PS4 Ori VS PS4 Hen? Kenali Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda tahu perbedaan PS4 Ori atau PS4 Hen? Sebelum Anda membeli, Anda harus mengetahui perbedaan keduanya. Terlebih untuk Anda yang sedang mencari PlayStation 4 secondhand atau versi fat, mengetahui perbedaan PS4 hen atau ori sangatlah perlu. Sebenarnya PS4 hen atau jailbreak adalah mesin PS4 original yang telah dimodifikasi agar bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh PS4 yang tidak dimodifikasi seperti memainkan game bajakan, menggunakan cheat, dan yang lainnya. Tentu mesin yang telah dimodifikasi punya kelebihan ataupun kekurangan. Pada kesempatan kali ini, kami dari Gagastekno akan membahas perbedaan keduanya beserta kelebihan dan kekurangannya. Mau tahu lebih lengkapnya? Mari ikuti artikel berikut hingga akhir.

PS4 Hen

Apa Itu PS4 Hen?

Walaupun game original PS4 banyak peminatnya, peredaran PS4 hen cukup massif. Hal ini dikarenakan harga baru game original PS4 yang tergolong tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa pihak yang berpikir untuk memodifikasi PS4 mereka agar bisa memainkan game bajakan. Walaupun memainkan bajakan merupakan tindakan yang tidak legal, hal ini bisa mengurangi budget terutama bagi pemiliki rental PS4. PS4 jailbreak ini juga menawarkan beberapa fitur yang tak akan Anda temukan pada PS4 resmi. Nah, apa sajakah perbedaan PS4 original dengan PS4 Hen? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Kelebihan PS4 Hen

1. Bisa Menggunakan Cheat

PS4 Hen

Beberapa game sangat seru dimainkan ketika menggunakan cheat, sebut saja salah satunya GTA V. Dari seri GTA III di PlayStation 2, seri ini memang membuat para gamers ketagihan karena gameplaynya yang memungkinkan Anda melakukan apa saja di dunia yang begitu luasnya. Dengan menggunakan cheat, para gamers bisa melakukan hal lain yang lebih absurd dan terkadang mengundang gelak tawa. Atau cheat juga bisa digunakan untuk para gamers yang tidak ingin bersusah payah menjalankan misi di sebuah game. Akan tetapi, bermain game menggunakan cheat adalah sebuah tindakan curang dan tidak sportif.

2. Budget Lebih Murah Tanpa Harus Membeli Blu-Ray Disc

Nah, ini salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih memilih PS4 jailbreak dibandingkan PS4 resmi. Terutama bagi sebagian yang memiliki usaha rental, langkah ini bisa menghemat anggaran beberapa kali lipat. Coba saja, apabila mengunduh game atau membeli di toko game bajakan Anda hanya mengeluarkan Rp 35 ribu. Berapa uang yang bisa Anda tabung ketika harga game original dengan harga sekitar 600 ribuan Rupiah? Akan tetapi tindakan ini tidaklah kami anjurkan. Game original kini bisa diakses dengan lebih mudah, dan beberapa developer atau publisher tidak jarang menawarkan game-game mereka secara gratis. Tidak ada salahnya bukan membeli game original?

3. Dapat Memainkan Game Lawas Melalui Emulator

Penggunaan hard drive dimulai pada konsol game generasi 6 (PS2, Xbox, dan Game Cube). Dengan menggunakan hard drive, para gamers bisa menyimpan gamenya di dalam storage HDD atau bisa menginstal emulator untuk bermain game lawas. Bermain game lawas ini sebenarnya sudah bisa dilakukan di konsol Xbox. Bagi Anda yang ingin bernostalgia memainkan game PS2 atau bahkan PSX, PS4 yang sudah dimodifikasi memungkinkan Anda untuk itu.

PS4 Hen

Selain ada kelebihannya, tentu ada kekurangan dari PS4 ini. Apa sajakah itu?

Kekurangan PS4 Hen

1. Rawan Freeze, Hang, dan Tidak Jarang Suka Shutdown Secara Otomatis

Sebagaimana PS4 hen, barang yang sudah diutak-atik tentu selalu meninggalkan cacat. Tidak jarang Anda menemukan konsol game yang me-restart sendiri, hang, bahkan freeze. Tentu hal ini akan mengganggu keasyikan bermain game. Bermain game pada PS4 hen bagi kami tidaklah direkomendasikan karena beberapa masalah ini.

2. Tidak Bisa Online

Salah satu hal yang paling mengasyikan dari PS4 adalah fitur online-nya. Banyak game-game seru di PS4 yang bisa dimainkan secara online. Sebut saja seri FIFA atau PES, seri Tekken dan masih banyak lagi yang bisa meningkatkan kemampuan para gamers karena bisa berkompetisi dengan orang di seluruh dunia. Kekurangan dari PS4 jailbreak atau hen ini adalah penghilangan fitur online. Tidak menggunakan fitur online ini tentu akan mengurangi keasyikan bermain PS4.

3. Harus Mengupate Firmware Hen

Ini kekurangan yang menurut kami Anda sebisa mungkin tidak membeli PS4 hen. Beberapa game hanya bisa dimainkan apabila Anda sudah meng-update firmware PS4 Anda, meski kemungkinan besar para cracker bisa menemukan firmware hen terbaru.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak kekurangan PS4 yang sudah di-crack ini. Menurut kami, membeli PS4 resmi adalah pilihan yang tepat, meskipun Anda harus bersabar untuk menabung membeli game baru karena harga gamenya yang cenderung relative mahal.

Leave a Comment