7 Aplikasi Teleconference Terbaik Buat WFH di 2020!

Teleconference adalah pertemua secara online yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Bisa dikatakan kalau pertemuan online atau telekonferensi adalah online meeting. Di mana biasanya dilakukan menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference). Dalam telekonferensi ini dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama layaknya pertemuan biasa. Nah, untuk mendapatkan whiteboard yang sama ini Anda dan rekan bisa menggunaka aplikasi teleconference terbaik gratis di internet.

perangkat teleconference terbaik GAGASTEKNO

Pengertian Teleconference dan Jenis-jenisnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pertemuan jarak jauh biasanya digunakan untuk Anda yang perlu menghubungi seseorang yang terpisah wilayah, pulau hingga negara. Hal ini memungkinkan Anda bisa melakukan panggilan teleconference dengan mudah hanya berbekal koneksi internet saja. Selain itu, conference juga tidak terbatas dua orang. Kini ada aplikasi teleconference yang bisa mengikutsertaan anggota hingga 1000 user lho! Namun, sebelum membahas aplikasi teleconference terbaik 2020, berikut pengertian dan jenis-jenis telekonferensi.

Pengertian Teleconference adalah teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi. Adapaun jenis-jenisnya yaitu,

1. Audio Conference

Pengertian audio conference adalah teleconference yang dilakukan hanya melalui suara. Orang awam mengenal ini dengan panggilan suara. Biasanya menggunakan telepon sebagai mediumnya. Namun, teleconference ini berbeda dengan panggilan telepon biasa. Karena bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih. Kelebihan audio conference yakni lebih murah dan mudah digunakan.

2. Video Conference

Pengertian video conference adalah teleconference yang dilakukan melalui tatap muka secara online. Adanya video conference Anda dan rekan meeting Anda akan lebih interaktif karena bisa melihat wajah masing-masing. Interaksi yang tercipta pun tidak hanya dilakukan oleh dua orang, tapi bisa lebih dari itu. Komunikasi dua arah lewat video ini bisa membuat Anda dan rekan melakukan meeting lebih baik.

Rekomendasi 7 Aplikasi Teleconference Terbaik dan Gratis

Nah setelah tahu pengertian dan jenis-jenis teleconference, berikut aplikasi telekonferensi terbaik untuk Anda pakai agar meeting online Anda bisa berjalan dengan baik.

1. Zoom

Aplikasi Zoom atau Zoom Cloud Meetings cocok untuk Anda yang akan melakukan video conference, baik melalui HP ataupun laptop. Pada versi gratisnya, aplikasi ini mampu menampung puluhan perserta dengan durasi meeting hingga 30 menit. Bagi kamu yang biasanya work from home (WFH), aplikasi Zoom bisa sangat diandalkan. Aplikasi ini bisa digunakan di PC atau Hp kamu lho.

aplikasi zoom GAGASTEKNO

2. Google Meet

Selanjutnya kalau Anda perlu aplikasi rapat online bisa menggunakan Google Meet. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini bisa tersedia multiplatform. Di mana kamu bisa akses lewat browser PC, laptop, atau Hp. Keunggulan Google Meet yaitu langsung terhubung dengan akun gmail (Google ID) sehingga akan lebih mudah untuk memberikan undangan dan langsung melakukan video conference bersama rekan Anda.

3. Teleconference dengan Skype

Skype adalah aplikasi video call yang sudah ada sejak dulu. Aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi jadi salah satu aplikasi dengan fitur teleconference terbaik di dalamnya. Fitur video call dalam aplikasi Skype dapat digunakan secara gratis dengan kemampuan memuat anggota hingga 16 perserta. Saking populernya Skype, sudah banyak perusahaan teknologi yang menggunakan aplikasi dari Microsoft ini sebagai aplikasi komunikasi internal karyawannya.

aplikasi skype GAGASTEKNO

4. Cisco Webex Meeting

Cisco juga tak mau ketinggalan, lewat Cisco Webex kini Anda dan rekan kerja bisa langsung rapat online dengan mudah. Dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting Anda bisa mengundang hingga 25 peserta dalam satu video atau audio conference. Tak berhenti sampai di sana, Cisco juga menawarkan panggilan video dengan kualitas HD sehingga Anda bisa melihat wajah rekan Anda dengan jelas. Aplikasi ini bisa dioperasikan lewat Hp, laptop, PC hingga tablet.

5. GoToMeeting

Aplikasi selanjutnya yakni teleconference menggunakan GoToMeeting. Aplikasi conference terbaru ini bisa digunakan untuk PC, laptop, dan HP dengan berbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows, Mac OS, dan Android. Dengan GoToMeeting, Anda juga bisa menjadwalkan rapat dengan kolega. Aplikasi ini bisa digunakan tanpa mendaftar dan gratis. Terdapat berbagai fitur mulai dari presentasi, maket, dan laporan pada sesi meeting. Pada saat rapat berlangsung, Anda bisa memilih mengobrol dengan salah satu peserta atau semua orang yang ikut dalam pertemuan.

6. Facetime

Jika Anda dan rekan sama-sama menggunakan perangkat MacOS, maka menggunakan aplikasi Facetime bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi video call ini sudah populer di berbagai negara dan bisa langsung langsung di gunakan di perangkat Apple kamu tanpa repot. Selain ke MacBook, Anda juga bisa melakukan panggilan ke sesama teman yang menggunakan ekosistem Apple, seperti iPad dan iPhone yang menggunakan iOS.

aplikasi facetime GAGASTEKNO

7. Teleconference dengan Join.me

Kemudian ada Join.me yang merupakan aplikasi pertemuan online terbaru. Aplikasi ini bisa didapatkan gratis untuk pengguna individu (dengan fitur terbatas). Fitur yang bisa Anda dapat yakni memiliki hingga tiga peserta pertemuan. Sementara kalau Anda membeli versi premium terdapat fitur tambahan seperti mampu mengundang hingga 250 perserta dalam pertemuan Anda dan termasuk kemampuan rekaman rapat tersebut.

Itulah tadi aplikasi teleconference terbaik yang bisa Anda dapatkan. Untuk Anda yang WFH aplikasi di atas bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan kolega dan rekan bisnis Anda. Kalau Anda WFH, tak hanya aplikasi teleconference saja yang penting tapi juga sinyal internet. Oleh karenanya, dukungan router wifi terbaik juga perlu sebagai perangkat penunjang WFH Anda.

Leave a Comment