Cara Memperbaiki Headset Rusak Agar Menjadi Normal Kembali

Headset merupakan alat yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat perkotaan. Sepertinya orang-orang perkotaan tidak bisa meninggalkan musik. Mereka menggunakan headset untuk mendengarkan musik dimana saja. Mulai di kantor sambil mengerjakan tugas, di kendaraan umum, atau ketika berkendara. Namun, headset memiliki desain yang cukup ringkih. Apalagi ketika kita menyimpannya dalam keadaan tidak baik. Kabel headset bisa tertekuk, tertarik, konslet, atau kawat kuningan yang putus. Bila Anda ingin masih menggunakan headset Anda yang kabelnya terputus, apakah masih bisa digunakan atau diperbaiki? Tentu saja bisa. Artikel ini membahas cara memperbaiki headset rusak menjadi normal kembali. Jika Anda ingin memperbaiki hearset Anda, cukup ikuti artikel ini sampai selesai.

Cara Memperbaiki Headset Rusak Agar Menjadi Normal Kembali

Cara Memperbaiki Headset Rusak yang Kabelnya Terputus

Sebelumnya siapkan beberapa alat seperti solder, timah, selotip kabel, selotip bening (opsional), gunting, dan korek api. Lalu setelah alat-alat tersebut sudah disiapkan ikuti langkah-langkah ini.

1. Cek sumber kabel rusak dengan cara menyambungkan headset rusak tersebut ke hp Anda, lalu coba gunakan dengan volume keras.
2. Lalu tekuk kabelnya. Cek sampai suaranya keluar kembali.
3. Jika sudah menemukan sumber kerusakan pada kabel, gunting kabel yang rusak, pisahkan kabel tersebut.
4. Buka kulit kabel headset bagian luar.
5. Biasanya kabel tersebut terdapat pelindung. Bakar pelindung tersebut dengan korek api.
6. Sambungkan kabel tersebut sesuai warnanya. Contoh: warna kuning dengan kuning, dan semacamnya.
7. Selanjutnya tes suara kabel tersebut dengan menyambungkan ke HP. Bila masih rusak, cabut sambungan kabel yang terpasang, bakar kembali kabel tersebut, dan sambungkan kembali.
8. Jika sudah nromal, Anda dapat menyolder hasil sambungan tersebut.
9. Lapisi solatip bening untuk memisahkan satu kabel dengan yang lain.
10. Lapisi dengan solatip hitam.

Cara Memperbaiki Headset yang Lepas dari Konektornya

Bila kerusakan ada pada konektor, Anda dapat mengganti dengan konektor jack 3.5mm lain yang dapat Anda beli di toko listrik. Selain itu, jika kabel konektor kepala headsetnya putus, Anda dapat memperbaikinya dengan menyoldernya ulang.

Cara Memperbaiki Headset Rusak Agar Menjadi Normal Kembali

Demikian artikel ini yang membahas cara memperbaiki headset rusak agar menjadi normal kembali. Tidak Ada salahnya bila Anda mencoba. Semoga berhasil.

Leave a Comment