Tips Memilih Ukuran Microwave & Jenisnya Sesuai Kebutuhan

Microwave sering dianggap sama seperti Oven padahal keduanya berbeda. Cara kerja, hasil masakan, bahkan hingga ukuran Microwave pun berbeda dari oven. Microwave adalah peralatan memasak yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Pemanasan dimulai dari bagian dalam makanan lalu keluar sehingga bisa membuat makanan matang sempurna. Microwave disarankan untuk memanaskan makanan, jika untuk membuat kue, dikhawatirkan kurang sempurna hasilnya. Microwave juga bisa memanaskan makanan lebih cepat, sehingga tidak akan menguras banyak energi listrik.

Ukuran Microwave

Tidak seperti oven yang memasak makanan dari luar, Microwave memasak makanan dari dalam. Microwave bekerja dengan memancarkan gelombang radiasi gelombang mikro. Gelombang tersebut kemudian akan membuat molekul air di dalam bahan makan saling berbenturan sehingga menghasilkan panas. Microwave sangat tepat untuk menghangatkan sup atau memanaskan makanan beku supaya mudah diolah.

Memilih Ukuran Microwave Sesuai Kebutuhan

Untuk menentukan ukuran Microwave yang tepat sangat bergantung dengan kebutuhan Anda. Jika Anda terbiasa menghangatkan makanan berukuran besar, disarankan untuk memilih Microwave ukuran besar. Selain itu, bentuk Microwave juga berbeda-beda, ada yang memanjang ada yang menyempit di belakang. Namun secara umum ukuran Microwave terdiri dari 3 pilihan yaitu:

  • Ukuran Microwave Kecil, memiliki kapasitas kurang dari 25 liter. Jika besar makanan yang ingin dipanaskan tidak terlalu besar. Ukuran Microwave ini cocok untuk Anda. Terlebih lagi untuk ukuran rumah tangga, ukuran sebesar ini cukup ideal untuk penggunaan sehari-hari
  • Ukuran Microwave Sedang, memiliki kapasitas 25 liter – 40 liter. Jika Anda sering menggunakan Microwave untuk memanaskan makanan cukup besar seperti misalnya ayam 1 ekor, Microwave sebesar ini pas untuk Anda
  • Ukuran Microwave Besar, memiliki kapasitas lebih dari 42 liter. Microwave sebesar ini cocok untuk memanaskan makanan berukuran besar dan banyak. Jika Anda berkecimpung di dunia kuliner, pilihlah Microwave ukuran besar karena bisa mengakomodasi menghangatkan makanan dalam jumlah besar.

Ukuran Microwave

Jenis Microwave Terbaik

Jenis-jenis Microwave bisa dibedakan menjadi 3 berdasarkan fungsinya. Selain Microwave konvensional, ternyata ada juga jenis Microwave lain yang memiliki fitur lebih lengkap. Berikut ini jenis-jenis Microwave berdasarkan fungsinya:

  • Microwave konvensional. Dilihat dari fungsinya Microwave biasa ini bisa untuk menghangatkan serta memanaskan makanan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Microwave biasa untuk mencairkan makanan beku (frozen food)
  • Microwave Grill. Jika Microwave biasa hanya bisa menghangatkan makanan, Microwave jenis ini juga bisa untuk memanggang makanan. Memangang makanan memang tidak bisa di Microwave biasa, karena jika pintu Microwave dibuka saat dioperasikan pasti makanan tidak bisa matang sempurna
  • Microwave Convection. Microwave ini adalah gabungan antara oven dan microwave. Selain mengeluarkan radiasi gelombang elektromagnetik, Microwave ini juga menghembuskan udara panas seperti oven sehingga hasil makanan bisa matang sempurna baik di luar maupun dalam. Microwave Convection cocok untuk hasilkan makanan yang renyah.

Cara Merawat Microwave

Sama seperti peralatan elektonik pada umumnya, Microwave juga butuh perawatan supaya bisa bekerja optimal terus menerus. Selain itu, karena bekerja dengan suhu panas bukan berarti peralatan elektronik bebas dari berbagia macam bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Sumber bakteri yang ada di dalam Microwave bisa berasal dari sisa makanan, saus, atau remahan makanan yang mungkin tersisa. Untuk membersihkan Microwave dan membunuh bakteri berbahaya di dalamnya bisa dengan cara berikut ini:

  1. Persiapkan mangkuk dan isi setengahnya dengan air
  2. Potong lemon menjadi dua, lalu peras ke dalam mangkuk berisi air tersebut
  3. Setelah itu tambahkan dua sendok makan baking soda
  4. Masukan mangkuk ke dalam Microwave lalu setel pada suhu tinggi selama 2 hingga 5 menit hingga mendidih dan menghasilkan uap
  5. Setelah selesai, diamkan selama kurang lebih 5 menit
  6. Uap lemon dan baking soda akan membunuh bakteri yang ada di dalam Microwave
  7. Setelah 5 menit, keluarkan mangkuk dan bersihkan Microwave dengan kain basah.

Ukuran Microwave

Memilih ukuran Microwave dengan jenisnya dibutuhkan ketelitian tinggi. Jika salah membeli Microwave pasti sangat merugikan. Jangan sampai Microwave yang Anda beli tidak bisa memenuhi kebutuhan masak memasak di rumah. Beli Microwave yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membelinya secara online, pastikan informasi yang disajikan sudah sangat lengkap.

Leave a Comment