7 Monitor Gaming Terbaik Tahun 2019 & Spesifikasinya

Monitor gaming terbaik kini makin jadi primadona gamers di Indonesia. Selain speknya yang sangar, monitor gaming juga bisa digunakan dan difungsikan sebagai monitor biasa. Didukung industri PC gaming yang kini tengah berkembang di Indonesia. Developer game saat ini bersaing untuk mengembangkan berbagai game yang tidak hanya  punya gameplay yang menyenangkan, tapi juga berlomba-lomba menghadirkan grafik terbaiknya. Tak hanya itu, produsen-produsen perangkat keras pun berlomba-lomba merancang hardware elektronik hebat yang mampu menunjang kebutuhan gaming Anda.

Salah satu yang disebutkan di awal adalah monitor gaming. Perangkat ini sangat penting untuk gaming karena tanpa dukungan monitor yang baik, kegiatan bermain game Anda tidak akan menyenangkan. Dibanding dengan monitor biasa, monitor gaming memiliki refresh rate yang lebih tinggi sehingga delay dapat dikurangi. Refresh rate tersebut sangat berpengaruh pada Frame per Second (FPS) pada monitor gaming. Oleh karena itu, bermain game terasa lebih mulus. Beberapa monitor gaming juga sudah mendukung teknologi terbaru seperti G-Sync atau Free Sync yang membuat gambar bebas dari screen tearing.

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

Cara Memilih Monitor Gaming yang Tepat

Sebelum menuju ke rekomendasi monitor gaming terbaik tahun 2019, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting sebelum membelinya. Untuk merasakan kenikmatan bermain game, tentunya monitor gaming ini sangat berpengaruh. Selain itu, dengan memperhatikan beberapa aspek penting di bawah ini, Anda tidak perlu menjual monitor Anda lagi ketika salah membeli. Bagaimana cara memilih monitor gaming terbaik?

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

1. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Monitor

Untuk monitor hari ini, resolusi tertinggi adalah 3840 x 2160 piksel atau yang sering disebut sebagai resolusi 4K (Ultra HD). Namun, sebelum membeli monitor tersebut Anda harus memperhatikan spesifikasi komputer Anda. Semakin besar resolusi, semakin tajam gambar yang ditampilkan, dan pemrosesan grafisnya pun semakin berat. Jika Anda menginginkan detail paling tinggi di game terkini pada resolusi 4K, tentunya Anda harus mempersiapkan GPU yang mumpuni juga. Umumnya monitor dengan resolusi ini memiliki ukuran yang besar, minimal 27 inci.

Menggunakan monitor besar juga harus memperhatikan ruangan Anda. Apakah cukup atau tidak berada di ruangan Anda. Bila Spesifikasi Anda belum mumpuni untuk memainkan game dengan grafis terbaik yang diset pada resolusi 4K, lebih baik Anda menggunakan monitor Full HD ataupun HD. Kini monitor Full HD juga sudah mendukung refresh rate hingga 144. Dengan menggunakan monitor beresolusi FHD, Anda akan tetap mendapatkan performa yang maksimal sesuai dengan spesifikasi PC Anda.

2. Membuat Multi-display

Jika komputer desktop Anda sudah memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni untuk memainkan game dengan resolusi tinggi, tidak ada salahnya Anda menggunakan monitor lebih dari satu. Lagipula Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam bermain game. Apalagi ketika memainkan game racing, Anda akan menikmati sensasi bermain game seperti ada di kokpit mobil balap. Ketika ingin membuat multi-display, Anda harus memperhatikan bezel monitor Anda. Karena jika menggunakan monitor dengan bezel tebal, akan mengganggu penglihatan Anda. Oleh karena itu pilih monitor dengan bezel tipis ketika ingin menggunakan multi-display.

