Daftar CPNS? Ini Cara Mengecilkan Ukuran Foto Kurang 200Kb

Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto? Banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal ini. Mengecilkan ukuran foto sangat dibutuhkan untuk Anda yang ingin mengupload foto format JPG, JPEG, PNG untuk ukuran kecil sebagai syarat tertentu. Bahkan untuk syarat CPNS 2019, Anda perlu mengunggah berbagai dokumen salah satunya foto dengan ukuran kurang dari 200Kb. Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto yang gampang?

Nah, berikut Gagastekno kasih tips cara mengecilkan ukuran foto gampang dengan berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis baik online maupun offline.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Menggunakan Paint

Cara mengecilkan ukuran foto yang pertama yakni menggunakan aplikasi Paint. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini? Paint adalah salah satu aplikasi bawaan di sistem operasi Windows. Aplikasi ini bisa melakukan berbagai macam hal, misalnya Anda bisa mengecilkan ukuran foto dengan paint, menambah coretan pada gambar yang sudah ada, dan mengubah format gambar dari JPEG, PNG, GIF, BMP, dan format foto lainnya. Lalu bagaimana cara mengecilkan ukuran foto dengan paint ?

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint di Windows

Sebagian besar dari kita pasti pernah ingin mengecilkan ukuran foto. Entah itu karena ingin upload foto di CV online, isi formulir online, mengecilkan foto untuk diposting di Instagram, atau untuk kebutuhan lainnya. Jika Anda ingin mengecilkan ukuran foto dengan Paint, ini adalah cara paling murah untuk Anda. Dibanding menggunakan aplikasi berbayar seperti Photoshop, mengubah ukuran foto dengan Paint jauh lebih mudah dan murah.

Cara Mengecilkan Size Foto di Paint

Selain bisa edit dan mencoret foto, Paint juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Bagaimana caranya ? Paint bisa mengubah ukuran foto yang besar jadi kecil dengan sangat cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengubah format foto dari JPEG, ke GIF atau PNG sesuai kebutuhan. Untuk mengecilkan ukuran foto dengan Paint, ikuti caranya berikut ini:

  • Persiapkan foto yang ingin dikecilkan ukurannya
  • Buka aplikasi Paint
  • Buka foto untuk diekspor di Paint
  • Anda bisa drag and drop foto dari Drive ke Paint atau tekan CTRL + O
  • Pada tab Home klik tombol “Resize”

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Mengecilkan ukuran foto dengan Paint bisa melalui persentase dan piksel. Jika melalui persentase, Anda bisa kurangi ukuran foto dari persentase awal 100% ke persentase yang diinginkan, misalkan 75%, 50%, atau 25%. Jika ingin mengecilkan foto ke ukuran piksel tertentu juga bisa. Caranya ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan opsi Pixels di samping Percentage
  • Pastikan Anda sudah mencentang Maintain Aspect Ratio
  • Ini untuk menjaga agar rasio panjang dan tinggi foto tetap proporsional seperti aslinya
  • Setelah tekan opsi Pixels, ukuran foto asli akan muncul
  • Anda tinggal kurangi saja salah satu angka ukuran foto, misal Horizontal atau Vertical
  • Jika angka salah satunya diubah, angka lainnya juga akan mengikuti
    Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint
  • Setelah selesai tekan OK
  • Setelah ukuran foto mengecil, tekan CTRL + S untuk menyimpannya
  • Tentukan lokasi File dan pilih format File (PNG, JPEG, atau GIF)
  • Lalu terakhir klik tombol SAVE.

Bagaimana? Cara mengecilkan foto dengan Paint sangat mudah bukan, apalagi jika Anda butuh ukuran foto sebagai syarat CPNS 2019. Namun ada yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mengecilkan foto. Mengecilkan ukuran foto juga akan mengurangi kualitasnya. Sehingga sudah pasti jika ukuran foto yang diperkecil ingin dibesarkan lagi akan blur atau pecah.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Melalui Internet

Selain mengecilkan foto dengan Paint, Anda juga bisa mengecilkan foto melalui internet. Pastinya semua melalui sarana online. Jadi tidak perlu ada aplikasi Paint, Anda tetap bisa mengecilkan ukuran foto. Ada beberapa website yang Gagastekno rekomendasikan untuk membantu mengecilkan ukuran foto secara online. Berikut ini daftarnya:

    1. Reduce Images Online
    2. I Love IMG
    3. TinyJPG
    4. Resize Photos Online
    5. Pixlr Editor

Aplikasi mengecilkan foto online di atas bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Caranya cukup mudah, tinggal import gambar yang ingin diperkecil dan sesuaikan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, simpan file foto ukuran terbaru di Drive PC Anda. Aplikasi edit foto online bisa Anda akses dengan gampang melalui berbagai cara mulai dari Hp, laptop Windows dan Macbook hingga PC Anda di rumah.

Kini, Anda sudah tahu cara mengecilkan foto bisa dilakukan menggunakan Paint atau aplikasi edit foto online. Kini, Anda bisa dengan mudah mengecilkan dan mengedit foto di mana saja dan kapan saja Anda mau. Anda daftar CPNS 2019? Maka cara mengecilkan foto kurang dari 200Kb menggunakan Paint dan aplikasi online ini layak dicoba!

Leave a Comment