5 Mesin Cuci Laundry Terbaik Berdasarkan Jenis dan Harga

Laundry pakaian adalah salah satu bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Cukup bermodalkan mesin cuci laundry, pengering, dan setrika, Anda sudah bisa meraup keuntungan yang besar dalam jangka waktu panjang. Apalagi jika Anda memiliki mesin cuci khusus laundry yang awet pastinya keuntungan bisnis jadi makin berlipat. Saat ini bisnis laundry adalah bisnis yang cukup menjanjikan terutama di kota besar. Tingginya tingkat kesibukan masyarakat membuat sebagian dari mereka lebih memilih mencuci pakaian di laundry ketimbang mencucinya sendiri. Ongkos cuci yang cukup terjangkau juga menjadi alasan kenapa banyak orang lebih memilih mencuci baju di laundry daripada mencucinya sendiri di rumah.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha laundry di rumah, Anda harus mengetahui seluk beluk mesin cuci yang bagus untuk laundry. Tidak mungkin kan semua pakaian konsumen Anda cuci secara tradisional, pasti akan sangat melelahkan dan tidak efisien. Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mesin cuci laundry adalah daya tampungnya, konsumsi listrik, dan kecepatan mencuci. Jika bisa mencuci banyak pakaian dalam waktu singkat dengan listrik lebih hemat pasti akan memperbesar keuntungan yang akan didapat. Mesin cuci seperti apa yang paling cocok untuk usaha laundry?

Tipe Mesin Cuci Laundry Terbaik

Mesin cuci yang ada di pasaran saat ini ada 2 tipe, yaitu Front Loading dan Top Loading. Tipe mesin cuci yang paling direkomendasikan untuk laundry adalah Front Loading atau bukaan depan. Walaupun dari segi harga, mesin cuci ini lebih mahal dibanding Top Loading (bukaan atas), namun mesin cuci Front Loading punya banyak kelebihan, khusus untuk usaha laundry.

mesin cuci laundry terbaik 2018

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading untuk Laundry

Efisiensi dan efektivitas adalah kunci untuk memilih mesin cuci terbaik untuk laundry. Berikut ini kelebihan mesin cuci Front Loading dibanding Top Loading (mesin cuci rumahan).

  1. Kapasitas lebih besar sehingga bisa mencuci pakaian lebih banyak
  2. Bisa membersihkan pakaian lebih baik dibanding Top Loading
  3. Lebih hemat air karena tidak memerlukan banyak air saat mencuci
  4. Penggunaan deterjen lebih sedikit karena jumlah air yang diperlukan lebih sedikit
  5. Kecepatan putar lebih tinggi dan dapat mengeringkan pakaian lebih cepat.

Mesin cuci Front Loading memiliki 3 hal yang sangat dibutuhkan pada mesin cuci khusus laundry, yaitu: dapat mencuci banyak pakaian, mencuci lebih cepat, dan lebih hemat air dan deterjen. Karena 3 alasan tersebut makanya mesin cuci ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang berniat membuka usaha laundry. Lalu produk mesin cuci Front Loading apa yang bagus? Berikut ini rekomendasinya:

5 Mesin Cuci Laundry Terbaik (Merk & Harga)

Berikut ini rekomendasi 5 mesin cuci laundry terbaik. Kami memilih 5 merk mesin cuci terkenal dengan kapasitas pencucian yang sama yakni 7 kg. Kelima mesin cuci ini dijual dengan banderol harga Rp 5 jutaan dan di bawahnya.

1. Sharp Front Loading Boomerang Series ES-FL872

Harga Terbaru: Rp 3.750.000

mesin cuci laundry terbaik 2018

Mesin cuci Sharp Boomerang Series ES-FL872 memiliki daya tampung 7 kg. Mesin cuci ini dilengkapi Boomerang Cabinet terbaru yang dapat meredam guncangan dan suara yang terjadi saat mencuci. Fitur Eco Logic System bisa mendeteksi jumlah cucian yang masuk ke dalam tabung. Jika jumlahnya hanya setengah kapasitas mesin cuci, maka konsumsi listriknya juga diturunkan hingga 50%. Selain listrik, konsumsi air dan durasi pencucian juga dikurangi. Selain itu, mesin cuci ini juga dapat beroperasi dalam konsumsi daya rendah. Untuk pencucian pada suhu 30 derajat, mesin cuci ini hanya membutuhkan daya listrik 200 watt.

2. Samsung Front Loading Diamond Drum (WW70J4233KW)

Harga Terbaru: Rp 4.700.000

mesin cuci laundry terbaik 2018

Mesin cuci Samsung Front Loading dengan Diamond Drum seri WW70J4233KW memiliki daya tampung 7 kg. Mesin ini bekerja dengan sistem kerja motor dengan Digital Inverter sehingga membuat mesin tidak berisik, lebih hemat listrik, dan tahan lama. Desain drum berbentuk berlian memiliki lubang-lubang air lebih kecil sehingga pakaian tidak mudah menyangkut. Tersedia juga fitur Quick Wash yang bisa mencuci bersih dalam waktu 15 menit saja. Menariknya, mesin cuci ini sudah dilengkapi garansi 11 tahun untuk motornya.

3. LG Inverter F8007NMCW

Harga Terbaru: Rp 4.775.000

mesin cuci laundry terbaik 2018

Mesin cuci LG Inverter F8007NMCW memiliki daya tampung 7 kg. Mesin cuci ini ditenagai motor Inverter Direct Drive yang dapat mencuci tanpa menghasilkan suara bising. Motor penggerakan pun juga dilengkapi garansi 10 tahun. Mesin cuci LG dilengkapi teknologi 6 Motion Direct Drive yang bisa menggerakan tabung cuci ke beberapa arah sehingga pakaian lebih bersih.

4. Modena Imperian (WF 720)

Harga Terbaru: Rp 5.050.000

mesin cuci laundry terbaik 2018

Mesin cuci Modena Imperian bisa diandalkan untuk mencuci pakaian hingga 7 kg. Mesin cuci ini dilengkapi fitur 11 program pencucian yang memungkinkan Anda bisa mencuci sesuai bahan pakaian. Mode ini tentunya sangat bermanfaat supaya pakaian konsumen Anda tidak rusak akibat pencucian yang salah. 11 Mode pencucian tersebut adalah: Cotton, Jeans, Ecowash, Intensive, Sport, Daily & Quick, Daily, Spin + Drain, Rinse, Hand Wash, Wool, Mixed, dan lain sebagainya. Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi Child Lock untuk menonaktikan panel kontrol saat mesin cuci digunakan.

5. Electrolux Front Loading EWF85747

Harga Terbaru: Rp 5.600.000

mesin cuci laundry terbaik 2018

Mesin cuci Electrolus Front Loading EWF85747 dibekali kapasitas tampung 7 kg. Mencuci dengan mesin cuci ini bisa mengurangi alergen yang menempel di pakaian hingga 99.9%. Kecepatan putar tabung pencucian bisa hingga 850 RPM. Tersedia pula teknologi Magic Ball yang memudahkan Anda untuk mencuci lebih bersih.

Itu dia 5 rekomendasi mesin cuci laundry terbaik tahun 2018. Pilih mesin cuci yang awet dan menawarkan garansi lama sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan harus ganti mesin cuci dalam waktu singkat. Ditambah lagi dengan memilih mesin cuci bagus berkualitas, Anda bisa menghemat pengeluaran lebih banyak.

1 thought on “5 Mesin Cuci Laundry Terbaik Berdasarkan Jenis dan Harga”

Leave a Comment