Merk USB Hub Terbaik: Cara Memilih & Rekomendasi Terbaru 2020

USB Hub terbaik mudah ditemukan di berbagai tempat. Apa itu USB Hub? USB Hub adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan USB ke peripheral tambahan untuk PC atau laptop Anda. Adanya USB Hub ini sebagai port USB tambahan karena port USB yang ada pada laptop atau PC jumlahnya terbatas.

Beberapa dari Anda sering menghubungkan komputer dengan banyak perangkat peripheral semacam flashdisk, kabel USB, mouse, dan sebagainya akan sangat bergantung pada USB Hub terbaik. Dengan USB Hub Anda bisa menghubungkan banyak perangkat USB di komputer dengan hanya memanfaatkan satu lubang port USB di PC atau laptop Anda.

Saat ini, kebanyakan USB Hub terbaik yang ada di pasaran sudah mendukung port USB 2.0 atau 3.0. Perbedaan di antara keduanya adalah dari segi kecepatan transfer data. USB Hub dengan port USB 3.0 dapat mentransfer data hingga 5 kali lebih cepat dari USB 2.0. Ciri-ciri USB Hub dengan USB 3.0 adalah memiliki lubang port USB berwarna biru.

Cara Memilih USB Hub Terbaik Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli USB Hub terbaik yang akan Anda bawa pulang, alangkah baiknya Anda mengetahui cara memilih USB Port bagus. Tujuannya tentu agar Anda tidak salah pilih dan menyesal pada pilihan Anda.

1. Pilih USB Hub Terbaik yang Sesuai Kebutuhan

Untuk memilih USB Hub terbaik harus menyesuaikan dengan kebutahan Anda. Setiap USB Hub memiliki jumlah dan jenis port USB yang berbeda. Jika Anda termasuk orang yang sering mencolokan banyak perangkat ber-USB di komputer, ada baiknya membeli USB dengan banyak port. Namun, jika Anda lebih sering mentrasfer data dalam jumlah besar, pilihlah USB Hub yang sudah mendukung USB 3.0, atau yang lebih tinggi.

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

Ada satu fakta menarik bahwa tidak semua perangkat ternyata mendukung USB 3.0. Untuk mendapatkan kecepatan transfer data yang maksimal, Anda harus menghubungkan USB Hub 3.0 ke perangkat yang juga mendukung USB 3.0. Jadi, ketika dicolokan ke perangkat dengan USB 2.0 kecepatan transfer datanya akan sama saja.

2. Mengetahui Apakah USB Hub Punya Daya Tambahan atau Tidak

Selanjutnya, yakni mengetahui apakah USB Hub yang akan dibeli memiliki kabel daya atau Power Supply tambahan. USB Hub yang menggunakan Power Supply tambahan sangat cocok jika digunakan untuk menghubungkan beberapa hard disk eksternal ke satu komputer. Asupan daya tambahan pada USB Hub berfungsi untuk menjaga performa transfer data tetap stabil, terutama saat intens digunakan untuk transfer data berukuran besar. Namun, ada beberapa USB Hub yang tidak menggunakan Power Supply tambahan karena konsumsi listrik sepenuhnya dipasok dari port USB komputer Anda.

Rekomendasi USB Hub Terbaik

USB Hub terbaik 2019 untuk PC atau laptop harus aman digunakan. Selain itu, USB Hub harus memiliki performa stabil karena fungsinya menghubungkan banyak perangkat USB ke dalam satu port USB saja. Jika performanya tak stabil, pastinya akan menggangu kegiatan Anda seperti mouse ngadat atau transfer data gagal sebelum selesai. Selain harus aman, USB port terbaik adalah penggunaan material. Jika USB Hub terbuat dari bahan plastik abal-abal sangat besar kemungkinan akan rusak dalam waktu dekat. Berikut Gagastekno kasih rekomendasi USB Hub terbaik 2019 yang bagus!

1. Micropack MH-V34

Harga terbaru: Rp 420.000

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

USB Hub dibekali empat buah port USB sehingga Anda bisa mencolokan 4 perangkat sekaligus ke dalam satu port USB di komputer. Keempat port USB sudah mendukung USB 3.0 yang mana bisa mentransfer data hingga 10 kali lebih cepat dari USB 2.0.

