Memilih Ukuran TV LED Terbaik dan Tepat untuk Ruang Keluarga

Bagaimana memilih ukuran TV LED terbaik? Kesesuaian ukuran TV dengan ruangan patut dipertimbangkan. Hal ini karena akan mendukung kenyamanan Anda ketika menonton TV di sana. Oleh karena itu, tips memilih ukuran TV LED yang tepat untuk ruang keluarga jangan dianggap remeh.

Saat ini, TV merupakan sumber hiburan utama di rumah. Semua rumah pasti memiliki TV, karena melalui TV semua anggota keluarga bisa menonton siaran audio-visual favorit mereka, entah itu pertandingan sepak bola, film, sinetron, atau komedi. Menonton TV bersama keluarga juga dapat meningkatkan keakraban anggota keluarga.

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Tidak seperti dulu, kini ukuran TV LED semakin besar. Sebuah survei membuktikan bahwa rata-rata orang punya TV dengan ukuran 40 inci. Sementara itu, menurut riset pasar IHS, ukuran TV yang dibeli kebanyakan adalah ukuran 39.4 inci. Di pasar dunia sendiri, ukuran TV LED yang paling banyak dibeli adalah yang memiliki ukuran mulai dari 42.6 inci hingga 44.5 inci. Sementara itu, TV dengan resolusi UHD paling banyak dibeli di Korea dan Australia dengan ukuran paling banyak 55 inci.

Tips Memilih Ukuran TV LED untuk Ruang Keluarga

Selain ukuran TV LED yang semakin besar dan resolusi makin tinggi, TV jaman sekarang juga memiliki desain lebih simpel, bezel lebih tipis, dan lebih fokus ke layar. Sekarang TV LED tidak memiliki desain yang jauh lebih minimalis. Produsen TV semakin berlomba-lomba untuk menciptakan TV yang tampilan depannya didominasi penuh oleh layar. Jika kita bandingkan, TV modern dengan ukuran layar 55 inci ukurannya tidak jauh berbeda dengan TV jadul berlayar 46 inci. Ini artinya, TV modern bisa memiliki ukuran layar lebih luas tanpa membuat dimensi produknya semakin besar.

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat Melalui Jarak

Banyak orang menganggap TV yang bagus adalah yang memiliki ukuran layar besar. Namun, ternyata TV yang terlalu besar dibanding ukuran seharusnya memberikan kesan sempit di rumah. Lalu bagaimana cara memilih ukuran TV LED yang tepat sesuai dengan luas ruangan keluarga di rumah?

Cara yang paling banyak direkomendasikan adalah dengan mengambil jarak dari TV ke sofa atau tempat duduk (dalam hitungan meter). Setelah kita tahu berapa meter jaraknya kemudian kalikan dengan 25 untuk mendapat ukuran TV yang pas (dalam hitungan inci). Contohnya sebagai berikut:

Misalnya, jarak TV ke sofa adalah 2 meter, setelah itu kalikan 2 x 25 = 50. Jadi ukuran TV yang pas untuk Anda adalah 50 inci.

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Sedangkan untuk TV LED beresolusi UHD cara perhitungannya berbeda. Untuk TV LED UHD kalikan dengan 39. Angka yang lebih tinggi dikarenakan TV UHD memiliki kualitas detail gambar yang jauh lebih tinggi. Dengan TV UHD Anda bisa menikmati gambar yang lebih tajam dan lebih lebih besar dari jarak lebih dekat.

Misalnya jarak TV ke sofa adalah 2 meter, kalikan 2 x 39 maka didapatkan hasil 78 inci.

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Jadi untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih nyaman pilih ukuran TV UHD yang sesuai dengan penghitungan di atas.

Makin Besar Resolusi, Makin Besar Ukuran TV LED

Apa maksudnya resolusi TV semakin lama semakin besar? Jadi, TV beresolusi UHD (Ultra High Definition) atau dikenal 4K memiliki jumlah piksel lebih banyak dibanding Full HD. Jika Full HD memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel atau sekitar 2 juta piksel. Sementara itu TV 4K UHD memiliki resolusi 3840 x 2160 piksel atau sekitar 8 juta piksel, sehingga detail gambarnya 4 kali lebih banyak. Karena resolusinya lebih tinggi, ukuran TV LED bisa lebih besar daripada Full HD. Dengan kata lain, dari jarak yang sama Anda bisa menikmati ukuran TV yang lebih besar jika memilih TV UHD.

Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Bagaimana cara mengetahui jarak terbaik untuk menonton TV sesuai dengan ukuran layarnya? Organisasi ITU-R menyarankan TV Full HD berlayar 50 inci lebih baik ditonton dari jarak 3 meter. Sedangkan jika jarak ke sofa di bawah 2 meter lebih baik memilih TV dengan layar lebih kecil. Jika Anda ingin menikmati TV yang lebih besar dari jarak dekat lebih baik memilih TV UHD. Bayangkan dengan jarak yang sama (2 meter) Anda bisa menikmati ukuran TV hingga 80 inci.

Kesimpulan: Berapa Ukuran Terbaik?

Ukuran TV LED yang semakin besar memberi kebebasan untuk Anda memilih ukuran TV yang lebih memuaskan untuk ada di ruang keluarga. Di samping itu, ukuran TV yang lebih besar juga akan menawarkan resolusi lebih tinggi, kenapa? Semakin banyak piksel yang harus ditampung membuat ukuran layar harus lebih besar. Jika TV berlayar besar memiliki resolusi rendah pasti membuat gambarnya buram. Sebelum Anda membeli ukuran TV LED terbaik, sebaiknya Anda memastikan ukuran TV sesuai dengan ukuran ruangan Anda.

Leave a Comment