Review Xiaomi Mi TV 4A, Harga Murah, Apa Kelebihannya?

Seakan tidak mau kalah dan tinggal diam, setelah mengeluarkan produk-produk seperti smartphone dan kamera mirrorless, Xiaomi merambah ke pertarungan Smart TV untuk menantang produk-produk keluaran produsen-produsen yang sudah bermain di bidang ini sejak lama. Smart TV besutan Xiaomi ini menyematkan stereo speaker 16 W yang bertenaga. Untuk resolusi Xiaomi Mi TV 4A ini masih menggunakan resolusi 1366 x 768. Xiaomi MI TV 4A dapat dikatan sebagai Smart TV 32 inci yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau untuk spesifikasi di kelasnya. Artikel ini akan membahas review Xiaomi Mi TV 4A. Untuk lebih lengkapnya ikuti kami.

Review Xiaomi Mi TV 4A, Harga Murah, Apa Kelebihannya

Review Xiaomi Mi TV 4A (Performa dan Desain Mi TV 4A)

Jika dilihat dari sisi penampilan, Mi TV 4A tampak tidak berbeda dengan TV LED lain. Bodi yang didominasi warna hitam menjadi TV ini tampak apik nan elegan. Smart TV ini sengaja menghadirkan antarmuka yang familiar untuk para calon penggunanya yang belum pernah menggunakan Smart TV. Oleh karena itu, TV ini mampu merauk pasar yang luas.

Karena panelnya masih menggunakan panel LED beresolusi HD, warna hitam yang dihadirkan oleh smart TV ini tidak seperti apa yang ditampilkan TV OLED yang warna hitamnya sangat pekat. Warna hitam yang ditampilkan oleh TV ini masih terlihat hitam keabu-abuan. Selain itu, warna yang nampak pada Mi TV 4A cukup detail, namun kecerahannya agak kurang baik. Hal yang menurut kami sayangkan pada Mi TV 4A ini adalah material kakinya yang terbuat dari plastik walaupun beberapa kompetitornya menggunakan materal yang sama. Namun, walaupun sama-sama menggunakan plastik, kaki untuk penyangganya terasa ringkih.

Smart TV besutan Xiaomi ini memiliki kelengkapan yang tergolong cukup. Anda akan melihat ada tiga buah port HDMI, dua port USB 2.0, port AV dengan tiga warna (merah, putih, kuning), dan port Ethernet. Walaupun terkesan ketinggalan zaman karena port AV-nya, Xiaomi percaya diri bahwa Mi TV 4A ini akan mampu menarik perhatian konsumen yang masih menggunakan port tersebut.

Mi TV 4A juga mendukung konektivitas nirkabel dengan WiFi dual-band dan Bluetooth. Hal ini dapat menghubungkan jaringan WiFi dengan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Hal yang membuat smart TV ini menakjubkan dalam hal konektivitas internet adalah, ketika menghubungkan ke jaringan WiFi dengan jalur 5 GHz, internetnya berjalan cukup baik.

Karena Mi TV 4A adalah TV pintar, Xiaomi ingin menghadirkan remote dengan desain yang minimalis. Material yang digunakan untuk remote ini juga menggunakan plastik. Tombol yang disediakan juga tidak banyak. Anda akan melihat dua buah tombol lingkaran besar di bagian tengah yang berfungsi sebagai tombol navigasi. Tak hanya itu, TV ini sudah mendukung Google Assistant yang responnya cepat dan akurat selama artikulasi pengucapannya cukup jelas.

Review Xiaomi Mi TV 4A, Harga Murah, Apa Kelebihannya

Review Xiaomi Mi TV 4A (Software Xiaomi Mi TV 4A)

Software yang digunakan oleh smart TV MI TV 4A ini mengadopsi sistem operasi Android dengan antarmuka Patchwall. Antarmuka Patchwall adalah antarmuka yang Xiaomi hadirkan untuk televisi yang menampilkan desain interaktif ketika mengakses aplikasi. Untuk mengaktifkan antarmuka ini, Anda dapat melakukannya pada menu pengaturan. Bisa dikatakan Patchwall bukanlah antarmuka default yang dihadirkan oleh Xiaomi. Pada dasarnya antarmuka dasar yang digunakan smart TV besutan Xiaomi ini menggunakan Android sebagaimana apa yang digunakan smart TV lainnya. Sebagai tambahan, pada smart TV ini terdapat fitur memory cleaner yang dapat Anda temukan pada smartphone.

Review Xiaomi Mi TV 4A, Harga Murah, Apa Kelebihannya

Kesimpulan

Bisa disimpulkan Xiaomi Mi TV 4A merupakan smart TV yang memiliki teknologi terkini dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat menggunakan fitur seperti Google Assistant pada TV dengan harga kurang dari 2 juta. Di samping itu, port yang digunakan cukup banyak. Bagi Anda yang masih bermain game dengan konsol gaming lama seperti Playstation 2 yang masih menggunakan port AV, Mi TV 4A tentu saja menawarkan fasilitas untuk itu. Bagi kami, Xiaomi Mi TV 4A memiliki banyak kekurangan dari segi material dan tampilan antarmuka yang kurang cantik, tapi walaupun memiliki kekurangan yang cukup nampak jelas, Xiaomi Mi TV 4A tetap bisa dijadikan TV pilihan untuk Anda yang sedang ingin berhemat.

Demikian artikel Gagastekno tentang review Xiaomi Mi TV 4A. Bagaimana? Sudah memutuskan untuk membeli produk ini?

Leave a Comment