Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dengan Mudah (100% Ampuh)

Cara memperbaiki hardisk rusak dengan mudah yang ampuh – Hardisk merupakan perangkat keras pada komputer yang memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk menyimpan data atau file, memprogram sistem operasi, dan beberapa yang lainnya. Hardisk yang tidak berjalan dengan baik dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti data-data atau file-file penting akan hilang atau juga komputer tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, hardisk merupakan perangkat terpenting yang harus dimiliki oleh komputer desktop atau laptop.

Pada kali ini Gagastekno akan membahas sebuah artikel tentang cara memperbaiki hardisk rusak dengan mudah yang ampuh.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dengan Mudah (100% Ampuh)

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dengan Mudah – Penyebab Hardisk Rusak

Sebelum kita berangkat menuju cara memperbaiki hardisk dengan mudah, kami akan memberitahu Anda tentang penyebab mengapa hardisk bisa rusak. Berikut beberapa penyebab mengapa hardisk Anda rusak.

1. Over Heat (Panas Berlebih)

Salah satu penyebab hardisk rusak adalah panas berlebih. Alat elektronik menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Tenaga listrik tersebut dihantarkan melalui komponen yang terbuat dari logam. Proses penghantaran tenaga listrik tersebut akan membuat logam menjadi panas karena energi listrik yang berubah menjadi energi panas. Sayangnya, panas pada perangkat elektronik bisa menyebabkan penurunan atau bahkan merusak kinerja perangkat tersebut. Untuk menghindari over heat, sebaiknya Anda menambahkan kipas pendingin yang dikhususkan untuk hardisk.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dengan Mudah (100% Ampuh)

2. Melakukan Instalasi yang Berlebihan

Ketika menginstal sistem operasi atau software, kerja hardisk akan lebih keras. Terlebih lagi pada laptop ketika mengoperasikan perangkat lunak dengan sumber daya yang besar. Hal ini memiliki potensi membuat hardisk mengeluarkan panas dan mengalami kerusakan.

3. Komputer Sering Mati Secara Tiba-tiba

Penyebab hardisk rusak yang lainnya adalah komputer yang mati secara tiba-tiba. Komputer yang mati tiba-tiba dapat disebabkan oleh aliran listrik yang turun atau dimatikan langsung oleh pengguna. Ketika komputer dimatikan secara tiba-tiba tanpa melakukan shutdown secara manual, cakram yang terdapat di dalam hardisk yang sebelumnya berputar sangat cepa, tiba-tiba berhenti. Hal ini merupakan salah satu penyebab hardisk cepat rusak.

4. Terbentur atau Terjatuh

Komponen pada hardisk sangatlah sensitif terlebih lagi komponen utamanya yang berbentuk cakram. Hardisk yang Anda miliki sebaiknya dihindari dari benturan karena posisi cakramnya sangat sensitif. Ketika terjadi benturan atau terjatuh, kemungkinan besar hardisk akan mengalami kerusakan.

5. Penggunaan yang Berlebihan

Penggunaan alat elektronik secara berlebihan sering menjadi penyebab kerusakan. Begitu juga hardisk. Perangkat elektronik seperti dengan manusia, tidak bisa digunakan non-stop. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengistirahatkan hardisk Anda. Apalagi setelah digunakan pada waktu lama.

6. Usia Hardisk

Hardisk juga memiliki masa pakainya sebagaimana alat elektronik lain. Ketika kinerja komputer Anda mulai melemah atau sering mengalami hang. Kemungkinan besar hardisk Anda sudah mulai rusak. Apalagi ketika disadari hardisk yang Anda gunakan sudah bertahun-tahun lamanya. Dan ini saatnya siap-siap untuk merogoh kocek untuk membeli hardisk baru.

