5 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik 2020 (Paling Canggih!!)

Kamera pocket terbaik bisa Anda dapatkan dengan mudah saat ini. Dengan semakin banyaknya kamera pocket bagus yang menjamur di pasaran membuat Anda tidak pernah kehabisan pilihan soal jenis kamera yang satu ini. Oleh karenanya, Anda bisa memilih mulai dari harga 1 jutaan hingga puluhan juta untuk satu kamera pocket saja.

Kelebihan yang ditawarkan oleh kamera jenis ini adalah ringkas, mudah dan ringan ketika dibawa bepergian. Biasanya kamera pocket terbaik sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan lengkap dalam satu genggaman. Sehingga Anda tak perlu repot membawa ini-itu untuk menemani sesi memotret Anda.

kamera pocket terbaik 2019 paling canggih banget

Deretan kamera pocket terbaik ini bisa didapatkan dari berbagai merek, mulai dari merek Canon, Fujifilm, Nikon, dan sebagainya. Nah, kira-kira apa saja rekomendasi kamera pocket terbaik tahun 2020 ini yang layak Anda beli?

Daftar Kamera Pocket Terbaik 2020

Memilih kamera pocket terbaik memang gampang-gampang susah. Ada beberapa kriteria yang mesti Anda penuhi seperti kualitas gambar yang mumpuni karena dukungan sensor dan ISO yang bagu , fitur-fitur kamera seperti adanya image stabilizer hingga koneksi nirkabel, dan tentunya lensa kamera yang terdiri dari kemampuannya untuk zoom, fungsi makro hingga aperture yang mendukung. Tak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan portabilitas dan monitor LCD kamera yang tersedia.

1. Canon PowerShot SX730 HS

Harga: Rp 4.980.000

Dirilis pertengahan tahun 2017, Canon PowerShot SX730HS sudah dilengkapi dengan sensor CMOS beresolusi 20,3 megapiksel. Selain itu, kemampuannya 40x optical zoom sehingga kamera ini cocok untuk Anda yang membutuhkan zoom panjang. Namun, ada beberapa kelemahan dari kamera buatan Canon ini yakni ukuran sensornya yang kurang cocok untuk mengambil foto dalam kondisi kurang cahaya. Walaupun begitu, Anda masih bisa mengakalinya dengan membawa lampu tambahan lho ketika malam hari. Tentunya ini tak terlalu memperngaruhi dalam pemgambilan gamabr dan video sehari-hari.

Canon PowerShot SX730 HS

Monitor LCD pada Canon PowerShot SX730HS bisa dimiringkan hingga 180 derajat. Tak hanya kelebihan dari sektor LCD-nya, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan mode Self Potrait dan Smooth Skin yang menjadikannya sangat cocok untuk Anda para pecinta selfie. Fungsi koneksitas dari Wifi, NFC, dan Bluetooth juga sudah tersedia untuk Anda yang ingin langsung mentransfer foto ke ponsel.

2. Olympus Stylus SH-2

Harga: Rp 3.495.000

Olympus Stylus SH-2 sudah dilengkapi dengan stabilizer 5-axis yang mengoreksi getaran pada 5 sumbu sehingga mampu menghasilkan foto yang tajam meskipun tanpa menggunakan tripod. Fitur nightscape mode-nya juga ditambahkan pada generasi SH-2 ini. Semakin membuatnya sebagai kamera cocok untuk mengambil foto dengan berbagai scene malam hari seperti kembang api atau langit malam.

Olympus Stylus SH-2

Body-nya yang sangat ringkas membuat kamera ini juga praktis untuk dibawa sehari-hari bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku Anda. Tak pelak, juga disertai fungsi untuk mengambil foto dalam format RAW yang cukup jarang tersedia pada kamera pocket. Namun, sayangnya monitor LCD pada Stylus SH-2 tidak bisa diubah-ubah sudut kemiringannya.

3. Nikon COOLPIX A900

Harga: Rp 5.439.000

Dilengkapi sensor CMOS beresolusi 20 megapiksel serta kemampuan lensa superzoom dengan 35x optical zoom, Nikon Coolpix A900 sangat fleksibel digunakan untuk mengambil foto jarak dekat maupun jauh. Bodinya yang slim dan ringkas menjadikannya mudah dibawa dan digunakan sehari-hari. Namun, ukuran sensor 1/2,3 inci pada kamera ini menjadikannya tidak terlalu cocok untuk pengambilan foto dalam kondisi kurang cahaya.

Nikon COOLPIX A900

Nikon Coolpix A900 dilengkapi dengan monitor LCD yang bisa diubah-ubah sudut kemiringannya sehingga memudahkan pemotretan dari sudut yang sulit dijangkau sekalipun. Sedangkan untuk pengambilan video, Nikon A900 memiliki fitur 4K ultra-HD serta penstabil getaran 5-axis, cocok untuk Anda yang ini merekam video dengan kualitas tajam!

4. Canon PowerShot G7 X Mark II

Harga: Rp 6.850.000

Generasi kedua dari Canon PowerShot G7 X ini punya sensor berukuran 1 inci dan resolusi 20,1 megapiksel. Dengan lensa pada jarak fokus 24-100 mm, kamera ini mampu untuk mengambil foto jarak jauh dengan tajam. Tersedianya jendela bidik sekaligus monitor LCD berukuran 3 inci memberikan pilihan penggunaan yang bisa disesuaikan dengan preferensi Anda.

Canon PowerShot G7 X Mark II

Canon G7 PowerShot G7 X II hadir dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan para pesaing dikelasnya. Terbukti, kamera ini lebih populer dan disebut-sebut sebagai kamera pocket terbaik dibandingkan pesaing-pesaingnya. Bahkan kerap direkomendasikan oleh vlogger ternama di Youtube lho! Bentuknya yang lebih ringkas juga menjadikannya lebih mudah dibawa dan cocok untuk menemani perjalanan Anda maupun untuk pengambilan foto sehari-hari.

5. Fujifilm XQ2

Harga: Rp 4.299.000

Fujifulm XQ2 merupakan generasi kedua dari XQ sebelumnya. Desainnya yang pas digenggam juga simpel dan terhitung modern untuk kamera pocket terbaik. Dari tampilannya, kamera ini tidak tampak seperti sebuah produk yang meluncur tahun 2015 lho. Untuk hasil pengambilan gambarnya, kamera ini mampu menghasilkan bidikan yang tajam dan halus minim noise. Hal ini karena kamera sudah dibekali dengan sensor CMOS beresolusi 12.0 MP, shutter speed 1/4 – 1/4000 sec, Full HD Resolution, serta memiliki rentang ISO 100-12800.

fujifilm xq2

Kamera Fujifilm terkenal dengan mode fotonya yang cerah dan mewah. Tentunya hal ini bukan tanpa sebab, melainkan karena adanya fitur film simulation Fujifilm yang sudah diakui kualitasnya. Pada XQ2, Fujifilm menambahkan simulasi film Classic Chrome yang tidak terdapat pada versi XQ sebelumnya. Namun, sayangnya ketika Anda mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya maka akan banyak noise yang tercipta. Kemudian juga layarnya yang belum layar sentuh dan tak bisa diputar juga bisa jadi pertimbangan Anda.

Itulah tadi sederet kamera pocket terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Kalau Anda ingin menjadi ofotgrafer profesional maka Anda bisa membeli kamera DLSR terbaik untuk pemula. Namun pertimbangkan juga budget Anda ya!

Leave a Comment