Apa Menariknya Nintendo Switch? Bagaimana di Indonesia?

Nintendo Switch Indonesia – Nintendo sudah lebih dari tiga dekade menciptakan produk-produk yang menarik perhatian para gamers di seluruh dunia. Salah dua produk gaming console-nya sendiri, Game Boy dan Nintendo Wii, menjadi yang terlaris sepanjang masa. Di Indonesia pun Nintendo memiliki penggemar setianya. Berbeda dengan pesaing-pesaingnya, Sony Playstation dan Microsoft Xbox, Nintendo selalu membuat game-game untuk maskot-maskot terkenalnya seperti Mario, Link dari Zelda, Samus Aran dari Metroid, Pikachu dari Pokemon dan masih banyak yang lain. Biasanya Nintendo tidak pernah gagal mengemas game-game yang membawa maskot-maskotnya tersebut.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia

Ketika pesaing-pesaingnya membuat game eksklusif yang sama sekali baru karakter-karakternya, Nintendo tidak pernah meninggalkan maskot-maskot terkenalnya yang pernah membawa mereka hingga saat ini. Coba Anda lihat bagaimana banyak orang hafal dengan theme song Super Mario Bros yang dulu pernah keluar di konsol NES (Nintendo Entertainment System) atau Famicom (Family Computer).

Nintendo juga terkenal akan produk-produk gaming handheld. Pertama kali Nintendo menciptakan sebuah konsol gaming portable yang mereka beri nama Game Boy, dan hebatnya lagi penjualannya sangat luar biasa. Game-gamenya pun masih memiliki penggemar setia dan dapat dimainkan di emulator hingga saat kini. Setelah Game Boys selesai masa perilisannya, Nintendo membuat versi upgrade dari Game Boy, yakni Game Boy Color. Jika Game Boy lahir dengan layar hitam putih, Game Boy Color hadir dengan layar berwarna.

Setelah Game Boy Color sukses dipasaran, Nintendo menciptakan gaming console handheld dengan bit yang lebih tinggi, Game Boy Advance. Produk ini juga memiliki konsumen yang begitu banyak. Awalnya Game Boy Advance hadir dengan layar tanpa cahaya, setelah itu Nintendo memproduksi Game Boy Advance SP untuk penggemarnya yang ingin bermain game handheld dalam keadaan cahaya minim.

Produk handheld selanjutnya, Nintendo DS keluar sebagai gaming console portable dengan dua layar, yang mana salah satu layarnya merupakan layar sentuh. Dilanjutkan dengan Nintendo 3DS yang memiliki grafis yang lebih baik. Anda dapat menikmati pengalaman gaming dengan poligon yang begitu banyak. Bermain game seperti Pokemon pun berbeda sangat signifikan dibaning dengan seri-seri awalnya. 3DS hadir dengan seri upgrade yakni 3DS XL dan versi entry-level, 2DS.

Pada 3 Maret 2017, Nintendo merilis konsol revolusionernya, Nintendo Switch. Gaming console ini merupakan hybrid console yang memadukan teknologi portable dan teknologi gaming rumahan yang dapat dimainkan di televisi HD/Full HD. Pada waktu pertama kali rilis, banyak media luar negeri sesegera mungkin me-review Nintendo Switch ini. Nintendo Switch ini hadir dengan tiga mode, docked mode, portable mode, dan table mode. Untuk Anda yang ingin bermain di sepanjang perjalanan, Anda dapat mengubahnya ke portable mode, namun jika Anda ingin bermain di dalam rumah dengan TV layar besar, ubah ke docked mode.

Bagaimanakah Nintendo Switch?

Sebelumnya kami telah me-review Nintendo Switch di artikel ini: Review Nintendo Switch (Konsol Tak Harus Diam di Depan TV)

Berbeda dengan game-game eksklusif dari kedua pesaingnya, Xbox One dan Playsation 4, yang mana game eksklusifnya terkesan gelap dan dewasa, Nintendo Switch menyuguhkan game-game denagn visual berwarna-warni dan cocok untuk keluarga. Pada paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan dua game diantaranya adalah Legend of Zelda: Breath of The Wild. Seri Legend of Zelda yang dirilis di Switch ini mendapatkan banyak review positif dari banyak pihak. Yang lebih impresif lagi, seri game legendaris besutan Nintendo ini memnangkan gelar game terbaik tahun 2017. Game ini mengalahkan beberapa game yang dinominasikan menjadi game terbaik pada tahun lalu seperti Persona 5, PUBG (Player’s Unknown Battleground), Horizon Zero Dawn, dan beberapa yang lainnya.

