Cara Mengatur Ukuran Foto Instastory & Info Fitur Terbarunya

Ukuran foto Instastory Instagram menjadi hal penting mengingat kini sosial media pembagi foto tersebut sudah sangat populer. Pada tahun 2012, Facebook mengakuisisi Instagram yang kini jadi salah satu sosial media paling banyak pengguna di seluruh dunia.

Instagram  menawarkan penggunanya untuk berbagi kebahagiaan melalui gambar-gambar yang diunggah lewat feed-nya. Tidak hanya itu, instagram juga mengizinkan Anda untuk melakukan pembelian dan penjualan online. Jika Anda memiliki media entah itu berita atau hiburan, Instagram dapat membantu Anda untuk menarik pengunjung media yang Anda miliki yang tentunya Anda harus membuat tampilan postingan Anda lebih menarik untuk ditunjukkan.

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur-fitur Terbarunya

Instagram juga salah satu tempat untuk berbisnis yang tepat selain Anda dapat menjual produk. Jika Anda memiliki talenta dan Anda tunjukkan talenta Anda di Instagram, jika Anda menulis hashtag yang benar, keahlian Anda dapat terlihat orang lain, dan Anda dapat menjadi orang yang berpengaruh atau yang disebut sebagai influencer atau KOL (Key Opinion Leader).

Apa itu Instastory di Instagram?

Beberapa tahun belakangan memunculkan sebuah fitur yang mengadopsi Snapchat yakni fitur Instastory. Apa itu Instastory? Instastory adalah sebuah fitur membagikan konten singkat, yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Adanya konten ini bisa mempermudah interaksi antar pengguna di Instagram.

Anda bisa membagikan foto, video, tulisan hingga stiker dalam Instastory. Untuk menggunakan fitur ini Anda dapat menyentuh bagian pojok kiri atas yang menunjukkan foto Anda dengan tulisan your stories lalu Anda dapat merekam kegiatan Anda pada Instastory ini. Namun, sayangnya Anda tidak dapat membuat video atau postingan pada Instasory dalam waktu yang lama, dan durasinya hanya dibatasi hanya 15 menit.

Berapa Ukuran Foto untuk Instastory?

Agar membuat Instastory main bagus Anda perlu mengetahui ukuran foto untuk Instastory yang tepat. Sebagai informasi, Anda dapat mengunggah video atau foto untuk konten Instastory Anda. Instagram sendiri cukup ketat untuk mengatur ukuran instastory agar bagus. Oleh karena itu, ketika ukuran foto atau video yang Anda upload tidak cocok ukuran dengan dimensinya, maka akan terpotong atau diperbesar. Hal ini akan mengakibatkan foto atau videountuk Instastory terlihat buruk kualitasnya.

1. Ukuran Foto untuk Instastory

– Ukuran piksel Instastory: 1080 x 1920 piksel (portrait)
– Ukuran aspect ratio: 9:16
– Alternatif ukuran Instastory: 720 x 1280 piksel, 450 x 800 piksel
– Format ukuran dokumen Instastory: 30 MB dengan format JPEG atau PN

2. Ukuran Video untuk Instastory

– Ukuran video: 1080 x 1920 piksel
– Ukuran aspect ratio: 9:16
– Resolusi video minimal: 720p
– Ukuran video maksimal: 4 GB dengan format MP4 atau MOV

Cara Mengatur Ukuran Foto Instastory

Ada berbagai cara untuk mengatur ukuran Instastory yang tepat. Pertama, yakni menggunakan aplikasi profesional seperti photoshop. Kedua, menggunakan aplikasi yang bisa Anda download sendiri di Hp iPhone/ Android. Agar lebih bagus lagi, berikut tips mengatur ukuran foto untuk Instastory.

1. Mengatur Ukuran Instastory dengan Photoshop

Jika ukuran foto Anda tidak cocok untuk dimasukkan ke Instastory, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengeditnya melalui berbagai aplikasi. Salah satu aplikasi edit foto dan video yang bisa Anda manfaatkan adalah Adobe Photoshop di PC/laptop, MacBook, Hp Android dan iPhone Anda. Untuk tutorial edit foto ukuran Snapgram di bawah ini menggunakan laptop/PC ataupun MacBook ya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk edit foto melalui Photoshop untuk ukuran Snapgram.

