Apa itu Router? Apa Perbedaannya dengan Modem?

Apa Itu Router – Bagi Anda yang sering menggunakan internet, Anda akan sering mendengar nama sebuah alat yang bernama router. Sebelum Anda mengetahui apa itu router, kami akan menjelaskan cara kerjanya dan perbedaannya dengan modem.

Apa Itu Router

Router merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan atau network yang sama dan juga berbeda. Dapat disimpulkan Router dapat menghubungi jaringan yang menggunakan topologi Bus, Star, dan Ring. Router umumnya memiliki minimal 2 buah network interface.

Router memiliki kerja yang mirip dengan switch dan bridge. Namun, apa yang berbeda? Router memiliki fungsi untuk menyaring lalu lintas data. Penyaringan tersebut dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Router sendiri berfungsi untuk membagi jaringan secara logikal. Router membagikan jaringan menjadi beberapa subnet dengan sebuah IP router.

Apa itu Router Apa Perbedaannya dengan Modem

Cara Kerja Router

Sebagaimana apa yang kami jelaskan sebelumnya apa itu router dan routing memiliki fungsi sebagai perangkat yang merutekan informasi, router sendiri mampu mengetahui rute informasi akan dilewati. Router memerlukan dua kartu jaringan yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC) yang dipasang pada jaringan satu dan pada jaringan lain.

Apa Itu Router (Fungsi Router)

Router memiliki fungsi mendasar untuk mendistribusikan alamat IP tidak hanya secara statis, namun juga DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) pada semua komputer yang terhubung pada router. Dengan router beberapa komputer dapat saling terhubung dan berkomunikasi pada koneksi LAN atau internet karena alamat IP yang dibagikan oleh perangkat ini. Fungsi yang lainnya adalah router memiliki fungsi untuk mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Selain itu juga router memiliki fungsi untuk mengkoneksikan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL.

Apa Itu Router (Jenis-jenis Router)

1. Router Hardware

Router jenis ini merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk membagikan alamat IP. Selain itu, router hardware digunakan sebagai pembagai jaringan internet sebagai contoh sebuah istilah yang sering kita dengar sebagai Hot Spot Area yang mana area ini mendapat alamat IP.

2. Router aplikasi

Selanjutnya adalah router aplikasi. Namun, apakah Anda tahu apa itu router aplikasi? Ketika menggunakan router jenis ini, Anda tidak harus membeli router karena router ini dapat digunakan dengan cara menginstalnya. Contoh aplikasi router adalah WinProxy, Winroute, SypGate, dan WinGate.

Apa itu Router Apa Perbedaannya dengan Modem

3. Router PC

Anda dapat juga memodifikasi komputer Anda menjadi router dengan cara menginstalkan PC Anda dengan sistem operasi khusus. Sistem operasi khusus yang dapat menjadikan komputer Anda menjadi router adalah Mikrotik. Anda dapat menggunakan komputer-komputer tua berspesifikasi rendah untuk digunakan sebagai router.

Apa itu Router Apa Perbedaannya dengan Modem

4. Router Statis

Router ini merupakan jenis router berdasarkan mekanismenya. Jenis router ini mampu melakukan proses penghalaan pada suatu jaringan. Proses penghalaan tersebut terdiri dari beberapa proses yang meilbatkan dengan routing. Pada router jenis ini proses penghalaannya diadministrasikan secara manual oleh seorang administrator. Administrator tersebut bertanggung jawab atas proses penghalaan mulai dari membuat rute baru, memindahkan rute, menghapus rute, dan semacamnya. Kelebihan rute ini adalah terdapatnya fitur filtering yang mampu memfilter rute yang boleh dilewati atau tidak boleh dilewati yang dapat diatur oleh administrator. Walaupun memiliki kelebihan jenis ruter ini tentunya memiliki kekurangannya diantaranya, harus ada yang ahli mengoperasikannya, dan administratornya wajib memahami sistem dan command tabel routing.

5. Router Dinamis

Jenis router ini juga jenis router berdasarkan mekanismenya. Tidak seperti router statis yang harus diawasi oleh administratornya, router ini dapat bekerja secara otomatis. Router dinamis melakukan penghalaan ke user yang sudah ditentukan. Kelebihan router ini adalah sangat praktis dan efisien karena keotomatisannya, namun kekurangannya adalah karena penghalaannya berjalan secara otomatis, kita tidak bisa mengatur jaringan tersebut pergi.

Apa Itu Router? Apa Perbedaannya dengan Modem?

Sebelum menjelaskan perbedaannya, kami akan mendefinisikan dan mendesikripsikan apakah modem itu. Berbeda dengan router, modem merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai penghubung komputer ke jalur internet. Sebagaimana namanya yang memiliki kepanjangan Modulator demotulator, modem mampu mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Demikian artikel kami tentang apa itu router, apa perbedaannya dengan modem. Anda sudah tahu bukan kalau kedua benda tersebut memang berbeda?

Leave a Comment