Pengertian EMMC ? Apa Fungsinya ? Apa Bedanya dengan SSD ?

Apa itu eMMC ?  Apa pengertian eMMC ? Kali ini, Gagastekno akan berbagi pengetahuan tentang pengertian dari eMMC. Buat Anda yang sudah familiar dengan dunia gadget, eMMC adalah salah satu komponen utama yang sangat penting. Namun buat Anda yang belum tahu apa itu eMMC, kami akan jelaskan kepada Anda.

Pengertian eMMC dan Fungsinya

eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi Media Controller. Fungsi eMMC adalah sebagai media penyimpanan berkecepatan tinggi dan sekaligus sebagai modul controller. Saat ini eMMC banyak digunakan hp pintar (smartphone), kamera digital, tablet, sistem navigasi (GPS), media player, dan laptop murah. Secara umum, eMMC bisa dibilang sebagai memori penyimpanan internal.

Pengertian emmc adalah

Jika dulu kita mengenal istilah MMC (Multi Media Card) atau kartu penyimpanan eksternal untuk hp jadul seperti Nokia Symbian, sekarang MMC sudah berevolusi menjadi eMMC. MMC pada Hp pintar atau smartphone saat ini sudah ditanam langsung ke dalam motherboard. Maka dari itu, istilah MMC kini ditambah huruf “e” yang artinya “embedded.” eMMC menggunakan NAND Flash Memory dan cara kerja yang mirip seperti flashdisk, SD Card, atau SSD.

Bentuk eMMC seperti chip dan ditanam langsung ke dalam motherboard. Karena berbentuk chip, banyak orang sering menyamakan eMMC dengan SSD atau chip memori internal pada laptop. Padahal jelas sekali keduanya jenis memori ini berbeda. Apa saja perbedaan eMMC dan SSD ?

Perbedaan eMMC dan SSD. Apa Saja ?

Perbedaan paling mencolok dari SSD dan eMMC adalah dari ukurannya. Ukuran SSD lebih besar dari eMMC karena disesuaikan untuk perangkat yang lebih besar. SSD lebih sering dipakai di laptop atau PC desktop sedangkan eMMC lebih banyak digunakan di perangkat elektronik kecil seperti hp, tablet, dan kamera digital.

Perbedaan yang kedua adalah SSD bisa dilepas pasang dari motherboard. Sedangkan eMMC ditanam langsung ke dalam motherboard sehingga tidak mungkin dilakukan upgrade. SSD pada laptop bisa dilepas pasang dengan mudah oleh karena itu memudahkan pengguna laptop jika ingin mengganti SSD lama ke SSD baru yang punya kapasitas lebih besar dan performa lebih kencang.

Perbedaan emmc dan ssd

Perbedaan ketiga antara SSD dan eMMC adalah dari segi performanya. eMMC generasi terbaru saat ini bisa mentransfer data dengan kecepatan hingga 400 Mb/s. Ini artinya kecepatan transfer data eMMC hampir sama seperti SSD pada umumnya. Namun meskipun bisa mentransfer data dengan cepat, kemampuan multitasking eMMC masih lebih rendah dibanding SSD.

eMMC memang cukup cepat saat memindahkan data berukuran besar, namun saat digunakan memindahkan data dalam jumlah banyak, akan terjadi penurunan performa. Hal ini berbeda dengan SSD, karena dirancang untuk laptop atau PC maka dari itu, SSD mampu memindahkan data berukuran besar dan berjumlah banyak lebih cepat dari eMMC.

Kelebihan dan Kekurangan eMMC vs SSD

eMMC dan SSD adalah 2 jenis media penyimpanan yang berbeda. Keduanya tidak bisa disamakan karena kedua memori ini punya peruntukan yang berbeda. eMMC adalah memori yang didesain untuk perangkat kecil atau mobile seperti hp, tablet, dan kamera digital.

Sedangkan, SSD dirancang untuk perangkat komputer seperti laptop atau PC desktop. Walaupun eMMC hanya cocok untuk perangkat kecil, tapi ada juga laptop yang menggunakan eMMC sebagai media penyimpanan internal, contohnya Lenovo IdeaPad 100s.

Berikut ini Gagastekno simpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan eMMC dan SSD.

Kelebihan eMMC

  1. Harga lebih murah dibanding SSD
  2. Lebih cocok untuk perangkat berukuran kecil dengan beban kerja ringan
  3. Cocok untuk hp, tablet, dan laptop murah
  4. Kapasitas eMMC bervariasi, mulai dari 16 GB hingga 512 GB.

Kekurangan eMMC

  1. Bersifat embedded sehingga tidak bisa di upgrade atau lepas pasang
  2. Performa multitasking lebih rendah dibanding SSD
  3. Tidak cocok untuk beban pekerjaan berat.

emmc adalah

Kelebihan SSD

  1. Dirancang untuk laptop atau PC Desktop
  2. Performa lebih kencang, bahkan bisa lebih kencang dibanding HDD
  3. Bisa meningkatkan respon sistem secara keseluruhan
  4. Cocok untuk pekerjaan berat, seperti desain grafis dan gaming
  5. Kapasitas besar mulai dari 128 GB hingga 4 TB.

Kekurangan SSD

  1. Harga lebih mahal
  2. Tidak cocok untuk perangkat elektronik kecil, karena ukurannya lebih besar.

eMMC adalah jenis chip memori yang paling cocok untuk hp, tablet, dan kamera digital. Ukurannya yang kecil tapi punya kapasitas penyimpanan yang besar membuat eMMC ideal untuk perangkat mobile. Namun, eMMC tidak bisa Anda samakan dengan SSD karena keduanya adalah jenis memori yang berbeda. eMMC lebih cocok untuk hp dan SSD lebih cocok untuk laptop atau PC desktop yang ukurannya lebih besar dari hp.

Leave a Comment