Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Hp atau PC & Laptop

Bagaimana cara mengetahui kecepatan internet di hp, PC atau laptop ? Cara paling mudah untuk mengecek kecepatan internet adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Saat ini ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga baik itu berbentuk aplikasi atau aplikasi berbasis web yang bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan internet. Apa saja ? Bagaimana cara menggunakannya ?

1. Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Hp (Android / iOS)

ada 2 aplikasi populer dan sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengetahui kecepatan internet di hp. Aplikasi pertama adalah Speedtest dari Ookla dan Meteor: Speed Tester dari OpenSignal.com. Nah untuk pertama mari kita bahas cara mengetahui kecepatan internet di hp dengan aplikasi Speedtest.

Cek Kecepatan Internet dengan Speedtest

Untuk mengetahui kecepatan internet di hp pintar atau smartphone dengan aplikasi Speedtest, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Unduh aplikasi Speedtest di Play Store untuk Android, dan App Store untuk iPhone
  • Untuk Android unduh di sini
  • Untuk iPhone atau perangkat iOS unduh di sini
  • Instal aplikasi tersebut di hp Anda
  • Jalankan aplikasi lalu ketuk ikon lingkaran dengan tulisan “GO”.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Speedtest

Setelah itu, aplikasi akan berjalan otomatis mengukur kecepatan internet. Setelah pengukuran selesai, Anda bisa mengetahui kecepatan internet di layar. Kecepatan internet digambarkan oleh Ping, kecepatan Download, dan kecepatan Upload. Kecepatan internet diukur dalam satuan Kb/s atau Mb/s.

Cek Kecepatan Internet dengan Meteor Speed Tester

Aplikasi yang cukup bagus untuk mengetahui kecepatan internet selanjutnya adalah Meteor: Speed Tester. Aplikasi ini juga mengukur kecepatan internet melalui 3 pengukuran yaitu Ping, Download, dan Upload. Kelebihan aplikasi ini dibanding Speedtest adalah adanya informasi keterangan sebagus apa performa kecepatan internet Anda.

Kelebihan lainnya, Anda juga bisa mengetahui sebagus apa kecepatan internet untuk menjalankan beberapa aplikasi tertentu. Bagaimana cara mengetahui kecepatan internet dengan aplikasi Meteor: Speed Tester ?

  • Unduh aplikasi Meteor: Speed Tester
  • Untuk pengguna Android klik di sini
  • Untuk pengguna iPhone atau perangkat iOS klik di sini
  • Buka aplikasi dan klik ikon lingkaran dengan tulisan “Start Testing”.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Meteor

Tunggu aplikasi mengukur kecepatan internet. Setelah hasil pengukuran keluar, di bawah keterangan kecepatan internet ada keterangan seberapa bagus performa aplikasi jika dijalankan dengan kecepatan internet yang ada.

2. Cara Mengetahui Kecepatan Internet di PC / Laptop

Cara mengetahui kecepatan internet paling mudah di komputer baik itu PC atau laptop bisa dilakukan melalui browser. Anda bisa gunakan browser favorit, baik itu Mozilla Firefox atau Chrome untuk mengukur kecepatan internet. Bagaimana cara mengukur kecepatan internet dengan browser di PC atau laptop ?

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di PC atau Laptop

Speedtest adalah salah satu layanan aplikasi berbasis web yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kecepatan internet. Sama seperti di hp, mengukur kecepatan internet di browser PC atau laptop punya 3 faktor pengukuran yaitu: Ping, Download, dan Upload. Berikut ini cara mengetahui kecepatan internet dengan Speedtest.

  • Buka browser favorit Anda
  • Ketik alamat situs www.speedtest.net pada address bar
  • Klik ikon “GO”
  • Biarkan proses pengukuran kecepatan internet berlangsung.

Saat mengukur kecepatan internet, ada 3 faktor yang diukur yaitu Ping, Download, dan Upload. Kecepatan internet diukur dalam satuan milidetik (ms) untuk Ping dan Kb/s atau Mb/s untuk Download dan Upload. Apa itu Ping ? Bagaimana cara memahami satuan kecepatan internet Kb/s atau Mb/s ?

Pengertian Ping & Kecepatan Download / Upload

Ping (Packet Internet Gopher) adalah lamanya waktu komputer atau perangkat client untuk berkomunikasi dengan server secara bolak balik. Semakin singkat waktu Ping, maka semakin bagus performa kecepatan internet Anda. Misalkan setelah mengukur kecepatan internet, Anda mendapat Ping sebesar 3 ms. Ini artinya waktu yang dibutuhkan komputer untuk komunikasi bolak balik dari server dan kembali lagi adalah selama 3 milidetik.

Saat Anda mempelajari cara mengetahui kecepatan internet, biasanya kecepatan internet diukur dalam satuan Kb/s atau Mb/s. Baik Kb/s atau Mb/s adalah satu pengukuran yang saling berkaitan, karena 1000 Kb/s setara dengan 1 Mb/s. Kecepatan dowload dan upload diukur dalam satuan Kb/s atau Mb/s. Kecepatan download menggambarkan seberapa cepat koneksi internet Anda untuk mengunduh paket data. Kecepatan upload menggambarkan seberapa cepat koneksi internet untuk mengunggah paket data ke internet atau server.

Misalnya, jika Anda ingin unduh file 10 MB dengan kecepatan 1 Mb/s (atau 1000 Kb/s). Maka untuk download file tersebut akan memakan waktu kurang lebih 10 detik. Sementara itu, jika Anda ingin upload file 500 KB ke internet dengan kecepatan 1 Mb/s, maka hanya akan memakan waktu 0.5 detik saja. Kecepatan internet sifatnya fluktuatif, artinya bisa turun atau naik sewaktu-waktu. Maka dari itu sangat penting untuk pelajari cara mengetahui kecepatan internet supaya ketika internet bermasalah bisa langsung menghubungi provider langganan.

Leave a Comment