Pengertian Genset dan Fungsinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa pengertian genset ? Genset adalah singkatan dari Generator Set. Genset adalah mesin yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik secara mandiri. Genset dapat menghasilkan listrik dengan jumlah besaran tertentu. Di dalam mesin genset ada motor yang berfungsi membakar bahan bakar solar atau bensin untuk diubah menjadi listrik. Kesimpulannya, genset berfungsi mengubah energi gerak (kinetik) menjadi listrik.

Pengertian Genset (Generator Set)

Genset atau Generator Set adalah perangkat mesin yang bisa mengubah energi kinetik jadi listrik. Mesin genset menggunakan bensin atau solar sebagai bahan bakarnya. Saat motor berputar, hasil putaran tersebut menciptakan tenaga listrik. Genset biasa dipakai untuk menyediakan energi listrik cadangan saat mati lampu. Bagaimana sejarah awal diciptakannya genset ?

pengertian genset

Genset atau generator listrik ditemukan pertama kali oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Awalnya, genset menggunakan induksi elektromagnetik yang dihasilkan dari putaran kumparan medan magnet. Genset punya 2 komponen utama, yaitu stator atau bagian yang diam dari motor dan rotor atau bagian yang bergerak. Rotor akan berputar pada pusat stator.

Jenis Genset

Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, jenis genset berdasarkan arus listrik yang dihasilkan bisa dibedakan menjadi 2 yaitu: genset AC dan genset DC. Apa bedanya ?

1. Genset Listrik AC

Genset AC memiliki kumparan yang berputar pada porosnya. Saat kumparan berputar, jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan akan berubah-ubah. Sifat dari arus listrik yang dihasilkan adalah AC atau bolak balik dengan bentuk seperti gelombang. Kekuatan listriknya bergantung pada kuatnya medan magnet, jumlah lilitan kawat, dan luas kumparan.

2. Genset Listrik DC

Genset DC menggunakan cincin belah atau komutator di bagian outputnya. Komutator membuat arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC. Cara kerja genset DC sama seperti genset AC. Meski kumparan yang berada di dalam genset bisa menghasilkan arus listrik AC, namun dengan adanya komutator listrik yang dihasilkan akan berubah menjadi DC.

jenis genset

Selain itu, jenis genset berdasarkan bahan bakarnya bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Genset Gas, Pengertian genset gas adalah genset yang menggunakan bahan bakar gas seperti LPG (Liquid Petroleum Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas). Genset gas biasanya digunakan di lingkungan industri seperti pabrik
  • Genset Bensin, Pengertian genset bensin adalah genset yang menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki kapasitas maksimum 10 KW (10.000 watt). Genset ini biasanya digunakan di rumah, swalayan, toko, dan lainnya
  • Genset Solar, Pengertian genset solar adalah genset yang menggunakan bahan bakar jenis solar. Mesin yang digunakan adalah jenis mesin diesel. Mesin genset solar memiliki kapasitas daya mulai dari 5 KW (5000 watt) hingga 2 MW (2 juta watt). Sama seperti mesin genset bensin, jenis genset ini juga banyak digunakan di rumah, swalayan, toko, hingga gedung atau rumah sakit.

Fungsi Genset

Fungsi genset adalah untuk menghasilkan tenaga listrik di saat darurat. Ketika listrik dari PLN mati, kamu bisa mendapat energi listrik cadangan dari genset. Energi listrik biasanya digunakan untuk menyediakan tenaga listrik bagi lampu atau penerangan jalan di saat darurat. Genset juga bisa digunakan untuk menyediakan listrik di lokasi yang jauh dari jangkauan listrik PLN. Selain itu, genset juga bisa menyediakan energi listrik yang lebih stabil dan tidak akan mati secara tiba-tiba.

fungsi genset

Genset biasanya dipakai di perusahaan, gedung, supermarket, rumah sakit, toko, dan gudang. Kapasitas listrik bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat listrik padam, beberapa peralatan listrik bisa tetap berfungsi karena energi listriknya bisa diambil dari genset.

Cara Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

Genset sangat dibutuhkan untuk membantu perekonomian. Saat produsen mengerjakan produksi produk mereka pasti membutuhkan listrik. Masalahnya saat listrik PLN mati, beberapa mesin pokok akan mati. Supaya kegiatan produksi tetap lancar, dibutuhkan bantuan genset. Kebedaradaan genset akan membantu saat produksi ketika listrik di pabrik mati. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih genset:

  1. Jenis arus listik, sebelum memilih genset lebih baik ketahui kebutuhan arus listrik apakah DC atau AC
  2. Kebutuhan listrik, dengan genset kamu bisa menggelar acara di rumah dengan kebutuhan listrik lebih besar dibanding kapasitas listrik di rumah
  3. Tempat menaruh genset, sebelum membeli genset perhatikan dulu apakah kamu punya tempat untuk menaruh genset. Karena genset bekerja dengan membakar bensin atau solar jadi listrik, otomatis genset harus diletakan di luar rumah. Selain itu, untuk bangunan besar perlu memiliki ruang yang besar untuk menaruh genset karena semakin besar kebutuhan listrik semakin besar pula ukuran gensetnya
  4. Kebutuhan daya, disarankan untuk membeli genset dengan kapasitas daya minimal 10% lebih besar dari daya keseluruhan yang dibutuhkan.

Leave a Comment