12 Jenis Kabel Listrik Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Jenis kabel listrik ada bermacam-macam dan benda ini sangat berguna untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Sudah tentu masyarakat modern tidak bisa hidup tanpa keadaan listrik karena hampir semua alat yang dibutuhkan untuk keseharian menggunakan listrik. Mulai dari hiburan hingga untuk minum, listrik sangat berguna untuk kehidupan manusia kini.

Untuk menghantarkan listrik, kita memerlukan sebuah benda yang dinamakan kabel. Benda ini tidak hanya berfungsi untuk menghantarkan listrik, namun juga penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena.

Oleh karena itu, kami menghadirkan sebuah artikel bagi Anda yang setia pada kami yakni jenis kabel listrik. Artikel ini sangat informatif dan menambah pengetahuan sehingga dapat membantu Anda memahami bagaimana kabel dan listrik itu digunakan. Sudah tidak sabar ? Baiklah, berikut penjelasannya.

Jenis Kabel Listrik

Berikut ini 12 jenis kabel listrik yang biasa digunakan di rumah, kantor, dan industri.

1. Jenis Kabel NYA

Kabel jenis ini adalah salah satu jenis kabel listrik tunggal yang banyak digunakan untuk instalasi listrik pada rumah. Diameter kabel listrik ini biasanya 1,5 mm hingga 2,5 mm. Untuk isolatornya, kabel jenis NYA ini menggunakan material yang dinamakan PVC. Isolator jenis kabel ini memiliki kode warna yang menunjukkan bahan yang digunakan. Warna-warna yang digunakan diantaranya adalah merah, kuning, biru, hitam. Salah stau kekurangan jenis kabel ini adalah mudah rusak akibat goresan, cuaca, dan juga gigitan tikus. Hal ini dikarenakan oleh lapisan yang hanya satu lapis. Sebaiknya pasangkan pada saluran tertutup jika Anda menggunakan kabel listrik jenis NYA.

jenis kabel listrik

2. Jenis Kabel NYM

Kabel listrik jenis ini memiliki lebih dari satu inti. Kabel ini umumnya digunakan untuk instalasi pada gedung. Masing-masing inti pada kabel jenis ini dilapisi oleh isolator. Bagian paling luar pada kabel jenis NYM adalah isolasi PVC yang melapisi keseluruhan kabel. Kabel jenis ini jauh lebih nyaman digunakan karena melapisi setiap inti kabel dengan isolator. Oleh karena itu, kabel NYM memiliki harga yang lebih mahal daripada kabel listrik jenis NYA.

jenis kabel listrik

3. Jenis Kabel NYY

Kabel jenis ini didesain untuk digunakan di dalam tanah atau kebutuhan outdoor. Akan tetapi, agar penggunaan kabel ini lebih aman, disarankan untuk menggunakan pipa PVC ataupun pipa besi untuk melindungi kabel ini terutama jika Anda menggunakan listrik bertegangan tinggi. Karena diperuntukkan untuk medan yang lebih kering dan lembab, kabel NYY memiliki isolator yang kuat dari gigitan tikus.

jenis kabel listrik

4. Jenis Kabel NYAF

Kabel listrik jenis ini didesain untuk komponen listrik yang membutuhkan fleksibilitas tinggi. Kabel jenis NYAF memiliki 1 inti dan 1 lapis konduktor. Panel power umumnya menggunakan kabel NYAF. Kabel ini tidak cocok digunakan di luar ruangan dengan kondisi kering dan basah karena lapisan isolasinya hanya 1 lapis.

jenis kabel listrik

5. Jenis Kabel NYFGby/NYRGbY/NYBY

Kabel ini dapat digunakan di dalam tanah tanpa pelindung tambahan. Namun, menrut spesifikasi jenis kabel listrik ini hanya mampu ditanam di dalam tanah pada kedalaman mencapai 0,8 meter saja. Apabila menggunakan kabel ini harus melintasi jalan raya, Anda tetap harus menggunakan pelindung lagi seperti pipa PVC.

jenis kabel listrik

6. Jenis Kabel NYCY

Kabel NYCY dirancang atau dibuat untuk penggunaan dalam ruangan, tanah, ataupun di outdoor. Kabel jenis ii terdiri penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Hebatnya, kabel ini memiliki ketahanan yang baik sehingga dapat terjaga pada segala kondisi cuaca.

