Pengertian Wireless dan Penjelasan Cara Kerjanya

Wireless atau yang disebut sebagai nirkabel menjadi sebuah teknologi yang kini hampir ada di semua lini. Mulai dari perangkat yang berhubungan dengan hiburan seperti kontroler pada konsol gaming, sampai ke alat-alat yang berhubungan dengan pekerjaan kini sudah menggunakan teknologi ini. Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu pengertian wireless dan penjelasan cara kerja wireless itu sendiri.

Pengertian Wireless dan Penjelasan Cara Kerjanya

Pengertian Wireless

Wireless merupakan suatu hubungan perangkat dengan menggunakan elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi membawa teknologi wireless ini hampir ada di semua lini di kehidupan manusia. Menggunakan internet pun Anda tidak perlu terhubung dengan kabel modem ataupun kabel telepon, kini ketika Anda ada di suatu tempat yang terhubung dengan sinyal WiFi, Anda dapat berselancar di dunia lebih lama.

Kelebihan Wireless dan Kekurangan Wireless

Wireless sendiri memiliki kelebihan dari menggunakan kabel. Setelah Anda mengetahui bagaimana pengertian wireless, Anda sebaiknya juga mengetahui kelebihan dan kekurangan teknologi wireless.
Kelebihan Wireless:

1.Biaya pemeliharaan yang relatif lebih murah.
2.Mudah untuk dikembangkan.
3.Pembangunan jaringan yang cepat.
4.Mudah untuk direlokasi.
5.Cocok untuk pemakaian kantor dan juga rumah.
6.Tanpa menggunakan kabel data, sumber-sumber file dapat dipindahkan.

Walaupun memiliki kelebihan, teknologi ini tentunya memiliki kekurangan diantaranya adalah

1.Terjadi delay yang besar.
2.Interferensi gelombang radio.
3.Terkadang produk dari produsen yang berbeda tidak cocok.
4.Investasinya lebih mahal daripada media kabel.
5.Kemananan yang lebih rentan dibanding media kabel.
6.Penyadapan koneksi lebih mudah terjadi.

Cara Kerja Wireless

Setelah Anda mengetahui pengertian wireless beserta kelebihan dan kekurangannya, kami akan menjelaskan cara kerja wireless. Pada dasarnya cara kerja wireless ini dikarenakan komputer yang memiliki built-in transreceiver. Transreceiver tersebut adalah apa yang kita kenal sebagai adapter wireless. Adapter ini mendeteksi jaringan wireless disekitar perangkat melalui radio dan juga alat yang mendeteksi sinyal yang masuk. Selanjutnya, setelah sinyal tersebut terlacak, melalui otentifikasi pengguna, Anda bisa menggunakannya.

Setelah itu, sinyal data digital yang disebut dengan modulasi dikonversi. Sinyal data tersebut ditumpangkan ke gelombang radio analog. Lalu, sebagian data digital dibawa oleh gelombang radio analog. Kecepatan transfer data jaringan wireless ditentukan oleh teknik yang dipakai untuk modulasi. Sinyal radio yang diterima oleh wireless router atau wireless adapeter memiliki frekuensi lebih dari 2.4 GHz.

Pengertian Wireless dan Penjelasan Cara Kerjanya

Jaringan wireless ini diterima oleh sebuah perangkat yang dinamakan router wireless. Setelah itu, jaringan wireless tersebut direkonversi dari sinyal data ke dalam bentuk sinyal digital. Selanjutnya sinyal tersebut juga dikirim melalui koneksi kabel ethernet ke jalur informasi yang biasa disebut sebagai internet.

Selanjutnya, router menerima data digital dari internet juga memodulasikannya ke dalam bentuk analog. Antena adapter wireless menerima sinyal analog yang dimodulasi dan didemodulasi kembali dalam bentuk digital yang setelahnya ditransfer ke komputer. Hal yan paling penting dari jaringan wireless ini adalah adapter wireless. Umumnya, laptop atau motherboard PC keluaran terkini sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

Demikian artikel Gagastekno kali ini tentang penertian wireless beserta cara kerjanya. Bagaimana sudah cukup mengerti?

Leave a Comment