7 Air Fryer Terbaik 2020, dengan Kelebihan dan Kekurangan

Air fryer adalah salah satu alat untuk menggoreng yang tidak membutuhkan minyak. Saat ini keberadaan alat penggoreng listrik tanpa minyak ini semakin digemari. Tak lain karena dilansir dari berbagai sumber, menggoreng tanpa minyak bisa jadi pilihan makan yang sehat. Lantas, bagaimana cara kerja dari fryer tanpa minyak?

Sekarang sudah bukan waktunya lagi goreng makanan pakai minyak. Selain merepotkan, sering menggoreng menggunakan minyak juga bisa meningkatkan tingkat kolesterol di tubuh Anda. Dengan alat masak ini, Anda bisa menggoreng makanan apa pun tanpa membutuhkan minyak. Sehingga bisa mengurangi mengonsumsi makanan berminyak dan hidup lebih sehat, serta bebas kolesterol.

air fryer terbaik 2020 GAGASTEKNO

Jenis-Jenis Air Fryer

Ada bebera jenis dari Air Fryer. Di mana setiap jenisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah jenis-jenis Air Fryer yang ada di pasaran.

1. Bentuk Basket

Basker air fryer ini merupakan jenis fryer tanpa minyak yang paling umum digunakan. Bentuknya hampir mirip seperti teko, namun permukaannya lebih bundar dan terdapat banyak tombol pada alat. Uniknya, cara membuka-tutup alat ini dari samping, seperti ketika anda membuka laci. Karena bentuk wadahnya yang seperti loyang, anda bisa menggunakan fryer jenis ini untuk menggoreng makanan yang tidak terlalu kering. Anda bahkan bisa memanggang kue di sini.

2. Bentuk Paddle

Berbeda dengan jenis sebelumnya, paddle air fryer ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan magic com, cara membuka-tutupnya pun dari atas. Di bagian tengah alat, terdapat seperti baling-baling yang berfungsi mengalirkan udara panas pada makanan.Jenis ini paling cocok digunakan untuk menggoreng makanan seperti frozen food dengan permukaan yang sangat renyah.

paddle air fryer GAGASTEKNO

3. Oil-free Turkey Fryer

Dibanding jenis fryer lainnya, oil free turkey ini memiliki ukuran dan kapasitas yang paling besar. Bentuknya mirip seperti panci yang berkaki. Terdapat dua gagang di kanan-kiri yang memudahkan anda untuk memegangnya. Bagian tutupnya juga terpisah dan tidak menyatu seperti fryer lainnya. Jadi anda bisa lebih leluasa ketika memasukkan makanan. Karena kapasitasnya yang besar, biasanya oil-free turkey air fryer ini digunakan untuk memanggang ayam atau kalkun utuh.

Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer

Kelebihan Air Fryer

Terdapat berbagai kelebihan dari alat masak tanpa minyak ini, diantaranya:

  • Lebih sehat
  • Hasil penggorengan lebih renyah dan crispy
  • Tidak mengubah rasa
  • Multifungsi
  • Praktis
  • Aman

Kekurangan Air Fryer

  • Harga cukup mahal
  • Tidak semua jenis makanan bisa diolah
  • Kapasitas kecil

Rekomendasi Air Fryer Terbaik 2020

Agar Anda tidak bingung dalam memilih, yuk simak rekomendasi merk air fryer yang bisa jadi rekomendasi sebelum dibeli.

1. Philips HD9220

Harga terbaru: Rp 1.800.000

air fryer philips GAGASTEKNO

Dengan teknologi rapid air, membuat alat pemasak tanpa minyak ini membuat makanan yang dimasak jadi matang merata. Saat proses memasak, penggorengan tanpa minyak ini bagian luarnya tetap dingin sehingga aman untuk keluarga. Selain itu, alat ini tidak meninggalkan bau dan mudah dibersihkan. Seperti diketeahui, Philips memang telah andal dalam membuat perabotan untuk rumah tangga. Jadi, untuk yang satu ini kualitasnya tak perlu dipertanyakan.

