Cara Memperbaiki Cartridge Paling Mudah (100% Ampuh Lho)

Cara Memperbaiki cartridge akan kami persembahkan untuk Anda pada artikel kali ini. Printer merupakan perangkat yang penting untuk mencetak pekerjaan kita. Hal yang paling penting dalam printer adalah cartridge. Tanpa cartridge yang berfungsi dengan normal, secanggih-canggihnya, dan sebanyak-banyaknya fitur, printer Anda tidak akan berjalan dengan baik. Memang cartridge pada printer cenderung mmudah rusak (biasanya dibagian head/kepala cartridge). Kami disini akan membantu Anda bagaimana memperbaiki head cartridge Anda ketika rusak.

Namun sebelum kami memberitahu bagaimana memperbaiki cartridge, kami akan menjelaskan apa fungsi dari cartridge dan jenis-jenis cartridge.

Pengertian Cartridge

Cartridge adalah sebuah benda yang terdapat pada printer yang berfungsi untuk menampung tinta yang selanjutnya dialirkan ke head-nya. Benda ini merupakan komponen yang paling penting pada printer terutama printer jenis inkjet yang dapat dilepas dan diganti. Setiap cartridge pada masing-masing merk printer, diletakan pada posisi yang berbeda-beda. Tak hanya itu, teknologi yang digunakan pada setiap printer pun berbeda-beda pula. Sebagai contoh pada printer merk Epson. Printer Epson umumnya menggunakan teknologi Micro Piezo yang mana menggunakan kristal khusus yang dinamakan piezoelectric ketika sedang menjalankan proses pencetakan. Kristal piezoelectric ini akan berubah bentuk dan ukurannya, sehingga  tetesan tinta yang dihasilkan lebih kecil karena tingkat kerapatannya yang tinggi.

Cara Memperbaiki Catridge Paling Mudah

Jenis-jenis Cartridge

Jenis-jenis cartridge sendiri dibedakan menurut peluru yang dimiliki cartridge printer. Jenis peluru tersebut diantaranya adalah:

  1. Original Cartridge: jenis cartridge ini adalah cartridge yang dihasilkan oleh produsen printer. Merk yang pada cartridge merk ini merupakan merk produsen tersebut. Harga yang dibanderol umumnya lebih mahal.
  2. Remanufactured Cartridge: cartridge jenis ini merupakan cartridge yang sebelumnya dipakai lalu didaur ulang untuk pemakaian lanjut. Tentunya bila dibandingkan dengan cartridge original harganya jauh lebih murah.
  3. Compatible Cartridge: Cartridge printer terakhir adalah jenis cartridge yang kompatibel dengan hampir semua model yang terjual di pasaran. Umumnya cartridge ini diproduksi oleh vendor pihak ketiga.

Cara Memperbaiki Cartridge Tinta

Ketika ingin memperbaiki cartridge hal pertama, bersihkan kepala cartridge Anda terlebih dahulu. Namun sebelumnya, coba tes dulu printer Anda dengan mencetak apapun. Jika hasilnya tidak bagus, berarti cartridge printer Anda sedang mengalami penyumbatan.

Cara membersihkan head printer:

  1. Buka Control Panel (bisa dapat Anda temukan di menu Start)
  2. Setelah itu, klik View Devices and Printers di kategori Hardware and Sound.
  3. Lalu klik Devices and Printers
  4. Pilih printer yang bersangkutan (contoh: HP 1010)
  5. Klik kanan ikon printer, lalu pilih Printing Preferences
  6. Muncul tab Maintenance
  7. Klik Head Cleaning
  8. Klik OK
  9. Setelah itu, bila sudah Anda coba beberapa kali dan hasilnya tetap sama, cabut cartridge printer, lalu sedot tinta yang ada pada kepala cartridge, dengan penyedot tinta khusus.

Cara menyedot/membersihkan tinta yang ada pada kepala cartridge

  1. Cabut cartridge dari printer dengan menyalakan printer lalu buka penutup printer, nanti cartridge akan berpindah.
  2. Tempel bagian ujung alat penyedot tinta pada bagian kepala cartridge.
  3. Tarik tuas pada penyedot tinta hingga tinta tersebut mengalir keluar dari kepala cartridge.
  4. Terus lakukan hingga tinta tak bersisa.
  5. Rendam bagian bawah cartridge printer dengan cairan head cleaner.

Cara menggunakan head cleaner

  1. Siapkan wadah yang dapat masuk 2 buah cartridge.
  2. Tuang head cleaner secukupnya.
  3. Lalu letakkan cartridge printer pada wadah yang sebelumnya Anda tuangkan cairan head cleaner.
  4. Tunggu beberapa jam
  5. Angkat cartridge tersebut dan bersihkan dengan tisu kering.

Cara Memperbaiki Catridge Paling Mudah

Kesimpulan

Sebenarnya untuk memperbaiki cartridge tidaklah sulit, namun kami menyarankan bila Anda masih bingung, kami sarankan Anda membawa cartridge printer Anda ke ahlinya atau membeli cartridge baru. Memang lebih mahal, tapi bila keadaannya sudah rusak parah, apa salahnya untuk membeli cartridge baru? Demikianlah tutorial cara memperbaiki cartridge printer dari kami. Mudah bukan? Silakan Anda coba, dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment