Cara Merawat HP Android (HP Jadi Lebih Awet)

Hp Android milik Anda merupakan sebuah perangkat yang seharusnya bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai macam tugas. Akan tetapi seperti komputer pada umumnya, Anda juga perlu menjaga kinerjanya agar selalu optimal dengan mengetahui cara merawat hp Android kesayangan Anda tersebut. Jika Anda adalah seorang pengguna hp Android yang cukup lama, maka Anda akan mengerti bahwa performa hp tersebut akan melambat seiring berjalannya waktu. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi masalah ini, dan dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan pada Anda untuk bisa menjaga performa dari hp Android milik Anda.

Cara Merawat HP Android: Membersihkan Cache

Cara Merawat HP Android

Apakah Anda sering mengalami aplikasi yang secara tiba-tiba tidak merespons atau sering disebut dengan crash? Anda tidak harus selalu menutup aplikasi tersebut secara paksa atau malah menghapusnya karena Anda bisa menerapkan metode penghapusan cache. Langkah sederhana ini bisa Anda ambil untuk menyelesaikan masalah umum yang muncul ketika menjalankan aplikasi.

Untuk membersihkan cache dari suatu aplikasi, yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi pengaturan di hp kemudian pilih opsi Application. Setelah itu masuk ke bagian Manage Application dan tekan aplikasi yang dirasa bermasalah. Anda tak perlu khawatir karena menghapus cache tidak akan ikut menghapus data dan pengaturan dari suatu aplikasi. Menghapus cache sama dengan membuang file temporer yang bisa menjadi sumber masalah.

Cara Merawat HP Android: Menghapus Aplikasi

Cara Merawat HP Android

Terkadang Anda memasang suatu aplikasi di hp hanya untuk digunakan satu kali saja. Setelah itu Anda melupakan aplikasi tersebut dan membiarkannya ada di hp. Memang hal tersebut tidak memperlihatkan masalah yang berarti. Akan tetapi beberapa aplikasi memiliki pengaturan untuk tetap berjalan meskipun Anda tidak membukanya, dan hal tersebut bisa menyedot daya baterai serta mengkonsumsi sejumlah volume RAM. Hal tersebut tentu tidak baik jika Anda ingin usia pakai hp yang panjang.

Sayangnya, menggunakan fitur task killer tidak sepenuhnya efektif untuk dijadikan solusi dari masalah tersebut. Jadi satu-satunya cara praktis untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang sekali digunakan. Dengan menghapus aplikasi tersebut, selain mengurangi jumlah aplikasi yang bekerja secara background, Anda juga akan mendapatkan ruang penyimpanan ekstra untuk menyimpan file lain seperti video, gambar, musik, dan lain sebagainya.

Cara Merawat HP Android: Membersihkan Kartu Memori

Cara Merawat HP Android

Membersihkan kartu memori yang pada umumnya berbentuk microSD mungkin memang tidak secara langsung akan memberikan dorongan performa terhadap hp Anda. Akan tetapi membersihkannya dari file yang sudah lama tak digunakan lagi hukumnya sangatlah perlu. Selain itu beberapa aplikasi yang Anda hapus dari hp juga akan meninggalkan bekas folder atau file yang kadang ukurannya tidak kecil. Cari tahu file apa yang memakan banyak tempat di ruang penyimpanan hp Anda, kemudian hapus data yang sudah tidak Anda butuhkan lagi.

Leave a Comment