Waspadai Penyebab Vape Meledak! Sangat Berbahaya!

Vape merupakan sebuah alat yang kini memiliki banyak peminatnya. Benda ini merupakan teknologi terkini untuk mereka yang ingin merasakan alternatif merokok. Vape atau sering yang disebut sebagai vaporizer digadang-gadang menjadi rokok sehat oleh beberapa pihak. Hal ini terjadi karena vape ditengarai memiliki sedikit kandungan-kandungan yang berbahaya tidak seperti rokok. Namun, walaupun kandungan bahaya tidak lebih banyak dari rokok tembakau, Vape, karena ini barang elektronik, komponen-komponen dan pemakaian serta perawatannya, harus diperhatikan karena jika tidak mod-nya dapat meledak. Ini sangat membahayakan. Pada artikel ini kami akan membahas tentang penyebab vape meledak. Kami harap artikel ini dapat memberikan informasi agar Anda dapat terhindar dari hal-hal yang berbahaya dan merugikan.

Waspadai Penyebab Vape Meledak! Sangat Berbahaya!

Penyebab Vape Meledak

Yang membahayakan dari vape yang meledak ini adalah ledakannya yang seperti petasan. Bayangkan saja ledakan petasan ukuran sedan dan bahkan besar yang terjadi di dekat Anda Maka dari itu, Anda harus mengenali penyebabnya agar Anda terhindar dari hal ini. Sebelumnya sudah ada beberapa kasus vape meledak. Salah satunya adalah kasus yang terjadi di Inggris. Vape yang dihisap oleh pengguna tersebut meledak di mulut. Oleh karena itu Anda tidak boleh membeli vape sembarangan. Untuk itu, belilah vapor yang berkualitas. Bila Anda sedang mencari vape yang berkualitas, Anda dapat klik ini.

Bila ditilik lagi, penyebab vape meledak terjadi karena kesalahan si pemakainya sendiri, namun seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa jangan memilih vape sembarangan, penyebab vape meledak itu juga karena vape-nya itu sendiri. Berikut penyebab-penyebab vape meledak.

1. Jenis Mod Vape

Ada dua jenis vape yang beredar dipasaran diantaranya adalah electrical mod dan mechanical mod. Bila dilihat secara harga, mod mekanikal memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding mod vape elektrikal. Namun, sebisa mungkin Anda jangan tergiur dengan harga yang murah. Tetap pilih mod vape yang berkualitas walaupun harganya agak sedikit mahal. Bagi Anda para pemula, sebaiknya Anda memilih mod vape elektrik karena mod vape jenis ini memiliki indikator baterai dan tingkat suhu sehingga Anda dapat memastikan keadaan mod vape yang Anda gunakan.

Waspadai Penyebab Vape Meledak! Sangat Berbahaya!

2. Charging yang Terlalu Lama

Ketika mengisi daya, sebaiknya jangan terlalu lama karena pada dasarnya vape merupakan alat elektronik yang pengoperasiannya menggunakan baterai. Seperti apa yang ada pada smartphone, overcharging dapat merusak baterai. Baterai vapor yang rusak gejalanya adalah mudah kepanasan. Oleh karena itu, jika baterai vape penuh, sesegera mungkin lepas lah kabel chargernya.

3. Baterai yang Tidak Sesuai

Penyebab vape meledak yang lain adalah baterai yang tidak sesuai. Baterai memiliki bahan kobalt dengan rangkaian proteksi yang kuat. Proteksi yang kuat ini ada karena cobalt ini memiliki toleransi stres yang terbatas dari bahan yang lain. Namun, bila baterai yang Anda gunakan dipaksa menerima beban ohm yang kecil, kemungkinan besar rangkaian proteksi yang melindungi cobalt tersebut akan rusak, dan ini mengakibatkan ion cobalt keluar dan menimbulkan ledakan.

4. Kesalahan Pengaturan Pada Mod Vapor

Mengeluarkan asap pada vape lebih banyak akan terasa menyenangkan bagi para vape. Oleh karena itu, para penggunanya suka mengutak-atik dan memodifikasikan mod vapornya. Salah satu proses pengaturan atau pemodifikasian mod vape ini adalah dengan mengganti kawat atau coil. Hal ini ditujukan untuk memicu pembakaran yang lebih besar. Namun, Anda harus hati-hati, karena bila terjadi kesalahan pemasangan seperti koil tidak sesuai dengan mod akan menyebabkan ledakan pada vape Anda. Sebenarnya, jika Anda ingin asap yang keluar dari vape lebih banyak, Anda tidak perlu memodifikasi mod vape Anda.

Waspadai Penyebab Vape Meledak! Sangat Berbahaya!

5. Melakukan Charging dan Vaping Secara Bersamaan

Satu lagi hal yang menjadi penyebab vape meledak. Penyebab ini sering terjadi pada pengguna vape pemula. Mungkin karena ingin menghisap aroma vape yang jauh lebih enak dan harum daripada asap rokok, atau ingin merasakan sensasi shisha tanpa harus memiliki alat penghisap shisha yang berukuran besar. Aktivitas ini dapat menyebabkan baterai bocor. Baterai yang bocor ini jika digunakan berkali-kali dapat menyebabkan vape meledak.

Kesimpulan

Sebenarnya jika digunakan dengan cermat, vape merupakan barang yang aman digunakan. Namun, seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa jika Anda baru ingin mencoba vape, kami sarankan beli vape elektronik yang sudah terdapat LCD indikator baterai dan suhu. Demikian artikel kami tentang penyebab vape meledak. Kami harap Anda memakainya dengan lebih hati-hati dan cermat agar keselamatan Anda terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment