10 Exhaust Fan Terbaik dan yang Bagus di Indonesia Tahun 2020

Anda sering melihat exhaust fan di beberapa tempat, namun apakah Anda tahu apa fungsi dari kipas angin ini? Apabila Anda belum tahu, fungsi exhaust fan adalah membantu sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap bersih dan segar. Kipas angin ini sangat manjur untuk mengeluarkan hawa panas yang ada di dalam ruangan yang langsung berhubungan dengan udara di luar ruangan. Sirkulasi udara ruangan yang baik juga akan menjaga tingkat kelembaban. Maka dari itu, di beberapa ruangan di perkantoran atau pun rumah, dibutuhkan exhaust fan.

Bagi Anda yang sedang mencari kipas exhaust ini Anda sebaiknya memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terutama dari segi ukuran dan seberapa besar kebutuhan pergantian udara pada ruangan yang akan dipasang kipas exhaust. Ada beberapa tipe exhaust, di antaranya, tipe wall mount (yang terpasang di dinding), tipe ceiling mount (dipasang di plafon rumah), tipe window mount (di pasang di jendela kaca). Selain memilih jenis dan seberapa besar kebutuhan sirkulasi udara, Anda harus memerhatikan konsumsi daya listrik dan jumlah RPM (rotation per minute). Tentukan terlebih dahulu yang mana ingin Anda pilih, yang perputarannya kencang dengan konsumsi daya listrik besar, atau yang lebih kecil. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas rekomendasi 10 exhaust fan terbaik di tahun 2020 untuk Anda yang sedang mencari jenis kipas angina satu ini. Baiklah, ikuti artikel ini hinggar akhir.

10 Exhaust Fan Terbaik di Tahun 2020 di Indonesia

1. Exhaust Fan: Panasonic FV-25 TGU

Harga: Rp 305,000

Exhaust Fan

Panasonic FV-25 TGU sangat cocok untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang membutuhkan kipas exhaust dengan daya hisap udara yang besar dan kecepatan RPM hingga mencapai 970. Selain itu, meskipun daya hisap besar, kipas exhaust ini hanya memiliki tingkat kebisingan rendah yakni hanya 42 db. Sangat cocok untuk digunakan di ruangan keluarga Anda.

2. Exhaust Fan: Sekai MVF 1091

Harga: Rp 139,500

Exhaust Fan

Kipas exhaust dari Sekai ini hadir dengan ukuran sekitar 10 inci. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan udara yang bersih dan sejuk di dalam ruangan Anda. Kelebihan lain yang dimiliki oleh exhaust fan ini adalah material anti-jorosi dan juga fitur pengaman sekring yang menghindarkan resiko konslet. Bagi Anda yang ingin mendapatkan udara yang segar dan tidak berbau, produk ini bisa dijadikan pilihan.

3. Exhaust Fan: KDK 30 RQN

Harga: Rp 380,000

Exhaust Fan

Sedang mencari sebuah kipas exhaust dengan tingkat kebisingan rendah? KDK 30 RQN bisa dijadikan pilihan. Kipas exhaust ini dibekali dengan baling-baling dengan diameter 30 cm. Sedangkan, untuk kecepatan motornya, KDK 30 RQN hadir dengan kecepatan motor 910 RPM. Anda akan mendapatkan kesejukan udara lebih berkat RPM yang tinggi.

4. Exhaust Fan: Mitsubishi EX25SC5T

Harga: Rp 278,500

Exhaust Fan

Mitsubishi EX25SC5T memiliki ukuran 10 inci yang disertai dengan penutup yang terbuat dari material yang tahan api. Tak hanya itu saja, kipas dari Mitsubishi ini terjamin keamanannya karena dibekali dengan dua buah sekering. Ditambah lagi dengan fan tambahan yang aerodinamis dan juga konsumsi daya yang hemat menjadi daya tarik produk ini apalagi dengan kapasitas kecepatan motor yang mampu mencapai 1000 RPM.

5. Exhaust Fan: CKE Standard DBN

Harga: Rp 190,200

Exhaust Fan

CKE Standard DBN hadir dengan tampilan yang sangat sederhana dan menampilkan kesan klasik. Exhaust fan ini sangat cocok dipasang di ruangan yang cenderung kecil. Anda akan mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal. Tak hanya itu saja, konsumsi daya yang rendah yang hanya mencapai 22 watt, membuat tagihan listrik Anda tidak membengkak.

6. Exhaust Fan: Maspion MV-16 EX

Harga: Rp 150,000

Exhaust Fan

Maspion yang seperti kita ketahui adalah salah satu brand asal dalam negeri yang sudah dikenal namanya karena gampang ditemukan, terjangkau, dan juga berkualitas. Maspion memiliki seri exhaust fan bernama MV-16 EX yang dilengkapi dengan fitur thermofuse protected yang mampu memutus daya secara otomatis ketika motor mesin terlalu panas. Selain itu, dengan harga yang sangat terjangkau tidak akan membuat kantong Anda jebol.

7. Krisbow Exhaust Fan 12 Inch

Harga: Rp 479,000

Exhaust Fan

Produk-produk Krisbow cukup merajai dipasaran perkakas dan peralatan rumah. Begitu juga produk exhaust fan-nya yang berukuran 12 inci. Keunggulan produk dari Krisbow ini sangat mudah pemasangannya sehingga Anda bisa merawatnya dengan mudah. Dengan konsumsi daya listrik yang hanya 40 watt, Anda bisa menghemat biaya untuk listrik harian.

8. KDK 25 AUFA

Harga: Rp 590,000

Exhaust Fan

Satu lagi produk dari KDK, namun kali ini harganya lebih mahal dengan kapasitas dan ukuran yang lebih besar yakni KDK 25 AUFA. Tentu sirkulasi udara yang didapatkan dari KDK 25 AUFA ini lebih baik. Meskipun RPM dan daya hisapnya besar, konsumsi daya produk ini tidak terlalu besar. Anda hanya membutuhkan daya listrik hanya 34 watt.

9. Maspion CEF-20

Harga: Rp 185,000

Exhaust Fan

Satu lagi produk dari Maspion, namun untuk kali ini exhaust fan yang dipasang di atap atau plafon. Kipas exhaust satu ini sangat cocok digunakan di kamar tidur maupun di kamar mandi. Untuk konsumsi dayanya, Maspion CEF-20 cukup rendah yakni 30 watt.

10. Regency RV-15

Harga: Rp 180,000

Exhaust Fan

Exhaust fan urutan terakhir adalah Regency RV-15 yang merupakan kipas exhaust yang dipasang didinding. Produk ini memiliki ukuran 6 inci dengan material plastik berkualitas sehingga tak hanya mampu membuat sirkulasi udara yang baik, namun juga memiliki daya tahan lama tinggi.

Leave a Comment