Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis? Smartphone dirancang dengan kemampuan yang semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kita menggunakan perangkat tersebut untuk berbagai macam hal seperti mendengarkan musik, menonton film dan video, melihat-lihat media sosial, mengunjungi website, bermain game, berbalas pesan, hingga pengembangan terbaru yakni augmented reality.

Satu hal yang perlu disayangkan adalah kemampuan baterai hp untuk bisa mendukung semua fungsinya dengan maksimal. Solusi tercepat untuk masalah ini adalah dengan membeli hp yang dibekali dengan kapasitas baterai besar, atau hp yang didukung dengan teknologi fast charging sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama ketika mengisi daya hp.

Untungnya masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat daya pada baterai hp. Setidaknya dengan mengetahui cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis, maka Anda tak mematikan hp di saat yang sangat penting. Mari simak tips berikut ini.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis: Aplikasi yang Menghabiskan Baterai

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Dengan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, artinya Anda bisa memasang banyak sekali aplikasi di dalam hp Anda. Namun di antara aplikasi tersebut ada beberapa yang menyebabkan baterai hp menjadi cepat habis tanpa Anda ketahui.

Anda dapat mengetahui daftar aplikasi mana yang menyerap daya baterai paling banyak dengan cara masuk ke bagian Battery pada menu Settings. Ketika sebuah aplikasi Anda gunakan dengan frekuensi yang cukup sering, maka aplikasi tersebut akan ada di puncak dari daftar tersebut. Nah, jika Anda mendapati adanya suatu aplikasi yang jarang digunakan namun memakan daya baterai cukup banyak, maka aplikasi tersebut adalah dalang dari borosnya baterai hp Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut atau dengan mengupdate-nya dan berharap pengembang aplikasi telah memperbaiki aplikasinya.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis: Mengaktifkan Mode Power Saving

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Saat ini, hampir semua hp Android dilengkapi dengan mode power saving atau penghemat daya. Ketika Anda mengaktifkannya, hp Anda akan menghilangkan beberapa animasi, mematikan sinkronisasi background, mematikan layanan lokasi, dan mengurangi tingkat kecerahan layar. Hal tersebut dilakukan untuk bisa memberikan konsumsi daya yang lebih hemat. Pada beberapa hp, mode ini akan menyala secara otomatis ketika baterai hp sudah ada di tingkat 15%. Akan tetapi, jika memang Anda ingin menghemat baterai untuk hari yang panjang, maka Anda bisa mengaktifkannya secara manual melalui menu pengaturan.

Beberapa hp yang ada di pasaran seperti Samsung juga menyediakan mode Ultra Power Saving yang mana lebih ekstrim daripada mode yang disebutkan di atas. Mode ini pada dasarnya mengubah hp pintar Anda menjadi hp standar di mana yang bisa Anda lakukan hanya mengirim pesan dan menelepon.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis: Pengaturan Layar

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Sebagian besar hp di era modern saat ini hadir dengan fitur untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan mendeteksi kondisi cahaya di sekitarnya secara otomatis atau Auto Brightness. Apabila Anda ingin menjaga daya baterai hp agar kuat sepanjang hari, maka Anda bisa mengaturnya secara manual ke tingkat rendah karena hal tersebut bisa memberikan perbedaan besar. Pertahankan tingkat kecerahan layar serendah mungkin adalah ide yang bagus, kecuali memang Anda harus meningkatkan kecerahannya di suatu tempat yang sangat cerah seperti di bawah sinar matahari.

Selain itu Anda juga bisa menghemat baterai hp dengan cara mengubah interval layar mati secara otomatis untuk meminimalisir penggunaan baterai ketika layar menyala pada kondisi idle. Anda bisa mengubah pengaturan tersebut menjadi 10 detik untuk bisa lebih menghemat daya baterai hp. Anda dapat mengubah pengaturan tersebut dengan masuk ke bagian Display pada menu pengaturan hp.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis: Pemeliharaan Baterai

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Banyak sekali hp Android yang memang dibekali dengan kapasitas baterai berukuran besar. Akan tetapi setelah beberapa waktu, mungkin satu atau dua tahun, baterai tersebut akan melemah dan tidak akan bertahan selama seperti hp baru, jika baterai tersebut tidak dirawat. Penelitian menunjukkan bahwa baterai cenderung berkurang performanya ketika temperatur hp naik. Bahkan faktor eksternal seperti ketika Anda menaruh hp di dashboard mobil, hal tersebut juga bisa mempengaruhi usia baterai.

Oleh karena itu Anda perlu menjaga suhu hp dengan cara tidak menempatkannya di tempat yang panas. Atau jika temperatur hp memanas ketika Anda sedang menggunakannya untuk bermain game, mungkin Anda perlu berhenti sejenak dan mengistirahatkan hp hingga suhunya kembali normal.

Selain itu pola pengisian daya baterai juga berpengaruh terhadap usia baterai. Jangan menunggu baterai benar-benar habis untuk mengisinya. Anda bisa mulai mengisi ulang daya baterai ketika berada di tingkat 40% atau lebih rendah. Selain itu usahakan untuk mengisi daya baterai hingga mencapai 100%.

Leave a Comment