Pengertian Kabel Cross & Fungsinya dalam Jaringan Komputer

Jika sebelumnya kita sudah mempelajari urutan kabel Straight dan kabel Cross atau Crossover saat memasang kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kali ini GagasTekno akan fokus membahas kabel Cross secara rinci. Kabel Cross atau biasa disebut Crossover adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel yang dipilin. Berbeda dengan kabel Straight, Cross memiliki urutan warna berbeda di kedua ujung kabelnya.

Pengertian & Fungsi Kabel Cross

Fungsi kabel Cross berbeda dengan kabel Straight. Cross berfungsi menghubungkan 2 perangkat yang sama, contohnya menghubungkan PC ke PC, laptop ke laptop, Switch ke Switch, dan lain sebagainya. Biasanya kabel ini digunakan untuk membangun jaringan komputer. Membangun jaringan komputer dengan kabel memiliki kelebihan tersendiri. Jaringan kabel bisa menyuplai kebutuhan jaringan hingga ke pelosok yang belum memiliki sarana AP atau Access Point untuk menunjang jaringan wireless. Membangun jaringan dengan Kabel UTP dan kabel urutan Cross maupun Straight juga lebih murah dibanding Wireless. Kelebihan dari membangun jaringan komputer menggunakan kabel adalah bisa mentransmisikan data lebih stabil dan tidak terpengaruh cuaca.

Cara Memasang Kabel LAN Urutan Kabel Cross

Pengertian & Fungsi Kabel UTP

Kabel UTP adalah jenis kabel jaringan yang memiliki inti terbuat dari bahan pengantar tembaga. Setiap inti sudah dilapisi dengan bahan plastik dan saling terbungkus untuk melindungi kabel dari kerusakan fisik. Fungsi kabel UTP sama dengan STP (Shielded Twisted Pair) yaitu untuk mentransmisikan data dari sumber ke perangkat penerima. Kabel UTP dan STP memungkinkan gelombang elektromagnetik bisa dipandu secara fisik dari satu perangkat ke perangkat lain. Kabel UTP ini terdiri dari 4 pasang kabel yang masing-masing salah dipilin (terbelit). Kabel UTP terdiri dari 8 warna berbeda, yaitu oranye, putih oranye, putih hijau, hijau, biru, putih biru, coklat, dan putih coklat.

Cara Memasang Kabel LAN Urutan Kabel Cross

Urutan Kabel Cross

Hal yang perlu diingat sebelum memasang kabel UTP dengan urutan Cross adalah, jenis kabel ini memiliki kombinasi atau urutan warna berbeda di setiap ujungnya. Berikut ini urutan kabel UTP saat memasang kabel jaringan jenis Cross:

Urutan Kabel Cross PertamaUrutan Kabel Cross Kedua
1. Putih Oranye

2. Oranye

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Coklat

8. Coklat

1. Putih Hijau

2. Hijau

3. Putih Oranye

4. Biru

5. Putih Biru

6. Oranye

7. Putih Coklat

8. Coklat

Jika Anda masih bingung, berikut ini kami ilustrasikan gambar kabel urutan cross untuk memudahkan Anda mengurut kabel UTP dengan benar:

Cara Memasang Kabel LAN Urutan Kabel Cross

Cara Memasang Kabel UTP Dengan Urutan Kabel Cross

Sebelum memasang kabel UTP ke konektor RJ45, Anda harus persiapkan beberapa perangkat yang dibutuhkan. Persiapkan peralatan seperti kabel UTP, konektor RJ45, Crimping Tool, alat pengupas kabel, dan kabel tester. Siapkan empat konektor RJ45 karena jika proses penyambungan dua konektor sebelumnya, Anda masih memiliki 2 konektor cadangan lainnya. Setelah semua perangkat siap, Anda harus tahu urutan kabel yang diinginkan. Jika Anda ingin membuat kabel Cross, pastikan Anda menggunakan kabel UTP untuk menghubungkan dua perangkat yang sama.

Untuk memasang kabel UTP ke RJ45 dengan jenis Cross, ikuti langkah berikut ini:

  1. Kupas kabel UTP sampai Anda bisa menemukan 4 pasang kabel dengan warna berbeda-beda
  2. Susun kabel dengan urutan Cross. Pastikan warna kedua ujung kabel disusun berbeda
  3. Jika bingung, ikuti urutan kabel yang sudah dijelaskan di atas
  4. Setelah itu masukan setiap ujung kabel ke konektor RJ45
  5. Setelah kabel masuk dengan sempurna, kunci dengan Crimping Tool
  6. Pastikan kedua ujung kabel diperlakukan sama
  7. Setelah memastikan kabel terpasang dengan benar ke konektor, lalu tes dengan kabel tester untuk mengetahui apakah kabel sudah terhubung dengan benar atau belum.

Kabel Cross memiliki fungsi berbeda dengan kabel Straight. Selain itu, urutan kabel jenis Cross dan Straight juga berbeda. Kabel Cross digunakan untuk menghubungkan dua jenis perangkat yang sama, seperti komputer ke komputer atau Switch ke Switch. Sedangkan urutan kabel Straight untuk menghubungkan dua perangkat berbeda seperti komputer dengan Switch.

Memahami perbedaan kabel urutan Cross dan Straight sangat penting jika Anda ingin membangun suatu jaringan komputer. Memasang kabel UTP ke konektor RJ45 dengan urutan Cross dan Straight juga membutuhkan ketelitian tinggi. Jika asal-asalan, bisa jadi kabel UTP Anda tidak bisa digunakan dan Anda harus mengulangi proses pemasangan kabel UTP lagi dan lagi.

Leave a Comment