Dunia pada game Legend of Zelda: Breath of The Wild sangatlah fantastis. Warna yang dihadirkan sangat memanjakan mata. Link juga dapat berlari, berenang, memanjat, dan gliding. Begitu lengkap fitur-fitur pada game tersebut. Selain itu Link juga diizinkan untuk mengunggang kuda ketika mengelilingi dunia yang sangat luas. Suara yang dihadirkan pun begitu realistis. Anda akan mendengar suara angin yang mengibas rumput dan juga jangkrik. Bila Anda penggemar seri ini dan game dengan visual cel shaded, Legend of Zelda: Breath of The Wild adalah game yang cocok.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia 2

Selain Legend of Zelda: Breath of The Wild, tidak lupa game Super Mario yang Dihadirkan. Game Super Mario kali ini diberi nama Super Mario Odyssey. Berbeda dengan Legend of Zelda, Super Mario Odyssey hadir dengan grafis full 3D. Level yang dihadirkan pun tidak hanya side-scrolling, namun juga seperti apa yang pernah Anda lihat di Super Mario 64 dan Super Mario Sunshine.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia 3

Tak hanya itu, bukan Nintendo namanya bila tidak menghadirkan game Pokemon di konsol terbarunya. Setelah sukses dengan Pokemon Ultra Sun dan Ultra Moon, Nintendo menghadirkan game Pokemon: Let’s Go untuk konsol hybrid-nya ini. Pada game ini Anda dapat memilih jenis kelamin Pokemon Anda. Di samping itu, bila Anda pernah bermain Tamagotchi atau Digimon World pertama, Game ini terasa mirip. Selain petualangan seperti game-game pendahulunya, Pokemon: Let’s Go memungkinkan Anda untuk merawat Pokemon Anda layaknya hewan peliharaan. Ketika berkeliling, Anda akan melihat Pokemon yang Anda ajak bertarung akan berjalan beriringan dengan Anda. Tentunya Pokemon: Let’s Go akan menjadi game RPG yang dapat membuat waktu Anda tidak terasa begitu cepat berjalan.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia 4

Nintendo Labo

Untuk membuat konsol gaming ini bersahabat dengan anak-anak, Nintendo membuat produk bernama Nintendo Labo. Produk ini berupa kardus yang dapat dirakit menjadi benda-benda seperti stir, pancingan, dan beberapa benda lain yang berhubungan dengan game-game di Nintendo Switch. Sebelumnya produk ini mendapat kritikan dari beberapa pihak karena harga yang cukup mahal untuk sepaket kardus. Namun, Nintendo tidak ingin membuat sebuah benda yang tidak berarti untuk konsolnya kali ini. Selain ingin membuat sebuah alat yang interaktif, Nintendo ingin membuat sebuah perangkat yang aman bagi anak-anak.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia 5

Sepertinya setelah merilis Wii ke pasaran, Nintendo ingin memberi trademark produk-produknya sebagai produk gaming modern yang interaktif sehingga penggunanya mampu bermain game sambil menggerakan seluruh anggota tubuhnya. Nintendo Switch dengan Nintendo Labo-nya merupakan perpaduan yang revolusioner yang diciptakan oleh perushaan yang berkantor pusat di Perfektur Kyoto yang dulunya memproduksi permainan kartu.

Apa Menariknya Nintendo Switch, Bagaimana di Indonesia 6

Kesimpulan

Nintendo Switch, kini menghadirkan grafis yang menakjubkan tanpa harus meninggalkan warisan kedua konsol pendahulunya walaupun Wii U dikatakan produk gagal. Walaupun secara perangkat keras atau spesifikasi sehebat dua kompetitornya, Nintendo Switch sepertinya dapat mencuri perhatian calon penggemar barunya. Kini Nintendo Switch sudah hampir setahun beredar di pasaran di Indonesia.  Tapi, harga yang dibanderol cukup mahal, dan lebih tinggi ketimbang kedua pesaingnya. Banyak gamers yang mulai tertarik, namun belum mau membeli karena harganya.  Bila Anda tertarik untuk memilikinya, Anda dapat merogoh kocek sebesar Rp 6,800,000.

Leave a Comment