7. Supply Listrik Tidak Stabil

Pasokan listrik yang tidak stabil memengaruhi kecepatan cakram dari hardisk tidak stabil. Bad sector adalah salah satu kerusakan yang terjadi karena pasokan listrik tidak stabil.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dengan Mudah

Setelah Anda mengetahui penyebab mengapa hardisk Anda rusak, kami akan memberitahu cara memperbaiki hardisk rusak. Ada beberapa tipe kerusakan hardisk. Masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki hardisk dengan mudah:

1. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Ada dua jenis bad sector yang dialami oleh sebuah hardisk yakni bad sector logic dan bad secor fisik. Mengatasi hardisk bad sector dapat dikatakan tidak begitu mudah, namun masih sanggup Anda lakukan.

1. Bad Sector Logic

Untuk mengatasi tipe bad sector ini, Anda dapat menggunakan perangkat lunak karena biasanya bad sector logic disebabkan karena sistem partisi. Tak hanya itu saja, virus juga memiliki andil ketika hardisk Anda mengalami bad sector logic.

2. Bad Sector Fisik

Bad sector fisik merupakan kerusakan yang dialami ketika piringan atau komponen-komponen lainnya mengalami kerusakan. Memperbaiki hardisk ketika mengalami bad sector tidak ada cara lain selain membeli baru atau membawanya ke tempat servis.

Sebelumnya, sebaiknya Anda ketahui kerusakaan hardisk Anda, apakah hardisk Anda terkena bad sector fisik atau logic. Bagaimana cara mengetahuinya? Pertama-tama lakukan format hardisk Anda dengan perangkat lunak yang ringan yang memiliki fungsi untuk menghapus sistem partisi yang tidak teratur dan mereparasi dan mengembalikan sektor-sektor hardisk yang Anda miliki seperti baru. Untuk memperbaiki hardisk rusak yang mengalami bad sektor, sebelumnya Anda siapkan dan ikuti langkah ini.

1. Pasang dua buah hardisk ke dalam PC Anda, dua hardisk itu diantaranya adalah hardisk yang masih sehat, dan yang masih rusak.
2. Download software ini yang berfungsi sebagai software yang memperbaiki hardisk.
3. Pilih download installer.
4. Install software yang kami berikan sebelumnya.
5. Buka software tersebut, dan pilih nama hardisk yang ingin Anda format.
6. Klik Continue. Selanjutnya pilih Low Level Format, dan klik format This Device.
7. Tunggu hingga selesai. Spesifikasi komputer yang Anda miliki sangat memengaruhi kecepatan format hardisk Anda/
8. Buat partisi baru ketika sudah

2. Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

Jika hardisk Anda tidak mengalami bad sector atau masih baru, tapi masih tetap tidak terbaca, kemungkinan Hardisk Anda tidak tepat pemasangannya. Coba Anda cek kontektor ATA atau SATA pada hardisk. Selanjutnya, cek soket ATA dan SATA pada hardisk yang Anda miliki kemudian periksa konektor yang menghubungakan hardisk Anda ke PSU (Power Supply Unit). Hardisk yang masih sehat namun tidak terbaca kemungkinan ada masalah pada pemasangan atau kabel yang tak terhubung secara benar. Selain itu, soket yang rusak memungkinkan hardisk Anda tidak terdeteksi bios.

Kesimpulan

Seperti yang kami nyatakan sebelumnya bahwa hardisk adalah salah satu komponen terpenting pada komputer Anda. Anda perlu merawat hardisknya dengan cara sebagai berikut:

1. Hindari putus aliran listrik yang mendadak. Bila daerah Anda sering mengalami pemadaman mendadak, sebaiknya Anda membeli UPS.
2. Sebisa mungkin lakukan shut down ketika mematikan komputer.
3. Lakukan defrag sebulan sekali.
4. Jangan terlalu sering menginstal aplikasi terlalu sering dan banyak.
5. Hindari hardisk dari benturan dan air.
6. Sebisa mungkin berikan ruang yang pada hardisk Anda, dan hindari hardisk sampai full space.

Demikian artikel kami tentang cara memperbaiki hardisk rusak dengan mudah serta cara pencegahan dan penyebab hardisk rusak.

Leave a Comment