Cara Membersihkan Kulkas Supaya Terhindar Dari Bau

Artikel Gagastekno kali ini akan membahas cara membersihkan kulkas supaya terhindar dari bau, karena kulkas dengan bau tak sedap akan memengaruhi bau makanan dan minuman sehingga tidak sedap lagi dirasa. Kulkas atau lemari es merupakan alat rumah tangga yang sangat penting, oleh karena itu, membersihkan kulkas tidak boleh dilewatkan. Banyak orang yang tidak peduli dengan kebersihan dan tidak tahu cara membersihkan kulkasnya. Atau, jikala kulkas itu dibersihkan, mereka tidak membersihkannya secara teliti dan seksama. Banyak juga yang membersihkan kulkas dengan menggunakan cairan kimia yang belum tentu baik untuk membersihkan kulkas. Padahal ketika membersihkan dengan cairan tersebut, efeknya cukup berbahaya. Cairan tersebut tidak sedikit yang mengandung racun yang dapat membahayakan ketika menempel pada makanan. Oleh karena itu, kami akan memberikan langkah-langkah cara membersihkan kulkas. Sebelumnya siapkan dulu alat-alat untuk membersihkan kulkas.

Cara Membersihkan Kulkas Supaya Terhindar Dari Bau

Cara Membersihkan Kulkas (Alat-alat Membersihkan Kulkas)

Siapkan alat-alat berikut sebelum membersihkan kulkas:

1. Sabun pencuci piring, contoh: Sunlight Plus anti bau
2. Sarung tangan pencuci piring
3. Lap basah
4. Handuk kering bersih
5. Spon non-abrasif/sikat gigi bekas
6. Kain lembut non-abrasif
7. Alat semprotan
8. Air panas

Cara Membersihkan Kulkas

1. Langkah pertama, sebelum membersihkan kulkas, cabut stop kontak. Hal ini menghindari Anda tersengat listrik ketika membersihkan.
2. Setelah itu, pilah makanan lalu kosongkan isi kulkas. Namun, untuk bahan makanan yang segar, simpan sementara di freezer agar makanan tersebut terjaga kesegarannya.
3. Lepas seluruh rak dan laci, dan jangan lupa gunakan sarung tangan pencuci piring agar tidak licin.
4. Setelah itu, cuci semua rak dan laci kulkas di wastafel atau di ember besar atau bak mandi. Jika laci atau rak kulkas Anda terbuat dari plastik, Anda dapat mencucinya dengan air panas, namun jika material rak atau laci kulkas Anda terbuat dari kaca, lebih baik diamkan dahulu pada suhu kamar sebelum dicuci dengan air panas supaya tidak retak.
5. Kemudian buat larutan pembersih dengan mencampur air panas dan sabun cair pencuci piring. Masukkan ke dalam semprotan.
6. Selanjutnya bersihkan seluruh bagian kulkas termasuk bagian dinding kulkas dengan menyemportkan cairan yang Anda buat tadi.
7. Bersihkan juga penyangga laci, rak, dan juga karet pada pintu kulkas. Jika Anda menemukan kotoran pada celah-celah, bersihkan dengan spons non-abrasif atau sikat gigi bekas.
8. Selanjutnya bilas seluruh permukaan kulkas dengan lap basah yang bersih, dan keringkan dengan lap/handuk kering.
9. Setelah Anda bersihkan bagian dalamnya, bersihkan bagian luar kulkas Anda. Jika kulkas Anda berbahan stainless steel kami sarankan gunakan kain non-abrasif.
10. Bilas seluruh bagian luar dengan lap basah yang bersih, dan seperti mengeringkan bagian dalam, keringkan dengan lap kering bersih.

Untuk menjaga kulkas Anda tidak cepat berbau, kami juga akan memberikan beberapa tips. Berikut tipnya:

Tips Agar Kulkas Tidak Cepat Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

1. Meletakkan air persan lemon

Aroma lemon sangat segar, hal ini dapat mengurangi bau yang ada di dalam kulkas. Namun, bagaimana caranya? Anda dapat meletakkan perasan lemon pada sebuah wadah. Aroma lemon itu akan memenuhi ruangan setelahnya.

Cara Membersihkan Kulkas Supaya Terhindar Dari Bau

2. Letakan tisu gulung

Tisu gulung mampu menyaringpartikel-partikel bau tidak sedap. Namun, sebaiknya jangan biarkan tisu tersebut basah. Letakkan tisu gulung tersebut di bagian yang tidak ada tetesan air.

Cara Membersihkan Kulkas Supaya Terhindar Dari Bau

3. Letakkan bubuk kopi

Bubuk kopi juga mampu menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas Anda. Namun, Anda harus menggantinya setiap dua minggu sekali karena ketika diletakkan lebih lama, kemampuannya dalam menyerap bau akan berkurang.

Cara Membersihkan Kulkas Supaya Terhindar Dari Bau

Demikian artikel gagas tekno kali ini tentang cara membersihkan kulkas supaya terhindar dari bau. Silakan segera dicoba, dan semoga bermanfaat. Salam Gagastekno.

Leave a Comment