jenis kabel listrik

7. Jenis Kabel BC

Kabel ini memiliki konstruksi yang kuat dan tidak mudah putus karena konduktasinya terdiri dari pilinan kabel yang disatukan. Pada umumnya kabel ini memiliki diameter mulai dari 6 hingga 500 mm. Kabel BC sering digunakan sebagai kabel penghantar untuk menangkal petir pada gedung dan bangunan tinggi.

jenis kabel listrik

8. Jenis Kabel AAAC

Bahan kabel ini adalah dari almunium-magnesium-silikon yang mana merupakan bahan logam campuran sehinga menghasilkan konstruksi kuat dan anti karat. Kabel jenis AAAC memiliki durabilitas yang tinggi dan juga sangat baik ketika digunakan sebagai penangkal petir.

jenis kabel listrik

9. Jenis Kabel ACSR

Kabel ACSR memiliki material yang terbuat dari alumunium. Kabel ini umumnya digunakan untuk saluran translisi dengan tegangan tinggi. Selain itu, kabel ini dapat melintang diantara dua menara distribusi. Untuk arus tegangan sangat tinggi tentunya sangat cocok ketika menggunakan kabel ACSR.

jenis kabel listrik

10. Jenis Kabel ACAR

Kabel ini memiliki bentuk yang mirip dengan kabel ACSR. Tidak hanya bentuknya yang mirip, kabel ACAR memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel ACSR, namun kualitas dari kabel ini lebih baik karena material yang digunakan adalah logam campuran.

jenis kabel listrik

11. Jenis Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO merupakan kabel yang sering digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga yang hanya memerlukan arus rendah. Kualitas kabel jenis ini tergantung dengan kualitas materialnya. Biasanya kabel ini digunakan untuk kabel auto-video, sound system, dan berbagai rangakaian pada alat elektronik yang lainnya. Namun, kabel ini mudah panas, maka dari itu hindari penggunaan pada arus tinggi.

jenis kabel listrik

12. Jenis Kabel NYMHY

Kabel listrik NYMHY atau NYYHY sering digunakan untuk keperluan listrik untuk rumah tangga. Pemasangannya biasanya dilakukan di atap atau di dinding ruangan. Kabel ini terdiri dari beberapa kabel ini yang dilapisi dengan isolasi PVC. Kabel listrik jenis ini hanya digunakan untuk listrik berdaya 900 watt ke bawah.

jenis kabel listrik

Bagian Bagian Kabel Listrik

Kabel listrik sebagai penghantar listrik memiliki bermacam-macam jenis dan juga fungsinya. Umumnya kabel listrik terbagi dua bagian utama, diantaranya ialah isolator dan konduktor. Selain itu, kabel listrik memiliki spesifikasi, ukuran, dan kapasitas yang beragam. Isolator pada kabel listrik merupakan bagian yang tidak menghantarkan ars listrik dimanaterdapat pembungkus kabel yang terbuat dari thermoplastik. Isolator yang baik menandakan kualitas kabel yang Anda gunakan.

Sebaliknya, bagian konduktor merupakan bagian yang mampu menghantarkan arus listrik. Bagian ini biasanya memiliki material dari tembaga atau juga alumunium. Paramter dari konduktansi atau daya hantar dari kabel ditentukan oleh Kemampuan Hantar Arus (KHA). Kemampuan daya hantar sebuah kael listrik ditentukan oleh beberapa hal diantaranya adalah bahan konduktor dan diameter kabel konduktor. Oleh karena itu, semakin besar diameter sebuah kabel maka semakin tinggi arus listrik yang dilalui kabel tersebut.

Di samping itu, kualitas sebuah kabel juga ditentukan oleh material yang digunakan oleh kabel tersebut. Tingginya kualitas sebuah kabel ditentukan oleh kualitas material kabel tersebut. Material kabel yang digunakan oleh produsen-produsen kabel biasanya menggunakan tembaga murni dan juga tembaga emas.

Kesimpulan

Dalam memilih kabel listrik sesuaikan dengan daya listrik yang digunakan oleh rumah tangga Anda. Jika salah memilih dapat membahayakan, oleh karena itu carilah informasi sebelum membeli kabel listrik. Demikian artikel Gagastekno tentang jenis kabel listrik. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment