Cara Merawat Printer yang Mudah Agar Tetap Awet

Cara merawat printer sebenarnya gampang-gampang susah, karena jika Anda salah memperlakukannya bisa-bisa berakibat fatal. Sebenarnya Anda dapat melakukannya menurut buku panduan yang Anda dapatkan ketika Anda membelinya. Dengan mengikuti apa yang buku panduan katakan, kemungkinan besar Anda akan menambah umur printer yang Anda gunakan sehari-hari. Tapi bagaimana jika buku panduannya hilang? Tak usah khawatir, kami dari tim Gagastekno ingin memberikan tips dan trik agar printer yang Anda gunakan akan tetap awet. Mari ikuti kami.

Cara Merawat Printer yang Mudah Agar Tetap Awet

Cara Merawat Printer

1. Pakailah Printer Anda Secara Teratur

Dengan menggunaan printer Anda secara teratru, printer yang Anda gunakan akan menjadi lebih awet. Mengapa bisa begitu? Printer yang jarang digunakan menyebabkan tinta pada printer menjadi mengering yang akan mengakibatkan tersumbatnya aliran tinta pada catridge. Menjaga pemakaian printer setidaknya sekali seminggu, akan membuat lancar jalannya tinta yang melewati nozle. Namun jika tersumbat, Anda harus mengganti catridge printer Anda dengan yang baru.

2. Pengisian Tinta Secara Runtin Pada Catridge

Hal yang sering kita sering lakukan ketika memiliki printer adalah lupa mengisi tinta. Hal ini mengakibatkan udara menyelinap masuk kedalam selang pengisian tinta yang ada pada printer Anda sehingga jalan tinta akan tidak sempurna. Untuk menghindari hal ini terjadi Anda setidaknya mengisi setengah tabung tinta untuk membuat printer Anda menjadi lebih awet.

3. Mematikan Printer dengan Benar

Matikan printer Anda dengan menekan tombol power (On/Off). Dengan mematikan printer Anda dengan menekan tombol power, printer Anda akan membersihkan headnya secara otomatis. Hal ini berfungsi agar menjaga agar head catridge tetap bersih dari debu dan kotoran. Kami sarankan jangan pernah Anda mematikan printer Anda dengan mencabut kabel listrik secara langsung ketika proses pembersihannya masih berlangsung. Ini akan menyebabkan kerusakan pada head karena head dipaksa untuk berhenti.

4. Menjaga Kebersihan Printer

Printer adalah perangkat elektronik yang sangat sensitif dan rentan terhadap kotoran dan benda-benda asing yang dapat masuk kedalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya printer ditutup atau dilapisi dengan plastik atau kain agar keseluruhan bagian printer tercegah akan masuknya kotoran, debu, dan benda-benda lainnya.

Cara Merawat Printer yang Mudah Agar Tetap Awet

5. Menjaga Roller dan Tempat Masuknya Kertas

Ketika setelah menggunakan printer kita seringkali melupakan hal yang paling penting, yaitu menginggalkan sisa kertas pada head printer. Mengapa hal ini harus diperhatikan? Karena kertas yang tertinggal itu akan terkena debu dan kotoran dan lama-lama roller printer Anda akan terkena kotoran tersebut sehingga roller printer Anda akan menjadi aus dan semakin susah membaca dan menyalurkan kertas.

Cara Merawat Printer yang Mudah Agar Tetap Awet

Demikian cara merawat printer dengan mudah agar printer Anda tetap awet. Sekarang waktunya untuk dicoba.

Leave a Comment