QLED VS OLED TV, Apakah Perbedaan Diantara Keduanya?

Teknologi televisi kini semakini maju, setelah beberapa tahun lalu beberapa produsen merilis TV layar datar dengan panel LED, kini ada beberapa teknologi yang membuat layar televisi terlihat lebih apik dan ciamik yakni OLED dan QLED. Namun, walaupun namanya hampir mirip, kedua teknologi itu secara mendasar berbeda. Apakah perbedaannya? Pada artikel kali ini Gagastekno akan menjelaskan QLED vs OLED TV, apakah perbedaan diantara keduanya. Mari ikuti artikel ini sampai selesai.

QLED VS OLED TV, Apakah Perbedaan Diantara Keduanya

QLED VS OLED TV, Apakah Perbedaan Diantara Keduanya?

Smart TV telah mendapatkan hati di masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. TV ini menyediakan fitur-fitur canggih yang menunjang kebutuhan hiburan sehari-hari Anda. Anda dapat menyaksikan tayangan seperti film-film box office yang ada pada Netflix atau pun video yang diunggah oleh YouTuber favorit Anda. Beberapa smart TV hadir dengan teknologi OLED dan QLED. Kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan ketika kita melihat dari kepanjangan dari akronim singkatan tersebut. OLED memiliki kepanjangan Organic Light-Emitting Diode yang berarti semikonduktor yang berfungsi sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. Sedangkan QLED merupakan singkatan dari Quantum Dot Light Emitting Diode. Kabarnya TV dengan teknologi QLED ini mampu menghadirkan warna 100% seperti warna sesuai dengan aslinya. Seoerti apa yang dinyatakan oleh Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Jo Semidang, mnyatakan bahwa TV 4K yang sudah banyak beredar yakni yang menggunakan teknologi SUHD, volume warnanya cuma ada 83%, dan OLED TV hanya 89%.

Menurut beliau, QLED TV menampilkan desain yang sangat elegan yang kompetitornya belum berikan hingga saat kini. Namun, walaupun begitu teknologi OLED TV mendapatkan banyak pujian oleh jurnalis teknologi atau reviewer. Untuk teknologi OLED sendiri, LG adalah produsen yang memegang permainan persaingan TV OLED, bahkan LG dapat dikatakan satu-satunya produsen yang memegang permainan teknologi OLED.

Apakah Itu QLED

Pada dasarnya QLED TV adalah TV LED yang menggunakan quantum dots untuk meningkatkan performa pada area kualitas gambar kunci. Samsung, salah satu produsen yang ditengarai sebagai produsen yang berada di garis awal untuk memproduksi TV QLED, mengklaim bahwa TV QLED menawarkan tingkat kecerahan yang bertemu dan melebihi teknologi TV lainnya, bakan memberikan warna hitam yang lebih baik dari TV LED lainnya, dan dapat mereproduksi warna lebih dari pada TV LED tanpa quantum dot.

Di samping itu, teknologi QLED sendiri bukanlah teknologi yang emisif seperti teknologi plasma, MicroLED, atau bahkan OLED. Quantum dots sendiri tidak langsung memancarkan warna yang penggunanya lihat. Mereka tersebar pada sebuah film yang berfungsi hampir sebagai filter dalam panel TV LED.

Apakah Itu OLED

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, OLED merupakan dioda yang pemancar cahayanya berasal dari senyawa organik. Sedehananya, OLED terbuat dari komponen organik yang menyala ketika dialirkan arus litrik. Teknologi ini membutuhkan jutaan OLED untuk menyala dan mati sendiri untuk mengisi layar TV Anda. Karena fleksibilitasnya, ketika piksel OLED TV mati mereka secara keseluruhan akan mati dan layar akan terlihat hitam sempurna.

Perbandingan QLED dan OLED TV

Tentunya kedua teknologi ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan bahwa tingkat kehitaman pada layar akan menjadi faktor tingkat kualitas pada gambar. Semakin dalam kehitamannya, semakin kaya warna dan tinggi kontrasnya. Oleh karena itu, gambar akan semakin realistis dan indah. OLED TV ditengarai memiliki tingkat warna hitam yang sangat dalam, tapi TV QLED meningkatkan performa tingkat kehitaman pada TV LED. Walaupun begitu, TV QLED masih mengalami efek yang dinamakan light bleed. Efek ini dapat terlihat ketika ada tayangan yang menayangkan bintang terang pada langit malam. Samsung percaya diri ingin mengatasi masalah tersebut pada TV QLED mereka. Mereka menyematkan layer anti-reflektif baru pada panelnya.

Selain tingkat kehitaman, kecerahan pada TV dapat dijadikan aspek lain untuk dipertimbangkan. Ketika TV OLED dapat dikatakan unggul dalam hal tingkat kehitaman, TV QLED memiliki keunggulan pada aspek kecerahannya. Hal ini dikarenakan oleh quantum dot yang mampu membuatnya lebih cerah. Produsen TV QLED mengklaim bahwa konten HDR TV lebih baik daripada yang ada pada teknologi TV lain karena sorotan spektral pada gambar.

Kesimpulan

Beberapa aspek, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memilih jenis TV, sebaiknya Anda pertimbangkan baik-baik. Demikian artikel kami tentang QLED VS OLED TV, Apakah Perbedaan Diantara Keduanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment