10 Sepeda Lipat Terbaik 2020 Jenis & Cara Memilihnya

Lagi cari sepeda lipat terbaik di tahun 2020 ? Sepeda lipat adalah salah satu jenis sepeda terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat. Sepeda lipat ukurannya lebih ringkas, tidak seperti sepeda konvensional. Sehingga dengan begini, Anda bisa bawa sepeda kemana-mana dengan mudah.

Saat ini ada banyak merk sepeda lipat terbaik yang bisa Anda pilih. Beberapa merk sepeda lipat yang ternama di pasaran adalah: Evergreen, Polygon, United, Element, Vivacycle, London Taxi, Dignity, dan masih banyak merk sepeda lipat lainnya.

Jenis Sepeda Lipat Terbaik

Jenis sepeda lipat ada banyak. Bagaimana cara memilih sepeda lipat yang cocok untuk Anda ? Cara paling mudah untuk memilih sepeda lipat adalah dengan mengetahui jenis dan kebutuhan Anda. Gagastekno akan membantu Anda untuk menemukan sepeda yang cocok sesuai kebutuhan.

1. Sepeda Lipat Compact Model

Sepeda lipat compact model adalah jenis sepeda lipat yang bisa dilipat-lipat sehingga ukurannya lebih ringkas. Sepeda lipat ini lebih mudah dibawa dengan mobil atau saat Anda menaiki transportasi umum. Bagian sadel dan pegangan sepeda lebih fleksibel dan terkadang bisa dilepas pasang sehingga tidak menggangu saat dilipat. Sepeda lipat jenis Compact Model cocok untuk Anda yang suka bersepeda di luar kota atau tempat yang jauh.

2. Sepeda Lipat Transmission Gear

Jenis sepeda lipat Transmission Gear memudahkan Anda untuk bersepeda di trek yang sulit, menanjak, dan jaraknya jauh. Jenis sepeda ini punya gigi transmisi yang bisa diubah-ubah sesuai kondisi trek jalanan. Jenis transmisi yang digunakan adalah tipe tuas dan grip. Anda bisa pilih jenis transmisi yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi trek jalan yang biasa dilalui setiap hari. Jenis sepeda ini cocok untuk Anda yang terbiasa bersepeda jarak jauh untuk ke kantor, sekolah, kampus, dan lainnya.

3. Sepeda Lipat Brand Type

Jenis sepeda lipat ini lebih menonjolkan branding atau merk sepeda lipatnya itu sendiri. Dibanding sepeda biasa, harga sepeda lipat ini lebih mahal. Desainnya pun dibuat lebih menarik, menonjolkan estetika, dan dibuat eksklusif. Karena desain sepeda dibuat lebih unik, bagi yang memilikinya pun akan jadi kebanggaan tersendiri. Sepeda lipat jenis Brand Type juga punya performa, kualitas, dan daya tahan jauh lebih baik dibanding sepeda biasa. Sepeda lipat jenis Brand Type cocok untuk Anda yang ingin tampil beda dan bergengsi.

4. Sepeda Lipat Electric Assist

Sepeda lipat jenis Electric Assist menggunakan tenaga listrik. Sepeda ini harganya relatif lebih mahal dibanding sepeda jenis kayuhan (standar). Keuntungan sepeda listrik ini adalah meringankan Anda untuk bersepeda, berjalan lebih cepat, dan membawa banyak barang berat. Sepeda lipat jenis Electric Assist cocok untuk Anda yang tidak suka mengayuh terlalu lama, tidak ingin terlalu capek, dan sering membawa beban berat saat bersepeda.

Cara Memilih Sepeda Lipat

Bagaimana cara memilih sepeda lipat yang cocok dengan kebutuhan Anda ? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Pilih jenis sepeda lipat yang sesuai dengan kebutuhan
  2. Kenali kelebihan dan kekurangan jenis, merk, dan model sepeda yang mau dibeli
  3. Sesuaikan berat sepeda, semakin berat semakin sulit dilipat dan dibawa-bawa
  4. Jika ingin bersepeda jarak jauh, lebih baik pilih berat sepeda yang ringan
  5. Pilih ukuran ban, semakin kecil ukuran ban semakin sulit dikendarai (ukuran standar 14 – 20 inci)
  6. Pilih metode pelipatan sepeda yang paling cocok dengan kebutuhan
  7. Hindari sepeda lipat yang terlalu murah karena kualitasnya tidak terjamin
  8. Beli sepeda lipat di toko sepeda atau toko online terpercaya.

Sepeda Lipat Terbaik di Tahun 2020

Setelah mengetahui jenis dan cara memilih sepeda lipat terbaik. Berikut ini rekomendasi sepeda lipat yang bagus dan berkualitas menurut Gagastekno. Anda bisa memilih sepeda lipat sesuai dengan kemampuan dan daya beli. Berikut ini daftarnya:

1. Brompton B75 2020 Folding Bike

Harga: Rp 22.700.000

sepeda lipat terbaik brompton

Brompton adalah salah satu merk sepeda bergengsi. Merk sepeda ini dikenal sebagai merk sepeda mahal. Buat Anda yang ingin beli sepeda lipat Brompton dengan harga murah, Brompton B75 2020 adalah pilihan yang tepat. Harga sepeda lipat Brompton B75 lebih murah dibanding model lainnya. Berat sepeda Brompton B75 2020 adalah 11.6 kg.

Rangka Brompton B75 menggunakan material baja (steel), sama seperti sepeda Brompton lainnya. Brompton B75 menggunakan shifter gigi versi lama yang tidak dipasang dengan tuas rem. Sepeda lipat ini adalah pilihan tepat untuk bersepeda di dalam kota.

2. Polygon Urbano i3 2019

Harga: Rp 4.600.000

sepeda lipat terbaik polygon

Polygon Urbano i3 2019 adalah sepeda lipat terbaik sejak 2019. Sepeda lipat ini cocok untuk Anda yang suka mengendarai sepeda keliling kota. Sepeda ini juga bisa digunakan untuk “bike to work” atau pergi kerja dengan sepeda. Dengan harga 4 jutaan, Anda bisa mendapatkan sepeda lipat Polygon yang mudah dibawa kemana saja. Sepeda ini punya desain dan warna terbaru di tahun 2020.

Sepeda lipat ini cocok untuk menjelajahi kota dengan posisi postur tubuh lebih tegak. Dengan begini, Anda bisa bersepeda lebih nyaman dalam waktu lama. Sepeda ini juga dibekali fender dan rear cargo rack untuk memudahkan mobilitas sehari-hari.

3. Polygon Urbano 3 2019

Harga: Rp 4.000.000

sepeda lipat terbaru

Sepeda lipat Polygon Urbano 3 cocok untuk keliling kota. Sepeda lipat terbaik 2020 ini menggunakan frame terbuat dari Alumunium. Sistem rem yang digunakan adalah Alloy V-Brake dengan Tektro Alloy Lever yang cocok untuk mengendarai sepeda di jalan raya. Ukuran roda sepeda lipat ini adalah 20 inci.

Sama seperti sepeda lipat Polygon Urbano 3, sepeda ini memungkinkan Anda bisa berkendara dengan posisi tubuh lebih tegak. Dengan begini, punggung dan pinggang tidak akan cepat pegal ketika berkendara terlalu lama. Sepeda ini juga bisa dipasang fender dan rear cargo rack untuk memudahkan mobilitas.

4. Vivacycle Twist 7 Speed

Harga: Rp 1.900.000

sepeda lipat terbaik vivacycle

Vivacycle Twist 7 Speed adalah sepeda lipat terbaik dengan harga paling murah. Sepeda ini punya ukuran ban 20 inci. Sepeda ini adalah salah satu jenis sepeda lipat jenis transmission gear. Sepeda ini punya gear gigi dengan 7 level kecepatan. Anda bisa ubah gear dengan kecepatan dan kebutuhan Anda. Sepeda ini menggunakan frame Hi-Ten dan sistem pengereman V-Brake.

Dengan kisaran harga 1 jutaan, Anda bisa dapetin sepeda lipat Vivacycle ini. Sepeda ini punya tempat duduk di belakang untuk membonceng anak. Sepeda lipat ini juga mudah dilipat sehingga bisa dibawa kemana-mana dengan mudah.

5. Vivacycle Sepeda Lipat Comet 18 Speed

Harga: Rp 2.800.000

sepeda lipat terbaru dan terbaik

Sepeda Vivacycle Comet 18 Speed adalah salah satu sepeda lipat terbaik jenis Transmission Gear. Sepeda ini dibuat dengan frame Alumunium kuat. Sepeda ini menggunakan Front Gear Shimano 3 Speed dan Rear Gear Shimano Tourney 6 Speed. Sistem pengeremannya menggunakan Disc Brake di roda depan dan belakang. Kemudian bagian Shifter menggunakan Revoshift 6 Speed di kanan dan 3 Speed di kiri.

