Perbedaan TV LED dan LCD (Wajib Baca Sebelum Beli TV)

Apabila Anda ingin membeli sebuah tv baru untuk melengkapi ruang bersantai di rumah, mungkin pertanyaan yang muncul adalah tv seperti apa yang sebaiknya dibeli? Memang beberapa model seperti yang ditawarkan oleh Sony atau LG menghadirkan tv OLED atau Samsung yang menghadirkan tv QLED dengan kemampuan menampilkan gambar yang sangat menakjubkan. Namun model tersebut hadir dengan harga yang tinggi dan terkadang pilihan kita terbatas oleh anggara sehingga pilihannya menjadi semakin sempit antara tv LED dan LCD. Tetapi sebenarnya apa perbedaan tv LED dan LCD? Berikut penjelasannya.

Perbedaan TV LED dan LCD: TV LED Adalah TV LCD

Perbedaan TV LED dan LCD

Meskipun memiliki nama atau singkatan yang berbeda, namun faktanya adalah tv LED merupakan tipe yang lebih spesifik dari tv LCD. Mungkin nama yang lebih tepat digunakan di pasaran seharusnya adalah “tv LCD dengan backlit LED”. Akan tetapi nama tersebut akan terlalu sulit untuk diucapkan dalam obrolan sehari-hari, sehingga banyak orang yang cukup menyebutnya dengan tv LED saja.

Pada dasarnya kedua tv ini menggunakan panel yang sama yakni LCD (Liquid Crystal Display) untuk mengendalikan di mana cahaya harus ditampilkan pada layar. Panel tersebut biasanya dibentuk dari dua lapisan material polarisasi dengan kristal cair (liquid crystal) di antaranya, sehingga ketika arus listrik melewati cairan tersebut maka akan menyebabkan kristalnya untuk berjajar agar bisa mengendalikan cahaya yang seharusnya muncul atau tidak. Dengan kata lain, kristal tersebut bertugas untuk mengijinkan cahaya untuk muncul atau menahannya.

Sampai di sini mungkin Anda masih bertanya , “jadi apa perbedaan sesungguhnya antara kedua tv tersebut?” Sebetulnya, pengertian tv LCD saat ini sudah berbeda dengan pengertian tv LCD sebelumnya. Alasan utamanya adalah Backlighting. Sebelumnya, tv LCD menggunakan CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) sebagai pemasok cahaya. Sedangkan tv LED atau singkatan dari Light Emitting Diodes menggunakan susunan dioda pemancar cahaya yang lebih kecil dan lebih efisien untuk memberikan penerangan terhadap layar. Kini, semua tv LCD sudah menggunakan penerangan LED dan bisa dibilang tv LED sudah menggantikan arti dari tv LCD.

Pengertian dan Perbedaan TV OLED dan QLED

Perbedaan TV LED dan LCD

Jika sudah mengerti arti dan perbedaan tv LED dan LCD, tidak ada salahnya Anda mempelajari juga teknologi baru yang disebut dengan OLED dan QLED.

Meskipun namanya hampir sama, namun sebenarnya tv OLED termasuk ke dalam kategori yang benar-benar berbeda dari tv LED. OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Teknologi OLED memanfaatkan sebuah panel senyawa organik seukuran piksel yang akan memberikan respon terhadap arus listrik. Hal ini memungkinkan OLED untuk bisa menampilkan rasio kontras yang lebih dalam dan keakuratan setiap piksel yang lebih baik. Layar OLED seringkali digunakan pada tv yang lebih mahal sebagai pengganti LED.

Di sisi lain, QLED merupakan teknologi premium yang dihadirkan pada tv buatan Samsung. Tv QLED menghadirkan teknologi penerangan yang lebih canggih dibandingkan dengan TV LED LCD dalam bentuk material Quantum Dot (kepanjangan Q dari QLED) untuk bisa meningkatkan tingkat efisiensi secara keseluruhan. Tv yang menggunakan teknologi ini dapat menampilkan gambar dengan warna dan grayscale yang lebih terang, serta meningkatkan kualitas HDR-nya (High Dynamic Range).

Leave a Comment