Apa itu Chipset pada Hp Android / iPhone ? Apa Fungsinya ?

Kali ini Gagastekno tertarik ingin membahas tentang chipset. Apa itu chipset ? Apa fungsi chipset pada hp Android atau iPhone ? Nama atau istilah chipset mungkin sangat sering kalian temui ketika membaca artikel tentang hp pintar atau smartphone. Apa pengertian chipset ? Apa bedanya chipset dan SoC ?

Apa itu Chipset ?

Apa itu chipset ? Apa perbedaan chipset dan SoC ? SoC adalah singkatan dari System on Chip. SoC sendiri adalah nama lain dari chipset. Nah, jika dulu Anda sering bongkar atau rakit komputer desktop pasti tidak asing dengan komponen utama komputer yaitu motherboard. Di dalam motherboard ada processor, RAM, VGA card, dan lain sebagainya. Hp atau smartphone bekerja seperti komputer. Namun, karena tidak mungkin memasukan komponen besar seperti motherboard, processor, RAM, VGA, dan lain sebagainya ke dalam hp maka diciptakanlah chipset.

Apa itu Chipset

Chipset adalah suatu chip silikon yang di dalamnya terdapat berbagai komponen pendukung hp atau smartphone. Jadi bisa dibilang, chipset atau SoC adalah versi mini dari motherboard beserta seluruh isinya. Alasan hp menggunakan chipset adalah supaya bisa menghemat tempat dan daya. Kebayang dong kalau hp menggunakan motherboard, processor, RAM, dan VGA secara terpisah pasti ukurannya jadi lebih besar dan boros baterai.

Apa isi Chipset Hp Android / iPhone ?

Chipset atau SoC sebenarnya tidak hanya digunakan di hp saja. Belakangan ini, chipset juga digunakan di komputer. Hanya saja yang membedakan fungsi chipset di komputer tidak sebesar di hp. Chipset komputer hanya bertugas mengontrol CPU, grafis, suara, dan memori saja. Sedangkan, chipset hp punya tugas lebih banyak yaitu: mengontrol CPU, grafis melalui GPU, memori, USB, sensor-sensor, processor image untuk kamera, GPS, dan modem LTE.

Secara umum, chipset hp terdiri dari: CPU, grafis GPU, Memori RAM (subsystem), GPS Location, Image Processor, modem LTE atau WiFi, dan Digital Signal Processor (DSP) yang tugasnya mengatur kerja CPU dan GPU. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contoh isi chipset berikut ini:

Apa itu Chipset Snapdragon
Chipset Snapdragon
Apa itu Chipset Mediatek
Chipset Mediatek
Apa itu Chipset Chip A12 Bionic
Apple Chip A12 Bionic

Fungsi Komponen di Dalam Chipset

Setidaknya ada 4 komponen utama yang wajib ada di dalam chipset, apa itu ? Komponen itu adalah CPU, GPU, ISP, dan DSP. Apa fungsi masing-masing komponen chipset tersebut ?

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah komponen utama dari chipset. CPU bertugas untuk memerintah komponen lain untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. CPU biasanya memiliki beberapa unit core untuk membantu mengkomandoi beberapa komponen secara bersamaan. Kebanyakan CPU di dalam chipset saat ini punya 8 buah core. Masing-masing core punya ciri khas masing-masing, ada yang handal untuk mengerjakan tugas berat ada juga yang handal bekerja secara efisien.

2. GPU (Graphics Processing Unit)

GPU tugasnya berhubungan dengan tampilan visual pada layar. GPU bertanggung jawab agar grafis 3D atau 2D tersaji mulus di layar. GPU bekerja seperti seorang desainer yang menentukan bagus atau tidaknya gambar saat ditampilkan pada layar. Semakin bagus GPU, maka semakin mulus kualitas grafis saat memainkan game berat.

3. ISP (Image Signal Processor)

ISP bekerja layaknya sebuah otak untuk kamera. ISP bertugas untuk menentukan kualitas foto, mengarahkan lensa, menentukan fokus. Jadi, bagus atau tidaknya foto bukan hanya berasal dari lensa atau resolusi, namun juga ISP yang ada di dalam chipset.

Apa itu Chipset Kamera ISP
Ilustrasi Chipset saat mengatur sensor kamera

4. DSP (Digital Signal Processor)

DSP bertugas untuk mengatur kerja chipset secara keseluruhan. Misalnya jika Anda sedang menggunakan kamera, maka DSP akan bekerjasama dengan ISP dan CPU untuk mengontrol kerja kamera. Kemudian, jika Anda sedang menggunakan aplikasi yang ringan, DSP akan memerintahkan CPU agar hanya mengaktifkan core dengan efisiensi tinggi saja. Sementara itu, jika Anda bermain game DSP akan mengatur kerja GPU dan memerintahkan CPU untuk memaksimalkan core performa dan core efisien jika dibutuhkan.

Chipset Paling Laku di Pasaran

Banyak produsen chipset atau SoC ternama di dunia, di antaranya: Qualcomm Snapdragon, Mediatek, Apple Chip, Exynos, dan Kirin. Dilihat dari persaingannya di pasaran, Qualcomm Snapdragon adalah chipset yang paling banyak digunakan di dunia. Qualcomm Snapdragon punya pangsa pasar 42%. Di posisi kedua Apple Chip dengan pangsa pasar 20%. Kemudian posisi selanjutnya ada Mediatek 14% dan Exynos dari Samsung punya pangsa pasar 11%. Setelah itu, di posisi paling bawah ada HiSilicon Kirin dari Huawei 8% dan sisanya ada merk lain.

Leave a Comment