Kulkas Tanpa Bunga Es (Cara Membersihkan Freezer Kulkas)

Artikel Gagastekno kali ini adalah tentang kulkas tanpa bunga es (cara membersihkan freezer kulkas). Bunga es yang memenuhi ruangan freezer akan menyebabkan kulkas tidak dingin. Selain itu, freezer yang dipenuhi oleh bunga es akan menyempitkan ruangan freezer kulkas Anda. Hal ini sering terjadi pada kulkas 1 pintu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan bunga es yang ada pada freezer kulkas secara rutin agar kulkas Anda tetap terjaga kedinginannya. Namun sebelum kami menjelaskan cara membersihkan freezer kulkas dari bunga es, kami akan menjelaskan dampak dari bunga es pada kulkas Anda. Ikuti artikel ini sampai habis.

Kulkas Tanpa Bunga Es (Dampak Bunga Es Pada Kulkas/Freezer)

1. Kapasitas Freezer Kulkas Akan Berkurang

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa dampak dari bunga es pada kulkas adalah berkurangnya kapasitas freezer kulkas Anda. Kulkas Anda akan sempit sehingga Anda tidak bisa menyimpan banyak makanan dalam freezer kulkas Anda.

2. Bahan Makanan Akan Cepat Busuk

Selain itu, dampak dari bunga es lain adalah bahan makanan yang cepat busuk. Bunga es yang menumpuk akan menutup selang yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin pada kulkas. Hal ini dapat menyebabkan udara dingin pada kulkas tidak mengalir dengan baik sehingga makanan yang ada pada kulkas cepat membusuk.

3. Kesulitan Ketika Menggunakan Kulkas

Karena kapasitas freezer pada kulkas berkurang akibat bunga es yang menumpuk, Anda juga akan kesulitan untuk meletakan atau mengatur makanan yang Anda masukkan ke dalam kulkas.

Kulkas Tanpa Bunga Es (Cara Membersihkan Freezer Kulkas Dari Bunga Es)

Kulkas Tanpa Bunga Es (Cara Membersihkan Freezer Kulkas)

Langkah-langkah berikut merupakan langkah dari cara membersihkan freezer kulkas dari bunga es untuk kulkas yang sudah memiliki fitur defrost. Pastikan kulkas Anda memiliki fitur ini sebelum mengikuti langkah-langkah berikut.

  1.  Pertama kali yang Anda lakukan sebelum membersihkan freezer kulkas adalah mengosongkan freezer. Jika bunga es dalam freezer kulkas Anda menumpuk banyak, tunggu hingga bunga es mencair dengan cara menurunkan suhu kulkas hingga suhu terendah.
  2. Selama proses pencairan bunga es ini, sebaiknya buka pintu kulkas Anda.
  3. Selanjutnya, Anda dapat menarik selang pembuangan keluar. Siapkan wadah supaya air yang keluar tidak membuat becek lantai Anda.
  4. Agar tidak membuat becek lantai Anda karena bunga es yang mencair, siapkan handuk yang sudah dibasahi dengan air panas dan letakkan di dalam kulkas. Hal ini dapat membantu mempercepat proses pencairan bunga es tanpa harus membuat air yang dihasilkan bunga es yang cair tercecer.
  5. Gunakan lap kering untuk mengelap dinding freezer hingga bunga es pada freezer kulkas Anda tidak tersisa.

Usahakan tidak menggunakan benda-benda tajam seperti pisau dan semacamnya ketika melakukan pembersihan bunga es ini karena dapat mengakibatkan evaporator pada kulkas rusak. Evaporator yang rusak ini tidak akan menghasilkan suhu dingin. Demikian artikel kami tentang kulkas tanpa bunga es (cara membersihkan freezer kulkas) semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin membersihkan kulkas agar terhindar dari bau, Anda dapat membuka artikel ini untuk lebih lanjut.

Leave a Comment