Cara Kerja Kulkas / Lemari Es dan Fungsi Setiap Komponennya

Kulkas atau lemari es adalah peralatan elektronik yang wajib ada di dalam rumah. Fungsi kulkas adalah untuk menyimpan dan mengawetkan bahan makanan mentah, sayur mayur, buah-buahan, minuman, dan makanan beku . Karena fungsinya sangat erat berkaitan dengan kebutuhan primer manusia yakni makanan dan minuman oleh karena itu kulkas sangat dibutuhkan di rumah. Mempelajari cara kerja kulkas atau lemari es sangat penting untuk memudahkan merawat alat elektronik tersebut. Selain itu, dengan memahami cara kerja kulkas Anda bisa lebih mudah menangani masalah yang berkaitan dengan kulkas.

Cara Kerja Kulkas Lemari Es

Bagaimana Cara Kerja Kulkas ?

Cara kerja kulkas mengikuti hukum Termodinamika di mana udara panas selalu bergerak ke udara yang lebih dingin. Hanya saja, konsep hukum tersebut dijalankan secara terbalik. Proses memindahkan panas dari dalam kulkas ke luar dijalankan oleh komponen bernama Evaporator. Komponen ini bertugas untuk menyerap panas dari benda yang disimpan di dalam kulkas. Panas yang sudah terhisap kemudian akan mendinginkan bahan makanan tersebut.

Namun tentu saja, Evaporator tidak bekerja sendiri. Kunci utama dari proses pendinginan kulkas ada di freon atau refrigeran. Freon memiliki titik didih rendah sehingga dapat menyerap energi panas dari dalam kulkas lalu membuat isi kulkas jadi dingin. Cara kerja kulkas bisa dijelaskan melalui contoh berikut ini: Misalkan selesai mandi Anda keluar dari kamar mandi pasti tubuh terasa dingin. Kenapa? Ini disebabkan sisa-sisa air di kulit menguap dan mengambil panas dari dalam tubuh.

Cara Kerja Kulkas Lemari Es

Jika diibaratkan, evaporator adalah kulit, jaringan di bawah kulit adalah isi kulkas, dan freon adalah sisa-sisa air pada kulit. Freon atau refrigeran yang mengalir ke dalam evaporator pertama kali akan berbentuk cair. Setelah menyedot panas dari dalam kulkas freon tersebut akan dibawa keluar kulkas. Pada saat bersamaan kipas motor menghembuskan udara dingin dari Evaporator ke seluruh bagian kulkas sehingga lama kelamaan seluruh isi kulkas akan jadi dingin.

Fungsi Setiap Komponen atau Bagian Kulkas

Proses pendinginan yang cukup panjang tersebut melibatkan 9 komponen utama. Semua komponen atau bagian tersebut saling bekerjasama untuk menyedot panas dari kulkas lalu mendinginkan isi kulkas dalam waktu singkat. Setiap komponen kulkas memiliki fungsi berbeda yaitu:

  1. Kompresor, bertugas untuk memompa freon atau cairan pendingin ke seluruh bagian kulkas
  2. Kondensor, berfungsi menukar panas dalam proses perubahan gas freon yang sebelumnya masuk ke dalam kulkas dalam wujud cair
  3. Filter, menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk selama proses sirkulasi pendinginan berlangsung
  4. Evaporator, bertugas menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam kulkas. Benda yang kehilangan panas kemudian akan menjadi dingin
  5. Thermostat, berfungsi mengatur kerja kompresor berdasarkan batas suhu di setiap bagian kulkas. Intinya komponen ini bertanggung jawab mengatur suhu di dalam kulkas agar sesuai dengan yang Anda inginkan
  6. Heater, berfungsi mencairkan bunga es yang terbentuk dalam evaporator. Beberapa model kulkas terbaru kini sudah dilengkapi Heater untuk memudahkan mencairkan bunga es yang menumpuk di freezer
  7. Fan Motor, atau kipas yang berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas
  8. Overload Motor Protector, berfungsi melindungi komponen dari kerusakan akibat lonjakan listrik berlebih
  9. Freon atau Refrigeran, adalah zat yang memiliki titik didih rendah dan berfungsi untuk menarik panas dari dalam kulkas.

Cara Kerja Kulkas Lemari Es

Perbedaan Cara Kerja Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Pada dasarnya cara kerja kulkas 1 pintu dan 2 pintu adalah sama. Keduanya mengandalkan Evaporator, kompresor, kondensor, dan freon untuk mendinginkan kulkas. Hanya saja, kulkas 2 pintu punya keuntungan lebih banyak jika dibanding kulkas 1 pintu. Selain kapasitasnya menjadi lebih besar, freezer di pintu atas bisa memiliki suhu yang jauh lebih dingin dibanding bagian bawahnya. Dengan begini, Anda bisa memisahkan antara makanan biasa dan makanan beku dan mengatur suhu berbeda di antara 2 bagian tersebut. Ditambah lagi pada kulkas 2 pintu Anda tidak perlu repot lagi membersihkan bunga es. Kulkas 2 pintu sudah dilengkapi fitur khusus untuk mencegah adanya penebalan bunga es pada freezer. Fitur tersebut bisa berjalan otomatis sehingga Anda tidak perlu repot lagi membersihkan bunga es setiap minggu.

Leave a Comment