Cara Update Firefox & Chrome di Laptop / PC dan Hp Android

Bagaimana cara update Firefox dan Chrome di laptop / PC Windows dan hp Android ? Firefox dan Chrome adalah 2 browser yang paling banyak digunakan baik di laptop atau PC Windows dan hp Android. Menurut data yang dirilis Statcounter Globalstats, Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan di laptop / PC dengan persentase sebesar 70.95%.

Sementara itu, Firefox ada di posisi kedua dengan persentase 10.05%. Sementara itu, untuk pasar hp atau smartphone, Chrome ada di posisi pertama dengan persentase 57.22%, sementara itu Firefox ada jauh di posisi 8 dengan persentase 0.34%.

Meskipun browser Firefox kalah dari Chrome di perangkat hp, namun browser satu ini tetap jadi salah satu idola di perangkat laptop / PC Windows. Karena cukup banyak digunakan di hampir semua jenis perangkat, maka perihal update jadi salah satu topik yang harus Anda ketahui caranya. Update Firefox dan Chrome akan memberikan fitur baru dan menambal bug atau celah keamanan di browser.

Cara Update Firefox di Laptop / PC

Bagaimana cara update Firefox di laptop / PC Windows ? Update atau memperbarui Firefox dapat meningkatkan performa browser, menambah fitur baru, dan menambal celah keamanan. Secara default, Firefox melakukan pembaruan atau update secara otomatis. Namun jika dibutuhkan Anda bisa melakukan update Firefox secara manual. Berikut ini caranya:

  1. Buka browser Firefox
  2. Klik tombol menu New Fx Menu di sudut kanan atas
  3. Scroll ke opsi Help-29 “Help” atau “Bantuan”
  4. Klik, lalu pilih opsi “About Firefox” atau “Tentang Firefox”
  5. Jika ada update, Firefox akan secara otomatis memulai download update
    Cara Update Firefox di Laptop atau PC
  6. Setelah download selesai, klik tombol “Restart Firefox to Update” atau “Muat-Ulang untuk Memperbarui”
  7. Jika tidak ada update, akan muncul tulisan “Firefox sudah dalam versi terbaru”.
    Cara Update Firefox

Cara Update Chrome di Laptop / PC

Setelah mengetahui cara update Firefox di laptop / PC Windows, kini saatnya Anda pelajari bagaimana caranya update Chrome di laptop / PC. Sama seperti sebelumnya, update browser akan memberikan fitur baru, menambal bug atau celah keamanan, dan meningkatkan performa browser Chrome. Secara default, Chrome bisa melakukan update secara otomatis, hanya saja jika Anda ingin update secara manual bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka browser Chrome
  2. Klik tombol Menu Yang Laindi sudut kanan atas
  3. Scroll dan klik opsi “Help” atau “Bantuan”
  4. Klik “About Google Chrome” atau “Tentang Google Chrome”
  5. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Setting atau Pengaturan
  6. Secara otomatis Google Chrome akan download pembaruan
  7. Jika tidak ada pembaruan atau update maka akan muncul tulisan “Google Chrome is up to date”
    Cara Update Chrome di Laptop atau PC

Bagaimana ? Cara update Firefox dan Chrome di laptop atau PC Windows sangat mudah bukan ? Cara yang sama bisa Anda lakukan di laptop atau PC bersistem operasi macOS besutan Apple. Nah Selain mempelajari cara update browser Firefox dan Chrome di laptop atau PC, selanjutnya Anda akan pelajari bagaimana caranya update browser Firefox dan Chrome di hp Android.

Cara Update Firefox dan Chrome di Hp Android

Cara update Firefox dan Chrome di hp Android relatif jauh lebih mudah dibanding laptop atau PC. Karena aplikasi Firefox dan Chrome sama-sama terdaftar resmi di Google Play Store, maka untuk update kedua aplikasi ini Anda cukup gunakan aplikasi Play Store yang sudah terinstal secara default di semua hp Android.

Jika ada update atau pembaruan aplikasi Firefox dan Chrome biasanya Play Store akan memberi notifikasi. Namun jika Anda tidak menerima notifikasi tersebut, bisa langsung dicek di aplikasi Play Store. Untuk lebih lengkapnya ikuti cara update Firefox dan Chrome berikut ini:

  1. Buka aplikasi Play Store
  2. Klik tombol Menu New Fx Menu di sudut kiri atas
  3. Klik “My apps & games” atau “Aplikasi & permainan saya”
  4. Jika ada update terbaru untuk Firefox dan Chrome maka akan muncul opsi update untuk kedua aplikasi tersebut di menu Update
    Cara Update Firefox di hp Android
  5. Jika tidak ada, berarti tidak ada update yang tersedia untuk aplikasi Firefox dan Chrome Anda.

Tips Update Firefox dan Chrome

Sama seperti update di laptop atau PC, update Firefox dan Chrome akan meningkatkan performa aplikasi, menambah fitur baru, dan memperbaiki bug sekaligus menambal celah keamanan. Setelah mengetahui cara update Firefox dan Chrome, kami sarankan untuk secara rutin mengecek update atau pembaruan secara rutin. Terkadang fitur update otomatis tidak berjalan terutama jika update datang saat laptop / PC dan hp tidak terhubung ke jaringan internet. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk cek update secara berkala supaya internetan jadi lebih aman.

Leave a Comment