Pengertian Lengkap WiFi Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa itu pengertian WiFi ? Apa fungsi WiFi ? Bagaimana cara kerja WiFi ? Semua akan dibahas di artikel ini. Teknologi informasi hari ini semakin canggih, Anda sekarang dapat mengakses internet lebih mudah dari beberapa tahun lalu. Berselancar di internet pun kini tidak harus terhubung dengan kabel telepon.

pengertian wifi serta fungsi dan cara kerjanya

Anda dapat menggunakan teknologi ini asal memiliki perangkat yang bernama hp atau laptop. Harga hp pun kini semakin murah sehingga banyak orang di Indonesia bisa memilllikinya. Hal ini dapat dilakukan karena dukungan teknologi yang bernama WiFi.

Pengertian WiFi

WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity atau hubungan tanpa kabel. WiFi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio secara nirkabel, dan gelombang tersebut ditangkap oleh perangkat seperti hp, laptop, dan semacamnya. Maka dari itu, Anda dapat mengakses internet kapan saja dan dimana saja.

Pengertian WiFi adalah teknologi yang berfungsi untuk saling menukar data menggunakan gelombang radio dari sebuah perangkat yang mana gelombang tersebut diterima oleh perangkat yang sudah mendukung penerimaan sinyal ini. Bila perangkat tersebut (hp, laptop, tablet, dan perangkat lainnya) ingin menangkap sinyal, perangkat tersebut harus berada di titik akses jaringan WiFi.

Titik akses jaringan WiFi yang bisa ditangkap sebuah perangkat biasanya berjarak 20 meter di dalam ruangan, namun ada jarak WiFi untuk di luar ruangan. Agar dapat terhubung dengan hp, laptop atau perangkat elektronik lainnya, gelombang yang digunakan oleh WiFi tersebut umumnya menggunakan gelombang pada rentang 2.4 GHz hingga 5 GHz.

pengertian wifi serta fungsi dan cara kerjanya

Sekarang, ketika berada di suatu tempat, umumnya restoran atau cafe, orang-orang banyak yang menanyakan password WiFi cafe atau restoran tersebut. Cafe atau restoran pun kini dapat menjadi tempat bekerja ataupun meeting.

Sejarah Perkembangan WiFi

WiFi sendiri sudah lama dikembangkan. Pada satu dekade lebih lalu sebuah institusi yang bernaung dibidang elektronik dan teknologi asal New Jersey Amerika Serikat, IEEE, membentuk jaringan wireless bernama 802.11. Dua tahun setelahnya, munculah jaringan Wireless B yang mampu mentransfer data pada kecepatan hingga 11 Mbps.

Walaupun begitu, Wireless B masih memiliki kelemahan yakni frekuensi operasinya yang masih pada 2.4 GHz yang mana umumnya banyak digunakan pada peralatan rumah tangga seperti oven microwave yang mengganggu sinyal tersebut.

pengertian wifi serta fungsi dan cara kerjanya

Setelah itu pada tahun 2003, Wireless B hadir dengan kecepatan transfer maksimal 54 Mbps, namun masih beroperasi dalam frekuensi 2.4 GHz. Enam tahun kemudian, munculah Wireless N yang sudah mendukung kecepatan transfer data hingga 300 Mbps dengan 2 antena dan 450 Mbps dengan 3 antena. Wireless jenis ini memiliki sinyal yang lebih luas. Selanjutnya, empat tahun lalu hadirlah Wireless AC yang memiliki kecepatan hingga 1 Gb/s yang beroperasi pada frekuensi 5 GHz.

Fungsi WiFi

Setelah Anda mengetahui pengertian Wifi, kami akan memberi tahukan apa fungsi WiFi sendiri. Fungsi WiFi adalah:

1. Berbagai Data Antar Perangkat

Sebagaimana dari singkatannya, Wireless Fidelity, untuk menggunakan teknologi ini, Anda tidak perlu menggunakan kabel data untuk mentransfer data dari perngkat elektronik satu ke yang lain.

2. Modem Dari Hp Pintar (Smartphone)

Kita tidak menyadari bahwa teknologi sudah seperti ini canggihnya. Anda dapat menjadikan ponsel Anda sebagai modem wireless dengan fitur thetering. Hp keluaran terbaru umumnya sudah dapat dijadikan modem. Namun, Anda harus memakai paket data untuk menggunakan ponsel Anda sebagai modem. Fitur ini sangat berguna ketika Anda tidak berada di tempat yang terdapat jaringan WiFi.

pengertian wifi serta fungsi dan cara kerjanya

3. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Tidak seperti jaringan yang menggunakan kabel LAN yang penggunaannya dibatasi, Anda dapat mengakses internet ke beberapa perangkat sekaligus dengan menggunakan gelombang WiFi.

4. Kecepatan Internet Lebih Cepat

Dibandingkan dengan mengakses internet dengan mobile data, ketika berselancar di dunia maya dengan menggunakan WiFi akan terasa lebih cepat. Melakukan streaming lagu di Spotify atau Video di YouTube tidak akan mengalami buffer. Tak hanya itu mengunduh dokumen penting pun juga sangat cepat sehingga Anda dapat menghemat banyak waktu dengan menggunakan jaringan WiFi.

Cara Kerja Wifi

Kini Anda sudah tau pengertian WiFi, dan Kali ini kami akan membahas bagaimana cara kerja WiFi. Proses kerja WIFi ini memanfaatkan gelombang radio. Data-data yang Anda kirimkan terkirim dengan gelombang radio yang terpancar. Agar dapat memancarkan gelombang radio ini, Anda harus memiliki wireless adaptor. Gelombang radio ini dikirim menuju Router WiFi yang memiliki fungsi sebagai penerjemah kode.

Data tersebut dikirim ke jaringan internet dengan menggunakan koneksi ethernet setelah kode-kode tersebut diterjemahkan. Data yang diterima melalui internet juga dalam waktu yang bersamaan melewati router yang nanti dijadikan kode. Selanjutnya dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal yang diterima oleh adaptor komputer wireless.

pengertian wifi serta fungsi dan cara kerjanya

Tentunya WiFi kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan, dan mengakses internet sudah menjadi aktivitas yang tak pernah dilewatkan. Karena internet sudah jadi kebutuhan dasar, berbagai perangkat pendukung WiFi seperti Router atau range extender (penguat sinyal WiFi) semakin mudah ditemukan di rumah-rumah. Demikian penjelasan tentang pengertian WiFi beserta fungsi dan cara kerja dari kami. 

Leave a Comment