5 Alternatif Search Engine Selain Google, Pernah Coba ?

Search Engine Selain Google – Google masih jadi search engine (mesin pencari) terbaik dan paling banyak digunakan di dunia. Menurut hasil riset Statcounter GlobalStats, Google digunakan oleh 92,42% pengguna internet di dunia. Jumlah sebesar ini bisa diartikan bahwa search engine Google sangat mendominasi, atau bisa dibilang memonopoli layanan search engine dunia.

Karena paling populer, kebanyakan ahli web dan SEO (Search Engine Optimization) lebih fokus mengembangkan webnya agar lebih Google friendly. Karena saking besarnya pengguna Google di dunia, bisa dibayangkan jika suatu saat Google down pasti akan memiliki dampak besar untuk pengguna internet dunia.

Jika Anda tidak ingin terkena dampaknya, lebih baik dari sekarang Anda tahu apa saja alternatif search engine selain Google terbaik saat ini. Berikut ini 5 pilihan mesin pencari selain Google yang paling banyak digunakan di dunia:

Search Engine Selain Google Terbaik di Dunia

Jika sebelumnya di atas, kami sudah informasikan bahwa Google digunakan oleh 92,42% pengguna internet dunia. Maka sisanya atau sekitar 7,58% pengguna internet lebih memilih layanan mesin pencari (search engine) selain Google. Berikut alternatifnya:

1. Bing

search engine selain Google terfavorit

Bing adalah search engine selain Google yang paling banyak digunakan. Mesin pencari Bing digunakan oleh 2,61% pengguna internet. Bing adalah mesin pencari besutan Microsoft. Mesin pencari ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2009 oleh CEO Microsoft saat itu, yaitu Steve Ballmer.

Bing menggunakan teknologi PowerSet yang diakuisisi pada tahun 2008. Kelebihan dari teknologi Bing ini adalah membuat proses pencarian lebih akurat. Kelebihan search engine Bing lainnya adalah bisa membagi histori pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan layanan email.

Bing bisa mengelompokan pencarian berdasarkan: Web untuk mencari situs atau website, Images untuk mencari gambar, News untuk mencari berita, dan xRank untuk mencari topik yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

2. Yahoo!

search engine selain Google terbaik

Yahoo! tadinya adalah salah satu search engine selain Google yang paling populer. Bahkan saking populernya, pada awalanya Yahoo! adalah pesaing terberat Google. Namun karena kurangnya inovasi, tidak cepat beradaptasi dengan perubahan jaman, dan kurang fokus mengembangkan search engine sebagai lini bisnis utama membuat posisi Yahoo! jatuh terlalu dalam.

Saat ini, Yahoo! masih digunakan oleh 1,9% pengguna internet. Jumlahnya sangat kecil, bahkan masih kalah oleh Bing yang tergolong masih baru. Yahoo! Search punya antarmuka yang cukup unik. Halaman utamanya dijejali cukup banyak informasi, seperti berita, informasi cuaca, iklan, dan lain sebagainya.

3. Baidu

search engine selain Google

Baidu menduduki posisi ketiga sebagai search engine selain Google yang paling banyak digunakan di dunia. Apa itu Baidu ? Baidu adalah layanan mesin pencari untuk situs website, file audio, gambar, dan lain sebagainya. Baidu memiliki antarmuka dalam bahasa Mandarin. Baidu sendiri menempati posisi 5 dalam rangking situs internet yang paling banyak dikunjungi melalui Alexa.

Baidu digunakan oleh 1,03% pengguna internet di dunia. Karena tampilan antarmuka utamanya menggunakan huruf Mandarin, oleh karena itu tidak banyak yang menggunakan mesin pencari ini. Kecuali jika Anda bisa baca huruf Mandarin maka tidak masalah menggunakan Baidu.

4. Yandex RU

search engine selain Google paling banyak digunakan

Yandex adalah perusahaan internet asal Rusia yang memiliki layanan mesin pencari. Search engine ini paling banyak digunakan di Rusia selain Google. Pangsa pasar Yandex di Rusia sendiri mencapai 60%. Sedangkan di dunia sendiri, Yandex menduduki posisi keempat dengan pangsa pasar 0,53% dengan StatCounter GlobalStats. Data yang sama juga dihasilkan oleh Comscore.com yang menyatakan Yandex digunakan oleh 150 juta pengguna internet di dunia dan menduduki urutan keempat di dunia.

Yandex tidak hanya digunakan di Rusia saja. Search engine selain Google ini juga digunakan di beberapa negara lain seperti Ukraina, Belarus, Uzebekistan, Turki, dan Kazakhstan. Selain bisa mencari konten dari situs website, Yandex juga bisa mencari gambar, video, email, lokasi, dan bahkan punya browser dan aplikasi terjemahan sendiri.

5. DuckDuckGo

mesin pencari selain google

DuckDuckGo punya nama yang unik. Mesin pencari selain Google ini berasal dari Amerika Serikat. DuckDuckGo digunakan oleh 0,37% pengguna internet. Search engine ini menggunakan informasi dari crowdsource seperti Wikipedia dan mesin pencari lain seperti Yandex, Yahoo!, Bing, dan WolframAlpha untuk menampilkan informasi yang ditampilkan sesuai hasil pencarian.

Salah satu yang menarik dari DuckDuckGo adalah search engine ini punya kebijakan untuk melindungi privasi penggunanya. DuckDuckGo tidak akan merekam informasi hasil pencarian pengguna. Jadi dengan kata lain, data pencarian Anda tidak akan digunakan untuk menjadi barang jualan. Dengan kelebihannya ini, DuckDuckGo bisa menghalangi tracking oleh pengiklan, menjaga histori pencarian tetap private, dan Anda bisa mengontrol penuh konten apa yang ingin dicari di internet

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Pencari Selain Google

Sangat penting untuk mengetahui apa saja search engine selain Google yang bisa digunakan. Jadi, jika suatu saat layanan mesin pencari Google mengalami down, maka 5 alternatif mesin pencari di atas bisa menggantikan fungsi utama Google untuk mencari konten terkait. Setiap search engine punya kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan utama pastinya punya akurasi yang sama baiknya dengan Google. Bahkan ada search engine yang mengutamakan privasi seperti halnya DuckDuckGo.

Kekurangan yang paling dirasa adalah performa kecepatan internet yang dibutuhkan. Jika Google sudah punya fasilitas AMP untuk memudahkan akses pencarian jika internet lambat. Namun beberapa search engine belum punya fasilitas itu, sehingga performa pencarian jadi lebih lambat.

Leave a Comment