Kelebihan Setrika Uap VS Setrika Biasa dan Kekurangannya

Setrika adalah salah satu peralatan listrik yang wajib dimiliki di rumah. Jenis setrika listrik ada banyak, salah satunya adalah setrika uap. Setrika jenis ini berbeda dengan setrika yang biasa Anda temukan di toko. Jika setrika biasa menggunakan plat besi untuk menyetrika pakaian, setrika jenis uap menggunakan uap panas yang dikeluarkan dari bawah. Setrika jenis uap punya banyak kelebihan dibanding setrika biasa. Menyetrika pakaian dengan setrika jenis uap pun relatif lebih mudah jika dibanding setrika biasa. Karena kemudahan yang ditawarkan, setrika jenis ini mulai banyak dilirik konsumen.

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Sebelum mulai banyak dipakai di rumah, setrika jenis uap biasanya hanya dipakai di tempat laundry atau butik. Setrika jenis uap dapat menjaga kualitas pakaian, tidak membuat bahan cepat rusak, dan lebih mudah digunakan. Bagaimana cara kerja setrika uap sehingga bisa merapihkan pakaian lebih cepat ?

Cara Kerja Setrika Uap

Yang membedakan setrika biasa dan uap adalah setrika uap menggunakan uap air untuk membantu melicinkan pakaian. Setrika jenis uap menggunakan listrik untuk memanaskan air di dalam tangki penampung. Panas yang tinggi membuat air menguap. Uap air keluar melalui lubang kecil di bawah setrika. Uap air inilah yang digunakan untuk merapihkan dan melicinkan pakaian.

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Cara Menggunakan Setrika Uap

Cara menggunakan setrika uap tidak sulit. Cara menyetrika sama dengan setrika biasa. Setrika jenis uap menggunakan tenaga panas dan uap air untuk melicinkan pakaian. Menyetrika dengan setrika jenis ini tidak membutuhkan cairan pewangi atau pelicin tambahan. Cara menyetrika dengan setrika jenis uap cukup mudah. Sebelum digunakan, isi tabung dengan air bersih tanpa cairan pelicin atau pewangi. Setelah diisi air, nyalakan setrika dan atur kecepatan panas sesuai kebutuhan. Tunggu sampai setrika mengeluarkan uap dan langsung gunakan.

Kelebihan Setrika Uap

Setrika uap punya banyak kelebihan dibanding setrika biasa. Setrika jenis ini cocok digunakan saat Anda menyetrika dalam jumlah sedikit. Berikut ini kelebihan setrika uap dibanding setrika biasa.

1. Menyetrika Lebih Cepat

Setrika uap dapat membantu Anda menyetrika lebih cepat. Uap panas yang dikeluarkan bisa melicinkan pakaian lebih cepat. Tidak semua jenis pakaian bisa disetrika dengan mudah. Untuk menyetrika pakaian, biasanya Anda harus berulang kali bolak-balik pakaian untuk digosok sampai licin. Setrika ini dapat membantu tugas harian rumah tangga. Setrika jenis ini bisa menghilangkan kusut pada bahan kain lebih cepat.

2. Cocok untuk Segala Jenis Kain

Biasanya untuk beralih menyetrika dari kain katun biasa ke kain lebih lembut dengan setrika biasa Anda harus menunggu setrika dingin dulu. Namun berbeda halnya dengan setrika uap. Anda bisa langsung berpindah dari satu jenis kain ke kain lain tanpa harus menunggu setrika lebih dingin atau panas. Beberapa jenis kain seperti chiffon, silk, atau pakaian seperti kebaya, jas, dan pakaian berkain lembut tidak bisa disetrika dengan setrika biasa. Selain itu, setrika jenis uap juga bisa mengurangi kemungkinan pakaian lengket atau rusak karena aman untuk baju dengan sablon.

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

Kekurangan Setrika Uap

Di balik kelebihannya, setrika uap juga punya kekurangan, yaitu:

1. Lebih Sulit Digunakan

Kesalahan saat menggunakan setrika jenis uap dapat menyebabkan pakaian semakin kusut dan apek. Untuk menghindari pakaian kusut dan apek, pastikan pakaian sudah kering 100% sebelum disetrika. Selain itu, jangan langsung lipat pakaian setelah disetrika. Pakaian yang disetrika dengan setrika uap jadi sedikit lebih basah. Untuk menghindari pakaian apek dan berjamur, pastikan pakaian kering secara alami setelah disetrika

2. Tidak Cocok untuk Setrika Banyak Pakaian

Sebelum menyetrika dengan setrika jenis uap Anda harus memasukan air ke dalam tangki. Ketika menyetrika banyak pakaian, air di dalam tangki pasti akan habis. Jika sisa pakaian masih banyak, kamu harus isi kembali air ke dalam tangki. Sungguh merepotkan sebenarnya. Tidak hanya itu, setrika jenis uap juga tidak cocok untuk setrika banyak pakaian karena lebih boros listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap

3. Lebih Boros Listrik

Konsumsi listrik setrika jenis uap lebih besar dibanding setrika biasa. Konsumsi listrik yang lebih besar tentunya akan membuat tagihan listrik jebol. Apalagi jika jumlah pakaian yang disetrika di rumah ada banyak. Oleh karena itu, jika Anda memiliki setrika uap di rumah, ada baiknya Anda punya setrika biasa siapa tahu ada banyak pakaian yang harus digosok.

Cara Merawat Setrika Uap

Setelah menyetrika cabut listrik dari sumbernya. Pastikan setrika benar-benar dingin dengan sendirinya. Jika setrika sudah dingin, buang air yang tersisa di dalam tangki. Setelah tangki sudah benar-benar kosong, Anda baru bisa menyimpan setrika ini. Bersihkan tangki secara berkala untuk menjaga kualitas hasil setrikaan. Jika sering dirawat dengan benar, setrika uap bisa membantu pakaian rapih lebih baik dan cepat. Mau beli setrika uap yang bagus ? Klik di sini untuk cari tahu merk dan model setrika yang bagus.

Leave a Comment