Review Canon EOS M100 Terbaru & Spesifikasi Harga Murah

Canon EOS M100 – Siapa yang tidak kenal merek Canon? Pabrikan asal Jepang ini terkenal mulai dari printer, elektronik hingga kamera kualitas nomor wahidnya. Salah satunya adalah kamera mirrorless buatan Canon yang sudah mendunia. Diluncurkan untuk mengupgrade beberapa pendahulunya seperti EOS M10, Canon EOS M100 jadi kamera mirrorless murah yang diluncurkan Canon tahun 2017.

Pembaharuan fitur sudah tentu akan ada di Canon EOS M100, tapi selain itu ada apa lagi ya?

Harga Canon EOS M100

eos m100 9

Ketika pertama meluncur, tentunya M100 punya harga yang mahal. Namun, setelah beberapa tahun berlalu harga tentu semakin murah. Melihat di situr resmi Canon Indonesia sendiri, EOS M100 ini dibandrol dengan harga Rp 8.184.000. Sementara, kalau Anda membelinya ketika musim diskon tentunya akan lebih murah. Selain itu, Anda juga bisa membelinya di toko online atau e-commerce kesayangan Anda.

Desain Body yang Ringkas

Dengan body EOS M100 punya dimensi kira-kira 108.2 mm x 67.1 mm x 35.1 mm dengan berat 266 gram. Angka tersebut memang lebih besar dari EOS M10. Namun, Canon mengklaim bahwa M100 merupakan salah satu kamera teringan yang dikeluarkan Canon.

eos m100 7

Tombol-tombol yang dihadirkan di EOS M100 umumnya seperti M10. Hanya saja tombol Wifi yang dipindahkan sari samping dan kini diletakkan di sebelah tombol menu. Sementara desain body-nya kalau M10 terasa kotak tajam sedangkan M100 memperhalus pinggiran tersebut dengan desaing yang lebih bulat. Sementara body depannya mengusung desain yang sama. Namun M100 ini lebih tidak rentan slip dari genggaman daripada M10.

Sudah dilengkapi dengan built-in flash yang mendukung pencahayaan Anda ketika memotret dalam gelap. Lampu flash sembul ini bisa dioperasikan secara manual dengan angka panduan kira-kira 5 (ISO 100) yang mencangkup sudut lebar 24mm lensa zoom standar EF-M15-45mm F3.5-6.3 IS STM dalam format 35mm.

Sensor dan Prosesor Diperbaharui

Dilengkapi dengan sensor APS-C, M100 ditingkatkan menjadi 24.2 megapiksel. Dengan sensor lebih besar itu, kepekaan terhadap cahaya otomatis meningkat untuk kamera ini dibandingkan pendahulunya. M100 sudah mendongkrak nilai ISO hingga 25600. Ketika Anda memotret dalam kondisi minim cahaya karena hasil fotonya masih terlihat jelas. Sensor yang besar juga seharusnya dapat mengurangi noise yang muncul akibat pemakaian ISO yang tinggi.

Berbeda dengan EOS M10, Canon EOS M100 hadir dengan prosesor pengolah gambar lebih anyar. Ketika M10 menggunakan DIGIC 6, maka EOS M100 menggunakan DIGIC 7 yang merupakan prosesor baru Canon ketika pertama kali diluncurkan saat itu. Diketahui bahwa DIGIC 7 ini merupakan prosesor yang sama dengan Canon EOS M5 dan M6 yang merupakan model lebih canggih dan lebih mahal dari series M Canon. Tak hanya, prosesor gambar DIGIC 7 juga hadir di kamera DLSR Canon seperti EOS 800D, 77D dan 80D.

eos m100 1

DIGIC 7 ini memiliki kemampuan memproses gambar lebih baik. Ketika foto continuous dengan continuous auto focus kamera ini mampu merekam hingga 4fs. Namun, jika menggunakan single AF, M100 mampu menangkap hanya 6fs.

Sealin itu, fitur pembuatan film juga sudah dikembangkan dengan sangat baik dan mendukung perekaman film Full HD @60fps kualitas tinggi. Efek indahnya bokeh yang diciptakan oleh sensor APS-C adalah ciri khas dari EOS Movie Canon yang punya reputasi perekaman film yang bagus. Sementara, Dual Pixel CMOS AF menghasilkan pengoperasian AF yang lancar serta performa pelacakan yang istimewa.

Canon EOS M100 juga dilengkapi dengan fitur Combination IS yang mampu menghasilkan efek koreksi lebih dahsyat dengan memadukan Image Stabilizer (IS) dalam kamera digital yang berfungsi selama pembuatan film dengan lensa yang dilengkapi mekanisme IS optik.

Fitur dan Interface yang Menarik

 

eos m100 4.JPG

Secara umum memang tidak banyak perubahan, interface Canon EOS M100 kini lebih bersahabat dibanding versi sebelumnya. Canon masih menggunakan layar sentuh 3 inci beresolusi 1.03 juta dot yang dapat dibalik hingga 180 derajat ke depan sehingga Anda bisa selfie dengan mudah.

Daris segi konektivitas, M10 bisa menghubungkan kamera dengan ponsel lewat Wifi dan NFC. Namun, untuk M100 Canon menambahkannya dengan bluetooth. Hal ini jadi keunikan tersendiri karena bisa mempermudah Anda akses Anda untuk membagikan gambar ke ponsel. Dengan adanya bluetooth juga Anda bisa menghubungkan kamera dengan perangkat lain secara terus-menerus sehingga lebih mudah.

Video Canon EOS M100

Kesimpulan: Yakin Beli M100?

Kalau Anda ingin menggunakan kamera untuk vlog atau kamera traveling maka Canon EOS M100 ini bisa jadi pilihan. Bentuknya yang ringkas, ringan dan mudah dibawa tentunya jadi kelebihan tersendiri. Selain itu, harganya juga masih dibawah 10 juta untuk spesifikasi yang lumayan mumpuni. Namun, kalau Anda ingin membeli kamera lain yang bisa dipertimbangkan untuk kamera vlog terbaik. Selain itu, kalau budget kurang Anda bisa memilih kamera mirrorless murah 2 jutaan yang bisa Anda pertimbangkan.

Leave a Comment