5 Smart TV Terbaik 2019, Semua Merk, Ukuran, dan Harganya

Smart TV Terbaik 2019 – Smart TV adalah salah satu jenis TV yang memungkinkan Anda bisa mengakses layanan internet seperti: streaming video, kirim dan terima pesan instan, browsing konten, dan akses media sosial. Melalui fitur browser yang ada di Smart TV, Anda bisa mencari konten menarik apapun dari website lalu menayangkan di layar TV secara instan. Perbedaan paling mencolok dari Smart TV dan TV biasa ada di processor dan sistem operasi. Smart TV biasanya dibekali processor dan sistem operasi (semisal Android) sehingga penggunanya bisa menggunakan aplikasi dan terhubung ke internet. Supaya bisa terhubung ke internet, biasanya Smart TV sudah dibekali port konektivitas semacam Ethernet atau nirkabel seperti WiFi.

Smart TV Terbaik

Smart TV bisa digunakan layaknya sebuah komputer. Jika bosan dengan acara TV yang itu-itu saja, Anda bisa beralih ke layanan streaming video atau film, seperti: YouTube, Iflix, atau Netflix. Banyak orang yang mungkin salah kaprah menganggap jika memiliki Smart TV pasti bisa langsung terhubung ke internet. Padahal jika Anda memiliki Smart TV, Anda harus memiliki jaringan internet di rumah dulu. Anda bisa memilih mana provider internet terbaik supaya bisa menikmati konten streaming lancar bebas lag. Sebelum membeli Smart TV pastikan dulu Anda memiliki infrastruktur jaringan internet di rumah, baik melalui kabel ethernet atau WiFi. Jika Smart TV yang Anda beli hanya mendukung kabel Ethernet sediakan kabel Ethernet dari Router.

Kelebihan Smart TV Dibanding TV Biasa

Smart TV adalah konsep TV masa depan yang memungkinkan Anda tidak hanya bisa menonton siaran TV lokal, namun bisa juga streaming konten di internet karena sudah dibekali port konektivitas internet. Apa saja kelebihan Smart TV dibanding TV biasa ? Simak informasinya berikut ini.

1. Streaming Video atau Film

Streaming adalah salah satu tujuan kenapa banyak orang membeli Smart TV. Karena bisa terhubung ke internet, Anda bisa menonton film atau video dari layanan streaming video populer seperti: YouTube, Iflix, atau Netflix. Aplikasi YouTube biasanya sudah terpasang secara default pada Smart TV yang menggunakan sistem operasi Android. Dengan Smart TV, Anda bisa mencari konten video atau film favorit Anda di internet dengan bantuan remote. Ditambah lagi, ukuran layar yang lebih besar dari monitor atau layar laptop membuat Anda lebih puas menonton, baik sendiri maupun bersama keluarga.

2. Browsing Internet

Fitur browsing internet memungkinkan Anda bisa mencari topik populer atau yang dibutuhkan di internet. Smart TV biasanya terhubung langsung dengan situs pencarian populer seperti Google. Namun sayangnya dari segi penggunaan, browsing melalui Smart TV cukup menyulitkan karena tidak ada keyboard. Sebagai gantinya, beberapa produsen Smart TV memberikan opsi kepada pengguna untuk mengubungkan Smart TV ke Smartphone melalui Bluetooth. Sehingga pengguna bisa menggunakan keyboard pada smartphone untuk mengetikan kata kunci yang ingin dicari. Selain itu, ada juga yang lebih canggih dengan memendamkan fitur perintah suara pada remote. Cukup katakan apa yang ingin dicari melalui remote, Smart TVakan mengenali perintah dan langsung mencarikannya untuk Anda.

3. Pasang Aplikasi, Media Sosial hingga Games

Smart TV dengan sistem operasi Android biasanya memiliki Play Store untuk memudahkan Anda menemukan dan memasang aplikasi. Aplikasi yang tersedia biasanya disesuaikan untuk penggunaan Smart TV. Melalui Play Store Anda bisa menemukan beragam jenis aplikasi, mulai dari media sosial, games, hingga aplikasi streaming video atau musik.

5 Smart TV Terbaik 2018, Harga Murah Fitur Berlimpah

1. Smart TV LG 32LJ550D – HD

Harga Terbaru: Rp 3.200.000

Smart TV Terbaik

LG 32LJ550D dibekali dengan WebOS 3.5 dan Magic Remote sehingga Anda bisa menyelami konten menarik di internet tanpa batas. Selain bisa menikmati hiburan dari internet, Anda juga menonton video dari laptop dengan bantuan port HDMI. Ada juga port USB yang bisa dipakai untuk memutar file video dari flashdisk atau hardisk eksternal. Smart TV 32LJ550D memiliki layar seluas 32 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

2. Smart TV Samsung J5500 Series 5

Harga Terbaru: Rp 6.000.000

Smart TV Terbaik

Samsung J5500 Series 5 adalah Smart TV yang didukung Smart Hub untuk memudahkan Anda menonton konten menarik dari internet. Smart Hub bekerja dengan bantuan sistem operasi OS Tizen sehingga Anda bisa mencari konten hiburan dengan mudah. Cukup dengan gerakan kursor ke bawah layar saat menonton TV, menu Smart TV akan muncul secara otomatis. Samsung J5500 Series terdiri dari berbagai pilihan layar. Untuk pilihan layar 32 inci ini memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.

3. Smart TV Samsung 4K UHD KU6000 Series 6

Harga Terbaru: Rp 6.200.000

Smart TV Terbaik

Samsung KU6000 Series 6 sudah dilengkapi dengan Smart Hub untuk memudahkan Anda mencari konten dan memasang aplikasi di TV. TV ini juga menyediakan fitur Smart View untuk menampilkan konten (mirroring) dari smartphone ke TV. Dengan 1 klik, Anda bisa menayangkan foto, video, menyetel musik, atau video di layar TV yang lebih luas. TV dengan luas layar 40 inci ini memiliki resolusi 4K UHD. Teknologi PurColor membuat TV dapat menampilkan warna 4x lebih kaya dan alami dibandingkan TV Full HD.

4. Smart TV Sony X7500F Series

Harga Terbaru: Rp 9.400.000 (43 inci)

Smart TV Terbaik

Sony X7500F adalah Smart TV yang memiliki pilihan ukuran layar 43 inci, 49 inci, dan 55 inci. TV ini sudah didukung sistem operasi Android. Sony X7500F memiliki fitur kontrol suara canggih untuk memudahkan Anda mengakses konten. Anda juga bisa streaming video melalui YouTube atau aplikasi lain yang dibutuhkan di TV ini. Resolusi layarnya sudah 4K UHD. Dukungan 4K HDR dan 4K X-Reality Pro membuat tampilan gambarnya terlihat lebih detail dan hidup.

5. Smart TV Sharp LC-45UA6800X

Harga Terbaru: Rp 10.900.000

Smart TV Terbaik

Smart TV Sharp model LC-45UA6800X didukung sistem operasi Android 7.0. Dengan dukungan Android, Anda bisa menonton YouTube dan gunakan aplikasi populer Android di TV. Konektivitas yang disediakan adalah HDMI dan USB supaya bisa dihubungkan ke berbagai perangkat peripheral, laptop, atau hardisk. Sharp LC-45UA6800X memiliki layar seluas 45 inci. Resolusi 4K UHD 3840 x 2160 piksel membuat semua tontonan menjadi makin menarik.

Leave a Comment