  • Instal Adobe Photoshop untuk Hp Android, iPhone, PC/laptop dan MacBook Anda
  • Buka aplikasi dan pilih menu File > New
  • Selanjutnya akan muncul tampilan untuk mengatur resolusi foto yang Anda inginkan
  • Setelah itu, set satuan menjadi pixel dan isi kolom Width 1080 dan height 1920

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur-fitur Terbarunya

  • Kemudian Anda akan melihat gambar kertas berwarna putih berukuran 1080 x 1920 piksel

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur-fitur Terbarunya

  • Lakukan yang Anda inginkan dengan segala kreativitas Anda sesuai dengan  Instastory yang Anda inginkan
  • Setelah itu, simpan gambar dengan memilih menu File > Save As for Web
  • Set ukuran file dikisaran ukuran 90Kb – 120Kb. Namun, idealnya adalah 100Kb
  • Kalau untuk mengatur kualitasnya, maka Anda bisa pilih kualitas JPG
  • Setelah selesai, simpan gambar tersebut

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur-fitur Terbarunya

2. Mengatur Ukuran Instastory dengan Adobe Spark Post

Adobe Spark Post adalah aplikasi yang memungkinkan Anda bisa membuat postingan dengan template Instagram (square maupun ukuran Instastory), Twitter, Facebook, hingga Pinterest. Dengan aplikasi ini, konten Anda akan dipercantik secara tampilan visual. Tenang, dengan aplikasi ini Anda tidak perlu lagi mencari ukuran foto untuk Instastory di Google. Cukup dengan memilih template dari Adobe Spark Post, Anda akan mendapatkan ukuran yang tepat tanpa harus di-edit ulang.

ukuran foto instastory adobe spark post

3. Mengatur Ukuran Foto untuk Instastiry dengan Unfold

Aplikasi Unfold adalah salah apikasi yang mudah untuk digunakan mengubah ukuran Instastory. Karena bisa langsung menggunakan template yang tersedia, melakukan editing, sekaligus menambahkan berbagai jenis efek foto yang kekinian. Tidak hanya foto, bahkan bisa melakukan editing video dan membuat konten yang dikombinasikan dengan foto. Aplikasi ini terkenal dengan efek vintage dan film feed-nya yang bisa menghasilkan foto dengan efek visual seperti hasil kamera analog.

ukuran foto instastory unfold

4. Mengatur Ukuran Instastory dengan Canva

Canva adalah aplikasi untuk mengubah ukuran foto Instastory yang bisa diakses lewat aplikasi iPhone/ Android maupun lewat PC. Ada berbagai template yang bisa dipilih untuk bisa digunakan membuat materi grafis, termasuk template yang sesuai dengan ukuran foto untuk Instastory. Ada jutaan koleksi foto, gambar vektor dan ilustrasi untuk dijadikan sebagai materi desain grafismu. Semua foto dan gambar yang tersedia pada aplikasi Canva boleh digunakan secara bebas.

ukuran foto instastory canva

Fungsi & Fitur-fitur Instastory Terbaru

Tak disangka fitur di Snapgram semakin beragam dari waktu ke waktu. Para pengguna Instagram hampir keseluruhan dapat menggunakan fitur ini. Anda dapat menggunakan Instastory ini untuk kebutuhan sekedar senang-senang ataupun untuk berbisnis. Kini, dengan berbagai fitur yang ada Instastory Anda akan semakin berwarna, kreatif dan unik.

1. Fitur Call-to-Actions

Instagram story memiliki kemampuan untuk memasukan sebuah link untk profil bisnis Anda dan dapat mengajak pengikut Anda untuk mengunjungi web yang Anda cantumkan. Sebagaimana arti istilah call-to-action adalah panggilan untuk beraksi, Anda dapat mengajak para pengikut Anda untuk melakukan apa yang Anda ajak.

2. Fitur Behind The Scene dan Sneak Peek

Anda juga dapat menggunakan Instastory Anda untuk memperlihatkan apa yang terjadi pada keseharian Anda atau kehidupan bisnis Anda. Selain itu, dengan Instastory juga dapat menampilkan teaser produk yang akan Anda luncurkan. Teaser merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk membangun kemenarikan konten Anda dimasa depan dan produk-produk Anda.