2. Xiaomi Onemoon OA1

Harga terbaru: Rp 1.000.000

air fryer xiaomi GAGASTEKNO

Tak hanya mengeluarkan produk smartphone, nyatanya Xiaomi juga telah lama menggarap berbagai macam perangkat rumah pintar. Dibandingkan merk lain, penggorengan tanpa minyak Xiaomi ini juga punya kualitas yang bagus. Anda bisa mengatur temperatur untuk memasak hingga 200 derajat Celsius. Selain itu ada fitur timer, jadi dijamin tidak akan lupa kalau Anda sedang memasak sesuatu. Kapasitasnya juga cukup besar, yaitu sekitar 2 liter.

3. Oxone OX-277

Harga terbaru: Rp 1.600.000

air fryer oxone GAGASTEKNO

Kecanggihan dari air fryer ini adalah dapat berputar 360 derajat, sehingga dapat menghasilkan makanan yang matang dengan sempurna. Wadahnya juga terbuat dari kaca, sehingga Anda bisa melihat masakan sedang dimasak dengan mudah. Alat canggih ini memliki dimensi 43 x 43 x 40 cm yang membuat Anda bisa memasukan satu ayam utuh untuk dimasak.

4. Midea MF-CN20A

Harga terbaru: Rp 1.800.000

air fryer midea GAGASTEKNO

Penggorengan ini berbeda dengan yang lainnya. Hal ini karena tak hanya bisa menggoreng saja. Midea MF-CN20A juga bisa mengukus, sekaligus memanggang. Dengan fitur 3 dimensi udara akan membuat makanan Anda matang merata. Kapasitas keranjangnya mencapai 2.2 liter. Kesan modernnya juga dapat dilihat dari pengaturan suhu masak dengan layar sentuh, dengan layar sentuh pengaturannya jadi lebih mudah dioperasikan. Selain itu pegangan dari penggorengan ini tidak panas, jadi memudahkan Anda saat memasak atau mengangkat makanan.

5. Maspion AF-251 BC

Harga terbaru: Rp 1.200.000

air fryer maspion GAGASTEKNO

Selanjutnya yakni Maspion AF-251 BC yang punya daya listrik yaitu hanya 1.000 Watt. Sistem kerjanya mengandalkan kombinasi panas dan udara yang cepat dalam ruang, jadi makanan matang dengan panas yang tetap stabil dan nutrisinya tidak rusak. Kapasitas Maspion AF-251 BC cukup besar, yaitu 3,2 liter. Jadi Anda bisa menggoreng sekaligus berbagai makanan.

6. Strogen Air Fryer Compact 1000

Harga terbaru: Rp 650.000

air fryer strogen GAGASTEKNO

Memasak menggunakan fryer Strogen dijamin membuat hidup Anda makin sehat. Tingkat minyak dalam makanan dapat berkurang hingga 85% dengan produk ini. Meski kapasitanya tidak sebesar yang lain yakni hanya 1.8 liter. Namun, masih cocok digunakan untuk memasak bagi keluarga. Namun, enggunaan dayanya cukup besar yakni 1000 watt. Bukan tanpa sebab karena sanggup menyentuh suhu 200 derajat celsius.

7. Kuche K-900 Air Fryer

Harga terbaru: Rp 3.900.000

air fryer kuche GAGASTEKNO

Kentang goreng adalah snack favorit semua orang. Berkat sirkulasi panas yang sempurna, menggoreng dengan Kuche K-900 ini tentu lebih sehat karena tanpa menggunakan minyak. Hal ini membuat makanan yang Anda goreng merata di luar dan di dalam makanan tersebut. Tak hanya itu saja, pengoperasian dari Kuche K-900 juga mudah dengan menggunakan digital touchscreen. Tidak hanya menggoreng, air fryer andalan ini juga bisa mengukus lho.

Itulah tadi rekomendasi air fryer yang bisa Anda beli saat ini. Namun, jika Anda lebih suka memasak dengan kompor gas terbaik yang Anda punya juga tidak apa-apa. Mengingat penggunaan alat masak tanpa minyak ini memang tidak sepopuler yang lainnya.

Leave a Comment