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

3. Perhatikan Refresh Ratenya

Sudah disebut-sebut sebelumnya, apa itu refresh rate? Refresh rate merupakan jumlah waktu dalam sedetik di mana sebuah perangkat keras pada layar memperbaharui boper. Untuk bermain game, refresh rate 60 Hz sudah cukup aman, tapi jika Anda ingin bermain game dengan genre FPS (First Person Shooter) sebaiknya Anda menggunakan monitor dengan refresh rate minimal 144 Hz atau lebih. Gaming monitor banyak yang sudah disertai dengan response speed sekitar 5 ms yang membuat gambar semakin tajam dan nikmat dipandang. Namun, untuk response speed 5 ms, harga yang dihadirkan pun lebih mahal.

Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik Tahun 2019

1. Asus ROG Swift PG248Q

Harga terbaru: Rp 7.220.000

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

Nama Asus terutama Asus ROG sudah sangat dikenal oleh para gamers. Asus ROG (Republic of Gamers merupakan seri khusus game dari merk ini. Salah satu yang terbaik adalah monitor Asus ROG. Asus ROG Swift PG248Q ini memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan ukuran sebesar 24 inci. Tak hanya itu monitor gaming besutan Asus ROG hadir dengan refresh rate 180 Hz dan response speed 1 ms.

Monitor ini sudah mendukung teknologi G-SYNC dan ASUS-exclusive GamePlus Hotkey sehingga visual yang ditampilkan sangat mulus. Di samping itu monitor ini sudah kompatibel dengan NVIDIA 3D-vision 2-kit yang mampu membuat gambar 3D menjadi terlihat lebih hidup.

Spesifikasi Asus ROG Swift PG248Q

  • Layar 24 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Refresh rate 144 Hz, overclock up to 180 Hz
  • Kecepatan response 1 ms
  • Input internal 1 x DisplayPort, 2 x USB 3.0, 1 x HDMI

2. BenQ Zowie XL2546

Harga terbaru: Rp 7.350.000

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

BenQ Zowie hadir sebagai monitor gaming dengan shield di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, refresh rate monitor ini mencapai hingga 240 Hz. Sangat tinggi bukan? Dengan refresh rate setinggi itu, visual yang ditampilkan pun sangat baik dan mulus bahkan minim croping ketika Anda memainkan game dengan setting grafis maksimal. Monitor ini juga hadir dengan teknologi Black eQualizer yang membuat layar terlihat jelas walaupun ada di area gelap.

Spesifikasi BenQ Zowie XL2546

  • Layar 24.5 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Refresh rate up to 240 Hz
  • Kecepatan response 1 ms
  • Input internal 1 x DVI-DL, 2 x HDMI, 1 x DisplayPort, 4 x USB Type-A

3. LG 25UM58

Harga terbaru: Rp 2.470.000

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

LG 25UM58 merupakan monitor gaming yang sangat cocok untuk Anda penggemar game racing. Monitor dengan IPS panel ini memiliki desain ultrawide dan dapat dilihat dari sudut mana saja tanpa terlihat buram. Sehingga penglihatan pun jadi semakin lebar. Tapi jika Anda bukan penggemar game racing, bila Anda suka dengan monitor ini, Anda juga tetap bisa memilihnya. Monitor gaming murah Rp 2 jutaan ini bisa digunakan untuk bermain segala game yang Anda suka.

Spesifikasi LG 25UM58

  • Layar 25 inci Ultrawide Full HD 2560 x 1080 piksel
  • Refresh rate up to 75 Hz
  • Kecepatan response 5 ms
  • Input internal 2 x HDMI

4. AOC G2460PF

Harga terbaru: Rp 5.135.000

5 Monitor Gaming Terbaik Terbaru Ditahun 2018

AOC G2460PF bisa dikatakan sebagai monitor yang fleksibel. Monitor ini juga sangat cocok digunakan untuk multi-screen karena selain bezelnya tipis, posisinya dapat diubah. Monitor ini juga hadir dengan refresh rate 144 Hz sehingga visual yang ditampilkan lebih mulus. Layarnya dengan ukuran 24 inci ini memiliki response speed hingga 1 ms. Jika Anda menginginkan sebuah monitor untuk bermain game-game bergenre FPS, monitor ini jauh dari cukup.