2. USB Hub 4 Port Terbaik Orico W8PH4

Harga terbaru: Rp 200.000

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

USB Hub dari Orico seri W8PH4 memungkinkan Anda menyediakan 4 port USB tambahan untuk komputer atau laptop. USB Hub 4 Port terbaik ini digunakan di komputer dengan sistem operasi macOS atau Windows. Selain itu,  semua port USB yang ada di Orico seri W8PH4 sudah mendukung USB 3.0. Tak hanya bisa digunakan oleh port USB 3.0, tapi juga bisa digunakan oleh port USB 2.0 dan USB 1.1.

3. D-Link DUB-1341

Harga terbaru: Rp 400.000

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

USB Hub D-Link seri DUB-1341 memiliki empat buah port USB yang semuanya sudah berjenis USB 3.0. Untuk transfer data dalam jumlah besar tentu bukan masalah. Jika dihubungkan ke perangkat yang sama-sama USB 3.0 Anda bisa mendapatkan kecepatan transfer data yang maksimal. Meskipun mendukung USB 3.0, namun semua port USB nya juga mendukung USB 2.0. USB Hub ini bisa digunakan di komputer Windows, macOS, maupun Linux tanpa instalasi tambahan.

4. Anker 4-Port USB 3.0 Hub

Harga terbaru: Rp 330.000

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

USB Hub Anker dengan 4 port USB memungkinkan Anda bisa menambah jumlah port yang terbatas di laptop. Dengan USB Hub ini, Anda bisa menggunakan satu port untuk 4 perangkat peripheral sekaligus seperti: mouse, flashdisk terbaik, hard disk eksternal, dan lain sebagainya. USB Hub ini dilengkapi fitur Quick Sync untuk memaksimalkan kecepatan transfer data secara otomatis saat terhubung ke perangkat USB 3.0.

5. Targus USB 3.0 Port Hub ACH124AP

Harga terbaru: Rp 200.000

USB Hub Terbaik untuk laptop dan komputer

USB Hub Targus ACH124AP memiliki empat buah port USB 3.0. 3 port USB ada di kanan sementara 1 port lain ada di sisi kiri. Port USB 3.0 memungkinkan Anda mentransfer data hingga 10 kali lebih cepat dibanding USB 2.0. Menariknya, USB Hub ini tidak membutuhkan power supply tambahan, jadi bisa langsung dicolok ke port USB di laptop atau komputer. USB Hub Targus juga tidak membutuhkan instalasi, langsung colok bisa langsung dipakai. 

6. USB Hub 4 Port Terbaik Anker USB 3.0 Ultra Slim

Harga terbaru: Rp 123.000

usb hub terbaik 2019 anker

Anker USB 3.0 Ultra Slim merupakan USB Hub 4 port terbaik yang mampu mentransfer hingga 5Gbps. USB port ini cocok untuk Anda para gamer untuk menyambungkan hard disk eksternal dengan PC atau laptop. Selain itu, untuk Anda yang gemar menonton film pun juga berdampak karena akan memproses data yang cepat dari hard disk eksternal Anda. Kemampuan transfer data cepatnya membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga lebih efisien.

7. OTO Orico M3H7 V1

Harga terbaru: Rp 440.000

usb hub terbaik 2019 orico

Selanjutnya yakni OTO Orico M3H7 V1 yang merupakan USB Hub terbaik dengan port USB 3.0. Selain itu, jumlah port sebanyak 7 buahnya juga akan membuat Anda lebih banyak menyambungkan peripheral ke PC atau laptop. USB Port terbaik ini bisa digunakan tak hanya oleh USB port 3.0 tapi juga oleh USB port 2.0 dan 1.0.

Itulah tadi USB Hub terbaik 2019 yang bisa Anda beli untuk membantu kegiatan Anda sehari-hari. Seperti yang sudah dipaparkan, USB Hub terbaik punya banyak kriteria yang perlu Anda ketahui. Meski USB Hub penentu hubungan antara peripheral dengan PC atau Laptop, maka peripheral  yang dihubungkan juga harus bagus. Contohnya, Anda pun perlu memiliki mouse wireless terbaik sebagai salah satu peripheral terbaik.

Leave a Comment