4 Perbedaan Data dan Informasi Serta Contoh Lengkapnya

Apa perbedaan data dan informasi ? Perbedaan data dan informasi yang paling mendasar ada dari pengertian, makna, dan bentuknya. Untuk Anda yang sedang berkecimpung dengan tugas karya ilmiah atau jurnalistik, Anda harus tahu apa perbedaan data dan informasi. Dengan begitu Anda bisa membedakan mana informasi dan mana data. Sebelum membahas perbedaannya, mari simak pengertian data dan pengertian informasi terlebih dulu.

perbedaan data dan informasi

Pengertian Data

Data bisa dibilang sebagai sebuah fakta yang belum diolah sehingga tidak bisa disajikan begitu saja ke publik atau pembaca. Data terkadang masih dalam bentuk potongan atau sepenggal kata yang jika dibaca orang awam tidak akan bisa dimengerti dengan mudah. Data bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, dan tanda apapun yang bisa diolah menjadi informasi.

Bagi penulis, pengolah data, atau seorang analis, data adalah fakta mentah yang dapat diterima oleh akal pikiran. Jika memberikan data atau fakta mentah ke pembaca, terkadang akan membuat pemahaman atau interpretasi pesan secara bebas dan tidak terkendali. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahpahaman data harus diolah lebih dulu agar lebih mudah dipahami oleh orang lain.

Pengertian Informasi

Jika yang dimaksud dengan data di atas adalah fakta mentah yang belum diolah. Maka pengertian informasi adalah serangkaian data yang sudah diolah sehingga bisa disampaikan dan lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Di dalam informasi terdapat sekumpulan data yang dirangkai dalam satu, dua, atau lebih kalimat.

perbedaan data dan informasi

Dibandingkan data mentah, informasi lebih mudah diterima oleh orang lain. Oleh karena itu, informasi sangat penting fungsinya karena pada akhirnya akan membuat orang lain mudah untuk mengambil keputusan. Jika dibedah lebih dalam, informasi adalah hasil gabungan dari beberapa data, hasil analisa, penyimpulan, dan hasil pengolahan informasi berlandaskan sistem komputerisasi.

Perbedaan Data dan Informasi

Dari keterangan di atas, bisa disimpulkan bahwa ada 4 yang bisa dirangkum. Ketiga perbedaan ini diharapkan bisa memudahkan Anda untuk mengenali apa saja perbedaan antara data dan informasi. Apa saja perbedaannya ?

Data

  • Merupakan fakta mentah yang sulit dipahami orang lain
  • Tidak memiliki makna
  • Berupa angka, huruf, simbol, fakta, rincian, dan hasil pengamatan dasar
  • Lebih detail dan bersifat teknis.

perbedaan data dan informasi

Informasi

  • Mudah dipahami orang lain
  • Terdiri dari kumpulan data yang sudah diolah dengan teknik dan gaya penulisan tertentu
  • Bersifat menjelaskan sesuatu
  • Bisa digunakan untuk mengambil keputusan.

Contoh Data dan Informasi

Untuk memudahkan Anda memahami apa saja perbedaan data dan informasi, berikut ini Gagastekno berikan beberapa contoh informasi dan data. Di bawah ini adalah contoh dari data dan seperti apa contoh data yang sudah diolah menjadi informasi:

Contoh Data:

  • Kecelakaan di Jalan Menteng Raya
  • Penjualan naik di bulan Mei 2019

Contoh Informasi:

  • Telah terjadi kecelakaan tunggal sepeda motor di Jalan Menteng Raya pada pukul 00:30 WIB. Korban kecelakaan atas nama YN sudah dilarikan ke Rumah Sakit Cikini
  • Penjualan produk biskuit Roma mengalami kenaikan sebesar 60% pada Week 4 bulan Mei 2019, diakibatkan permintaan meningkat menjelang hari raya Idul Fitri.

Nah itu tadi perbedaan data dan informasi beserta contohnya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa memudahkan Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Leave a Comment