Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop Windows dengan Mudah

Bagaimana cara menyambungkan WiFi ke laptop dengan mudah ? Bagi para pengguna internet, istilah WiFi tentunya sudah melekat di kepala mereka. WiFi sendiri merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Teknologi ini memungkinkan pengguna internet untuk berselancar di dunia maya tanpa harus terhubung dengan kabel seperti apa yang dilakukan para pengguna internet beberapa tahun lalu.

Seperti apa arti dari kata Wireless yang berarti nirkabel atau tanpa kabel. Dengan jaringan ini Anda cukup mengkoneksikannya melalui pengaturan yang Ada pada perangkat mobile atau komputer desktop Anda. Dibanding dengan penggunaan internet satu dekade lebih yang lalu yang mana masih membutuhkan kabel LAN, dengan menggunakan WiFi, berinternet pun dapat dilakukan dimana saja asal tempat yang Anda kunjungi memiliki radio gelombang sinyal WiFi.

cara menyambungkan wifi ke laptop

WiFi sendiri tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, namun dapat digunakan unutk transfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lain sebagai contoh transfer data dari laptop ke smartphone atau sebaliknya. Dengan menggunakan teknologi ini Anda tidak perlu mentransfer data dengan menggunakan flash disk atau hard disk eksternal walaupun ada teknologi nirkabel lain seperti Bluetooth.

Alih alih mentransfer dengan cepat, menggunakan Bluetooth akan terasa lebih lama daripada dengan menggunakan WiFi apalagi mentransfer data dengan kapasitas besar yang mencapai ukuran gigabyte.

Sebelumnya kami juga sudah menulis artikel tentang WiFi. Bagi Anda yang ingin membaca artikel tersebut Anda dapat mengunjunginya di sini. Pada artikel ini Anda akan kami jelaskan bagaimana cara menyambungkan WiFi dengan mudah pada perangkat terutama laptop karena cara menyambungkan WiFI pada laptop ada beberapa metode. Tak hanya itu, jika Anda menemukan permasalahan, kami akan memberikan informasi mengenai troubleshooting-nya.

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

1. Nyalakan WiFi pada Laptop

Pada dasarnya, WiFi yang ada pada laptop dapat anda aktifkan atau deaktifkan. Laptop tidak akan dapat menangkap sinyal WiFi bila Anda mendeaktivasi WiFi laptop Anda. Sebelumnya, kami sarankan laptop Anda sudah ada fitur penangkap sinyal WiFi atau belum. Bahwasannya, laptop keluaran terkini sudah dilengkapi oleh teknologi ini. Anda cukup mencari ikon garis empat buah yang merupakan indikator bahwa perangkat penangkap sinyal WiFi sudah bisa diaktivasi atau belum pada Task Bar.

cara menyambungkan wifi ke laptop

Jika sudah klik ikon tersebut pilih WiFi yang Anda inginkan, bila memerlukan kode password, masukkan kode password tersebut. Begitulah cara menyambungkan WiFi ke laptop yang pertama. Lalu yang kedua, adalah cara menyambungkan WiFi ke laptop melalui Control Panel.

2. Melalui Control Panel

Cara menyambungkan WiFi ke laptop dengan mudah kedua adalah dengan melalui Control Panel. Jika Anda belum menemukan ikon tersebut, Anda dapat membuka menu Control Panel dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Control Panel. Bila Anda masih menggunakan Windows 7, Anda dapat membukanya melalui Start Menu > Control Panel. Jika Anda menggunakan Windows 8 membuka menu ini melalui Charm Bar Setting > Control Panel. Untuk pengguna Windows 10, Anda dapat melakukannya dengan membuka Power User dengan cara menekan WinKey + X, lalu pilih Control Panel
  2. Selanjutnya jika sudah menemukan menu tersebut buka Network and Internet > Networking and Sharing Center
  3. Klik Change Adapter Setting yang dapat Anda temukan pada kiri dalam jendela Networking and Sharing Center
  4. Pada opsi tersebut Anda akan menemukan beberapa ikon, pilih ikon Wireless Network Connection
  5. Klik Connect/Disconnect
  6. Setelah diklik, Anda akan menemukan beberapa pilihan hotspot yang dapat Anda pilih.
  7. Klik pilihan hotspot tersebut dan klik Connect setelahnya
  8. Jika membutuhkan password, Anda dapat memintanya ke administratornya
  9. Tunggu hingga terkoneksi.

Troubleshooting: Mengatasi Laptop Tidak Terhubung Ke WiFi

Terkadang ketika sudah kita set ke hotspot, laptop kita masih saja tidak terhubung dengan sinyal WiFi tersebut. Kemungkinan bila hal ini terjadi, terdapat beberapa permasalahan yang ada pada laptop atau router WiFi yang Anda miliki. Di bawah ini beberapa penyebab lain mengapa hal tersebut dapat terjadi.

1. Router

Ketika Anda periksa laptop Anda tidak bermasalah, kemungkinan yang bermasalah adalah routernya. Namun sebelumnya, Anda dapat memastikannya juga dengan menyambungkan koneksi WiFi Anda ke router lain atau hotspot dari thetering smartphone yang Anda miliki. Jika ketika tidak ada masalah dengan router atau smartphone Anda, kemungkinan besar permasalahan memang ada di router-nya.

cara menyambungkan wifi ke laptop

2. Virus

Bila disambungkan ke router lain juga tidak bermasalah, kemungkinan terdapat virus atau malware yang menghambat koneksi WiFi Anda. Lakukan Winsock Reset untuk mengatasinya dengan cara pergi ke menu Run dengan menekan tombol WinKey + X pada keyboard. Selanjutnya buka Command Prompt dengan mengetik cmd pada box. Setelah Command Promptnya muncul, ketik “netsh winsock reset”. Setelah itu restart laptop Anda.

3. IP Address

Penyebab lainnya adalah IP Address yang Anda gunakan. Terkadang IP Address yang digunakan mengalami konflik sehingga WiFi tidak bisa terkoneksi. Walaupun begitu Anda tetap bisa mengatasinya dengan mengatur ulang alamat IP dan DNS Server di laptop Anda. Caranya dengan menuju Control Panel > Network and Internet > Networking and Sharing Center > Change Adapter.

4. Driver WiFi

Hal lain yang menyebabkan WiFi tidak bisa terkoneksi dengan baik adalah driver WiFi yang ada pada laptop Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menginstal ulang driver WiFi yang ada pada laptop Anda dengan menggunakan CD driver laptop Anda.

Demikian artikel dari Gagastekno mengenai cara menyambungkan WiFi ke laptop. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Anda bisa langsung mempraktekannya langsung sesegera mungkin. 

Leave a Comment