Pengertian Gadget Serta Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Buat kalian yang suka mengikuti perkembangan teknologi dan tren jaman pasti tak asing dengan nama “gadget”. Apa itu gadget ? Apa pengertian gadget ? Apa fungsi gadget ? Apa jenis dan contoh gadget ? nah semuanya akan dibahas di artikel kali ini. Banyak orang berbeda pendapat tentang pengertian dan jenis gadget. Kali ini kami akan mencoba merangkum semua pengertian tersebut dan mencari apa pengertian gadget yang paling tepat.

Pengertian Gadget Menurut Beberapa Sumber

Setiap sumber memiliki pengertian gadget yang berbeda-beda. Kali ini Gagastekno ingin menyatukan beberapa pengertian gadget tersebut menjadi satu. Pengertian pertama adalah dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam bahasa Indonesia, gadget bisa disebut sebagai gawai. Arti gadget atau gawai menurut KBBI adalah alat atau piranti elektronik ataupun mekanik yang punya fungsi praktis.

Pengertian gadget

Sedangkan pengertian gadget kedua menurut Wikipedia, gadget adalah suatu piranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibanding perangkat teknologi yang sebelumnya. Menurut Wikipedia, yang membedakan gadget atau gawai dengan perangkat teknologi biasa adalah gadget memiliki unsur kebaruan dan ukurannya lebih kecil. Sebagai contohnya: komputer yang dulunya berukuran besar kini diganti oleh laptop yang ukurannya lebih kecil. Nah laptop itulah yang disebut gadget.

Namun jika kita merujuk ke pengertian dan pemahaman gadget secara umum gadget adalah perangkat elektronik ringkas yang praktis dan memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan, memberi hiburan, alat komunikasi dan lain sebagainya. Dengan kata lain, sebuah perangkat yang disebut gadget haruslah memiliki banyak kegunaan yaitu selain untuk membantu pekerjaan, juga untuk alat komunikasi atau memberi hiburan di kala senggang.

Dari 3 pengertian gadget di atas, Gagastekno bisa simpulkan bahwa pengertian gadget adalah alat elektronik canggih berbentuk ringkas yang memiliki banyak fungsi. Gadget bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari, memberi hiburan di kala senggang, dan digunakan sebagai alat komunikasi. Setelah mengetahui apa pengertian gadget, selanjutnya mari kita bahas fungsi gadget.

Fungsi Gadget Secara Umum

Sesuai penjelasan di atas, kita bisa mengetahui secara pasti apa itu fungsi gadget ? Secara umum fungsi gadget adalah untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Namun untuk menilai fungsi sebuah gadget, Anda harus tahu jenis gadget yang digunakan. Setiap jenis gadget punya fungsinya sendiri-sendiri. Berikut ini fungsi gadget secara umum:

  1. Sebagai alat komunikasi. Fungsi utama dari gadget adalah untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus terbatas jarak dan waktu. Selain itu, karena sifatnya adalah memudahkan, maka dari itu berkomunikasi melalui gadget haruslah mudah, cepat, dan murah.
  2. Mengakses Informasi. Gadget berfungsi untuk memudahkan Anda mencari informasi apapun melalui internet. Dengan bantuan gadget, Anda bisa mencari informasi apapun yang dibutuhkan dalam waktu singkat.
  3. Memudahkan Pekerjaan Sehari-hari. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah. Oleh karena itu sebuah gadget haruslah memiliki fungsi atau fitur yang didesain untuk memudahkan setiap pekerjaan yang dilakukan manusia.
  4. Menjadi Sarana Hiburan. Selain bisa memudahkan pekerjaan, gadget juga berfungsi untuk membantu Anda mendapatkan akses hiburan bersifat digital dengan cepat dan mudah. Fitur pemutar musik atau video adalah fitur standar yang harus dimiliki oleh sebuah gadget.

Jenis dan Contoh Gadget

Dari pengertian gadget dan 4 fungsi gadget di atas kita bisa simpulkan bahwa gadget terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenis gadget ada contohnya masing-masing. Berikut ini jenis jenis gadget yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, atau bahkan Anda sendiri memilikinya di rumah.

1. Gadget untuk Komunikasi

Gadget komunikasi adalah alat canggih yang fungsi utamanya adalah untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan banyak orang tanpa terbatas jarak dan waktu. Saat ini gadget komunikasi sudah terhubung ke internet yang artinya Anda bisa menghubungi siapapun di manapun dengan biaya lebih murah. Contoh gadget komunikasi adalah smartphone dan tablet.

Pengertian gadget

Dengan bantuan smartphone atau tablet, Anda bisa menghubungi siapapun di belahan dunia manapun melalui internet. Bentuk komunikasi yang bisa Anda lakukan pun tak hanya verbal namun juga bisa berbentuk teks atau tulisan. Komunikasi melalui teks biasa disebut sebagai chat atau chatting. Smartphone dan tablet tak hanya bisa untuk komunikasi saja. Kedua perangkat ini juga bisa digunakan untuk mencari informasi, memudahkan pekerjaan sehari-hari, dan menjadi media hiburan.

2. Gadget untuk Produktivitas

Gadget untuk produktivitas adalah gadget yang tujuannya untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Jenis gadget satu ini punya banyak fitur di dalamnya. Semua fitur yang dimiliki gadget ini didesain untuk membantu Anda bekerja. Contoh gadget untuk produktivitas adalah laptop. Laptop memiliki bentuk ringkas dan punya banyak kelebihan dibanding komputer lawas atau desktop. Laptop mudah dibawa kemana saja. Performanya pun bisa menandingi komputer lawas.

Pengertian gadget

Tak hanya itu, laptop juga bisa digunakan untuk berkomunikasi baik secara verbal, tatap muka (melalui video call), dan tekstual (chat). Laptop juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan di kala senggang. Kemudian untuk akses informasi juga lebih mudah karena laptop bisa dipasangi aplikasi browser.

3. Gadget untuk Hiburan

Jenis gadget satu ini fokus utamanya adalah untuk memberi hiburan kepada penggunanya. Gadget untuk hiburan punya fungsi dasar yaitu memutar musik atau video. Contoh dari gadget untuk hiburan adalah: pemutar musik portabel iPod atau pemutar musik portabel. Dengan bantuan pemutar musik portabel, Anda bisa memutar musik yang Anda suka di mana saja. Selain itu, pemutar musik modern juga bisa terhubung ke internet sehingga Anda bisa mendengarkan musik melalui fasilitas streaming.

4. Gadget untuk Gaya Hidup

Gadget tak selamanya digunakan untuk bekerja dan menikmati hiburan saja. Ada salah satu jenis gadget yang bisa digunakan untuk mendukung gaya hidup. Jika memiliki gadget satu ini Anda bisa lebih percaya diri saat sedang beraktivitas. Kemudian, tren gaya hidup sehat yang banyak diminati orang saat ini membuat banyak produsen berlomba-lomba membuat gadget yang cocok untuk mendukung gaya hidup sehat.

Selain itu, gadget yang mendukung gaya hidup juga diharapkan punya banyak kelebihan yang disukai oleh anak muda, seperti misalnya ringkas, kaya fitur, dan bisa memenuhi kebutuhan sekunder. Contoh gadget untuk mendukung gaya hidup adalah: Konsol game, drone, Fitness Band, Smartwatch, dan action cam.

Nah itu dia pengertian gadget serta fungsi, jenis, dan contohnya. Beragam jenis gadget kini bisa dengan mudah Anda beli di pasaran. Setiap jenis gadget punya fungsinya sendiri. Tinggal Anda sesuaikan saja, mana jenis gadget yang paling sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Leave a Comment