Spesifikasi AOC G2460PF

  • Layar 24 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Refresh rate up to 144 Hz
  • Kecepatan response 1 ms
  • Input internal 1 x HDMI, 1 x VGA, 1 x DVI, 1 x DisplayPort, 1 x USB 2.0

5. Acer Predator XB241H

Harga terbaru: Rp 7.370.000

Monitor Gaming Terbaik Acer Predator Gagastekno

Acer Predator XB241H memiliki layar yang fleksibel sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat bermain. Monitor dengan kemampuan ini memang sudah lazim untuk gamer saat ini. Selain itu, monitor ini juga cocok digunakan untuk memainkan game genre FPS terbaik. Mengapa? Karena kinerja yang dihasilkan monitor yang maksimal sehingga minim mengalami masalah visual seperti gambar kabur, afterimage, maupun ghosting yang bisa mengganggu Anda. Monitor gaming Acer ini punya refresh rate 144 Hz.

Spesifikasi Acer Predator XB241H

  • Layar 24 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Refresh rate 144 Hz, overclocking up to 180 Hz
  • Kecepatan response 1 ms
  • Input internal 1 x HDMI, 1 x DisplayPort

6. Dell S2417DG

Harga terbaru: Rp 7.000.000

Monitor Gaming Terbaik Dell Gagastekno

Dell S2417DG merupakan monitor gaming terbaik yang cukup murah. Mengapa? Monitor ini sangat cocok untuk Anda yang gemar memainkan game genre FPS, RPG, atau RTS (real-time strategy) bahkan dengan kualitas visual 3D. Tak perlu takut akan croping atau screen tearing karena Dell S2417DG memiliki visual superior dan tajam. Hadir dengan refresh rate 165 Hz dengan response speed 1 ms. Untuk mengoptimalkan ketajaman gambar dan menghasilkan gameplay yang super smooth, monitor ini sudah dilengkapi dengan teknologi khusus seperti G-SYNC dan kompatibel dengan NVIDIA 3D vision.

Spesifikasi Dell S2417DG

  • Layar 24 inci Ultrawide Full HD 2560 x 1080 piksel
  • Refresh rate 165 Hz
  • Kecepatan response 1 ms
  • Input internal 1 x HDMI, 1 x DisplayPort, 5 x USB 3.0

7. Samsung S24F350FHE

Harga terbaru: Rp 1.550.000

Monitor Gaming Terbaik Samsung Gagastekno

Dengan layar Full HD 24 inci yang memiliki bezel yang cukup ramping, Samsung S24F350FHE bisa didapuk jadi monitor gaming termurah saat ini. Meski spesifikasi yang dihadirkan hanya mampu memainkan game dengan kualitas grafis standar, tapi untuk Anda yang memiliki budget kurang maka monitor gaming Samsung ini bisa jadi pilihan.

Punya response speed 5 ms, monitor ini dapat menghasilkan pergerakan gambar yang halus dan cukup stabil untuk bermain game. Cocok untuk Anda yang ingin bermain game dengan monitor multi-display dengan tampilan visual yang optimal. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan fitur eye saver dan teknologi flicker free untuk meminimalisir gangguan pada layar.

Spesifikasi Samsung S24F350FHE

  • Layar 24 inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Refresh rate 60 Hz
  • Kecepatan response 5 ms
  • Input internal 1 x HDMI, 1 x D-sub

Itulah tadi daftar rekomendasi monitor gaming terbaik 2019 versi Gagastekno. Anda bisa memilih mana monitor yang cocok untuk Anda dengan membandingkan spesifikasi dan tentunya harga yang sesuai budget Anda. Jangan lupa, ketika Anda memiliki monitor gaming terbaik dan murah Anda pun harus melengkapi peripheral game Anda dengan keyboard mechanical terbaik untuk pengalaman gaming maksimal.

Leave a Comment