Apa itu Hp Refurbished ? Apa Bedanya sama Hp Original ?

Untuk Anda yang gemar memantau perkembangan teknologi hp pastinya pernah dengar istilah hp refurbished. Apa itu hp refurbished ? Apa bedanya dengan hp baru atau original ? lalu apa ciri cirinya ? Kali ini Gagastekno mau menjelaskan semuanya lengkap di artikel ini.

Apa yang Dimaksud Hp Refurbished ?

Salah satu merk hp yang paling banyak dan sering menjual produk refurbished adalah iPhone dari Apple Inc. Pengertian hp refurbished adalah hp bekas yang ditarik produsen dari konsumen karena ada cacat minor atau hasil klaim garansi (tukar produk rusak dengan baru). Produk yang rusak kemudian diperbaiki sesuai dengan prosedur resmi yang ada dan dites secara menyeluruh sebelum dijual kembali.

Pengertian Hp Refurbished dan Ciri Cirinya

Biasanya hp kondisi refurbished yang dijual kembali adalah hp keluaran lama atau 2 generasi sebelum model terbaru beredar. Contohnya, jika saat ini iPhone yang ada di pasaran adalah iPhone 8 dan 8 Plus, maka produk refurbished yang banyak dijual ke pasaran adalah iPhone 6s atau 6s Plus. Kenapa tidak ada iPhone generasi terbaru refurbished yang dijual ? Alasannya sederhana, yaitu karena proses perbaikan hp bekas dalam jumlah besar memakan waktu lama. Selain itu, jika produk refurbished generasi terbaru dijual dikhawatirkan akan merusak harga produk versi originalnya.

Bagaimana Ciri Ciri Hp Refurbished ?

Merujuk pada produk hp iPhone, biasanya hp kondisi refurbished dijual kembali dengan tampilan dus yang berbeda. Kemasan produk dibuat berbeda dari versi original sehingga pembeli dapat dengan mudah mengenali apakah produk yang dibeli baru atau hasil refurbished. Jika ada produsen yang nakal menjual produk refurbished sebagai produk baru, mereka bisa kena sangsi atau di blacklist di beberapa negara.

Pengertian Hp Refurbished dan Ciri Cirinya

Ciri utama hp refurbished biasanya tercantum tulisan keterangan refurbished pada dusnya. Seperti contohnya iPhone refurbished pada dusnya pasti tercantum tulisan “Apple Certified Pre-Owned.” Selain daripada itu, tidak ada lagi ciri lain yang membedakan hp refurbished dari hp baru. Ketika dus dibuka Anda akan mendapatkan aksesoris pendukung original seperti charger, kabel, dan lainnya.

Perbedaan Hp Refurbished dan Hp Rekondisi

Selain refurbished ada juga istilah hp rekondisi. Meski keduanya sama-sama barang bekas namun kedua jenis barang ini berbeda. Hp refurbished adalah hp bekas yang ditarik dan diperbaiki oleh produsen atau pemilik merk resmi. Karena ditangani oleh produsennya langsung, proses perbaikan tentunya ditangani secara profesional melalui prosedur yang legal dan dapat dipercaya. Selain memperbaiki hp yang rusak, produsen resmi biasanya memberi tambahan garansi selama 1 tahun.

Pengertian Hp Refurbished dan Ciri Cirinya

Berbeda dari hp refurbished, hp rekondisi adalah hp bekas yang diperbaiki oleh pihak lain di luar produsen atau pemilik merk. Hp rekondisi biasanya diperbaiki oleh pihak yang tidak jelas keahliannya dan tidak ada pengawasan kualitas yang jelas. Selain itu, garansi yang diberikan biasanya hanya garansi toko.

Kelebihan dan Kekurangan Hp Refurbished

Sebenarnya tidak hanya iPhone yang menjual produk refurbished, namun karena harga jual iPhone baru tinggi maka peminat iPhone refurbished masih cukup banyak. Hal ini karena banyak yang penasaran mencoba iPhone namun karena tidak punya bujet lebih sehingga akhirnya rela menunggu versi refurbished. Sebelum membeli iPhone refurbished ada baiknya Anda tahu kelebihan dan kekurangan hp refurbished.

Kelebihan Hp Refurbished

  • Harga jauh lebih murah dibanding versi original atau baru
  • Mendapat garansi 1 tahun dari produsen atau pemilik merk resmi
  • Mendapat aksesoris original seperti kabel, charger, dan lainnya
  • Harga jual kembali tetap tinggi (khusus untuk iPhone). Harga jual kembali iPhone lawas tetap stabil meski produknya sudah diluncurkan 2 atau 3 tahun lalu.

Kekurangan Hp Refurbished

  • Barang bekas bukan baru. Mau bagaimanapun juga yang namanya hp kondisi refurbished pasti adalah hp bekas jadi cukup mengurangi kebanggaan Anda untuk memilikinya
  • Kualitas di bawah standar produk baru, karena yang namanya barang bekas lalu diperbaiki otomatis barang tersebut tidak sesuai standar produksi yang diinginkan
  • Rawan disusupi hp rekondisi. Karena bisa saja ada penjual yang mengaku menjual hp refurbished padahal hp yang dijual adalah barang rekondisi.

Leave a Comment