3. Adanya Fitur Polls, Question, Quiz, Countdown dan Chat

Instagram Story Poll merupakan fitur terbaru yang dibuat Instagram. Fitur ini membuat kegiatan interaktif dengan cara menanyakan sebuah pertanyaan pada layar dan membiarkan teman Anda menjawab pertanyaan dengan YES dan NO. Fitur ini juga berfungsi untuk melihat ketertarikan follower terhadap produk yang akan Anda luncurkan. Kemudian ada Instagram Story Question merupakan fitur berupa tanya yang serupa AskFM. Teman Anda sesama pengguna Instagram memungkinkan untuk mengajukan pertanyaan melalui stories Instagram kepada Anda.

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur-fitur Terbarunya

Instagram Story Quiz yang merupakan fitur baru di mana pengguna bisa memberikan pertanyaan dan jawaban berupa multiple choice yang bisa dijawab oleh rekan Anda yang lainnya. Fitur ini biasa dimanfaatkan oleh merk tertentu untuk meningkatkan engagement kepada konsumennya. Kemudian ada Instagram Story Countdown yakni sebuah fitur yang membuat Anda bisa melakukan penghitungan mundur terhadap momen-momen penting.

Lalu Instagram Story Chat yang memungkinkan Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang terkait konten yang diunggah ke Snapgram Anda saat itu. Ketika konten sudah berhasil diunggah, akan muncul tulisan “Join Chat” dan apabila di-tap, para pengguna akan diarahkan ke ruang obrolan khusus yang sudah tersedia.

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur Terbarunya 2019 Fitur Chat

4. Memanfaatkan User Generated Content

Dengan menggunakan Instastory Anda dapat mendapatkan konten yang dihasilkan oleh audiensi dan juga pengikut Anda. Konten-konten tersebut berupa testimoni, review, konten komunitas, dan konten-konten lain. Memanfaatkan hal ini juga bisa dengan membuat kampanye lalu Anda meminta konsumen Anda membagikan foto konten tersebut ke media sosial mereka. Hal ini dapat meningkatkan penjualan Anda karena konsumen-konsumen lama Anda dapat memberi kepercayaan ke calon konsumen Anda.

5. Ukuran Foto Instastory Memanfaatkan Filter dan Sticker

Ini merupakan fitur terbaru yang cukup digemari saat ini. Instagram bekerja sama dengan puluhan creator pembuat filter dan stiker lucu. Utamanya fitur filter yang sangat digemari saat ini karena Instagram menyediakan berbagai filter AR, color, dan filter unik lainnya.

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur Terbarunya 2019 Fitur Filter

6. Fitur Instagram Live dan IGTV

Sebenarnya, sudah banyak aplikasi fitur live video di media sosial lain. Sepertinya Instagram melihat hal ini sebagai sebuah hal yang bisa dikembangkan. Akhirnya pada tahun 2016, Instagram merilis fitur Live Instagram yang bisa membuat Anda siaran langsung di Snapgram.  Kemudian, Instagram juga membeli fiturnya dengan IGTV, apa itu? Instagram TV/IGTV adalah fitur yang memperbolehkan pengguna mengupload video dengan durasi 1-60 menit. IGTV sendiri dibuat dengan format yang sama dengan Instagram Story, bedanya hanya ada pada durasi video. IGTV ini layaknya playlist video panjang seperti Youtube.

7. Mini Games di Instastory

Pernah bermain Truth or Dare? Nah, saat ini permain tersebu sudah bisa dimainkan secara online di Instagram Story. Caranya cukup mudah, Anda tinggal memilih fitur Truth or Dare yang sudah disediakan oleh Instagram. Kemudian, Anda bisa menantang teman Anda untuk memilih Truth (jujur) atau Dare (menerima tantangan). Seru bukan?

Ukuran Gambar Instastory dan Fitur Terbarunya 2019 Fitur Mini Games

Selain fitur Truth or Dare, Anda pun akan dimanjakan dengan fitur Tebak Gambar hingga mini games lain seperti Flappy Bird. Instagram tahu saat ini pengguna ingin beragam fitur yang unik di Instastory mereka. Sehingga Instagram terus mengembangkan fitur-fiturnya sesuai permintaan pengguna dan hal yang sedang populer saat itu.

Itulah tadi artikel tentang ukuran foto Instastory dan fitur-fitur terbarunya. Anda dapat membuat Instastory Anda lebih menarik untuk kepentingan pribadi atau bisnis Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram tersebut. Jadi, jangan bingung lagi untuk menentukan ukuran foto Instastory untuk kebutuhan Anda. 

Leave a Comment