitur yang dapat memformat MicroSD. Namun, jika kartu MicroSD Anda tidak bisa diformat dengan perangkat tersebut coba dengan PC atau laptop. Memfprmat MicroSD dari PC atau laptop lebih efektif dan mudah. Komputer bisa membersihkan data di dalam MicroSD sampai benar-benar bersih dan tidak menyisakan satupun data.

Cara Memperbaiki MicroSD tidak bisa diformat

Selain dengan format biasa dengan komputer, Anda bisa mencoba cara format MicroSD lainnya, sebagai berikut:

1. Format MicroSD Lewat Command Prompt (CMD)

Sebelum memulai format, lepaskan MicroSD dari perangkat Anda. Setelah itu hubungkan MicroSD ke Card Reader, SD Card Adapter, atau colok langsung ke laptop jika tersedia slot MicroSD. Setelah itu dari menu utama Windows buka CMD dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketik CMD lalu ENTER. Kemudian ikuti langkah berikut ini:

  1. Setelah menu CMD terbuka, ketik “diskpart”
  2. Setelah muncul diskpart.exe lalu ketik “list disk”
  3. Pilih Disk yang ingin diformat dengan mengetik “select disk (nomor disk)” misalnya “select disk 1”
  4. Pastikan Anda memilih disk yang tepat dengan menyesuaikan ukuran MicroSD dengan informasi kapasitas yang tertera di monitor
  5. Setelah itu ketik “Attributes disk clear readonly”
  6. Langkah selanjutnya adalah ketik “Clean”, perintah ini akan membersihkan semua data yang ada di dalam MicroSD
  7. Setelah selesai dibersihkan, ketik “create partition primary” lalu ketik “format fs=fat32” FAT32 bisa Anda ganti dengan NTFS
  8. Setelah selesai keluar dari CMD dengan cara ketik “exit” atau close jendela CMD.

Cara Memperbaiki MicroSD tidak bisa diformat

2. Format MicroSD dengan Aplikasi SDFormatter

Sebelum Anda mulai format kartu MicroSD, instal dulu aplikasi SDFormatter di sini. Aplikasi ini bisa Anda pakai untuk format kartu SD, SDHC, SDXC, dan beragam jenis kartu memori lainnya. Aplikasi SDFormatter sangat direkomendasikan untuk membersihkan data-data di dalam kartu memori. Aplikasi ini bisa membersihkan isi kartu memori lebih baik dibanding fitur format bawaan pada laptop dan PC. SDFormatter memiliki fitur Protected Area agar aplikasi tidak memformat file-file yang ada di dalam folder khusus tersebut.

Cara Memperbaiki MicroSD tidak bisa diformat

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Colokan MicroSD Anda pada SD Adapter atau slot SD Card pada laptop atau PC.Setelah itu, buka aplikasi lalu pilih Drive MicroSD yang ingin dibersihkan. Anda bisa kustomasi format dengan cara menekan tombol Option pada Format Option. Setelah semua selesai diseting, klik Format untuk memulai membersihkan semua data di dalam MicroSD.

Cara Merawat MicroSD yang Baik dan Benar

MicroSD adalah perangkat penyimpanan eksternal terbaik untuk smartphone dan tablet. Bentuk yang kecil dan tipis memungkinkannya bisa dimasukan ke dalam slot kartu SD di gadget dengan mudah sehingga tidak akan menonjol keluar saat dipasang seperti USB OTG. Berkat kapasitas penyimpanan yang besar, MicroSD selalu menjadi andalan untuk menyimpan banyak hal, mulai dari foto, video, hingga dokumen penting. Karena termasuk barang elektronik, bukan berarti MicroSD tidak bisa rusak. Data Corrupt atau MicroSD tidak bisa diformat adalah dua masalah yang paling sering dialami oleh pengguna. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara untuk merawat MicroSD yang baik dan benar.

  • Unmount MicroSD jika ingin melepas MicroSD, walau tidak sedang digunakan sebenarnya MicroSD terus terhubung ke sistem operasi gadget Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari MicroSD rusak unmount atau lepas hubungkan MicroSD dengan benar. Unmount MicroSD bisa Anda lakukan dari menu Setting  lalu ke Storage
  • Kalau kena air, Keringkan dengan benar. Jika Anda tidak sengaja mencipratkan air ke MicroSD segera lap dengan tisu atau lap kering halus. Setelah itu biarkan kering secara alami. Jangan langsung colokan MicroSD ke slot SD Card saat keadaan basah karena bisa menyebabkan korsleting
  • Hindari MicroSD terbentur benda keras atau tergores benda tajam. Hal tersebut dapat menyebabkan kartu MicroSD rusak sehingga tidak bisa digunakan lagi
  • Hindari dari gangguan magnet. Radiasi magnet yang tinggi dapat menyebabkan MicroSD dan data di dalamnya rusak. Oleh karena itu, hindari MicroSD dari barang-barang elektronik dan rumah tangga yang bisa mengeluarkan radiasi magnet tinggi.

Cara memperbaiki MicroSD tidak bisa diformat bisa Anda atas dengan cara di atas. Namun untuk mencegah masalah seperti ini terjadi berulang kali, ada baiknya Anda sering-sering merawat MicroSD supaya lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Leave a Comment