Sepeda lipat ini menggunakan ban sepeda dengan ukuran 20 inci. Sepeda Vivacycle Comet 18 Speed cocok untuk Anda yang suka bersepeda keliling kota. Ban sepeda ukuran 20 inci nyaman untuk digunakan jalan-jalan atau pergi ke kantor dan kampus.

6. Pacific Folding Bike 2980 RX 2.0 VT

Harga: Rp 1.700.000

sepeda lipat terbaru pacific

Sepeda lipat Pacific adalah salah satu merk sepeda lipat terbaik di Indonesia. Sepeda lipat Pacific RX 2.0 VT punya desain sporty dan bergaya. Frame sepeda lipat menggunakan bahan Hi Ten Steel Folding Frame 20 inci. Bagian shifter menggunakan Shimano SL-TX50 7 Speed dan Shimano Tourney RD-TY21 7 Speed. Sistem pengereman sepeda menggunakan Pacific V-Brake.

Ukuran ban sepeda Pacific  2980 RX 2.0 VT adalah 20 inci. Sepeda lipat jenis Tranmission Gear ini cocok untuk bersepeda keliling kota, pergi ke kantor, dan jalan-jalan keluarga. Hampir semua bagian inti bisa dilipat sehingga mudah dibawa-bawa.

7. London Taxi Folding Bike 20 6S

Harga: Rp 3.700.000

sepeda lipat terbaru london taxi

London Taxi 20 6S adalah sepeda lipat terbaru 2020 dengan desain klasik dan menawan. Sepeda ini dilengkapi shifter Shimano 6 Speed sehingga Anda bisa mengatur kecepatan saat bekendara di segala medan jalanan. Sepeda ini punya ukuran desain stylish dan bobot yang cukup ringan. Bagian frame menggunakan meterial High Ten Steel Folding Frame. Pada bagian handle bar menggunakan logam Alumunium.

Bagian pedal sepeda ini bisa dilipat. Sistem pengereman yang digunakan adalah V Brake di depan dan belakang. Yang unik dari sepeda lipat ini adalah karena menggunakan ban berwarna cream dengan garis hitam di tengah sehingga sangat mencerminkan sisi klasiknya. Sepeda ini memiliki berat 14 kg dan ukuran 82 x 32 x 62 cm.

8. KHS Sepeda Lipat F26

Harga: Rp 5.400.000

sepeda lipat terbaik indonesia

KHS F26 adalah sepeda lipat yang sporty dan trendi. Sepeda lipat ini mirip sepeda gunung atau sepeda biasa. Sepeda ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi bersepeda dengan sepeda biasa namun tetap bisa dilipat supaya bisa dibawa kemana-mana. Sepeda ini menggunakan frame 26 inci Full CRMO Reyno500.

Bagian sepeda yang bisa dilipat hanya di bagian tengah. Memang masih cukup besar untuk ukuran sepeda lipat. Maklum saja karena saat dibuka, bentuk sepeda ini mirip sepeda standar yang tidak bisa dilipat. Sepeda lipat KHS F26 cocok untuk bersepeda keliling kota, dibawa ke kantor, atau jalan-jalan saat weekend.

9. Selis SOI (Spirit of Indonesia)

Harga: Rp 14.200.000

sepeda lipat listrik terbaik

Selis SOI adalah sepeda lipat listrik terbaik di Indonesia. Sepeda lipat ini termasuk jenis sepeda lipat Electric Assist. Sepeda ini memiliki berat 23 kg dan bisa membawa penumpang dengan berat maksimal hingga 100 kg. Material yang digunakan adalah bahan alloy di frame, cast wheel pada rim, dan menggunakan sistem pengereman mekanik.

Ukuran ban Selis SOI adalah 20 inci yang dirancang anti bocor. Mengenai mesin listriknya, menggunakan motor BLDC 36 V/250 watt dan didukung baterai 7.8 ah Lithium. Charger listrik sepeda lipat listrik ini memiliki output daya 36V/2A. Waktu pengecasan sendiri memakan waktu hingga 4 jam.

10. Pacific Noris 3.0

Harga: Rp 5.500.000

sepeda lipat terbaru indonesia

Sepeda lipat terbaik di Indonesia tahun 2020 adalah Pacific Noris 3.0. Sepeda ini punya desain sporty. Bagi Anda yang ingin mencari pengalaman bersepeda lebih baik, bisa memilih sepeda ini. Sepeda ini punya 9 pilihan kecepatan dengan hydrolic discbrake dan punya banyak pilihan warna menarik.

Daftar Harga Sepeda Lipat

Ban sepeda lipat ini memiliki ukuran 20 inci. Sepeda lipat terbaik 2020 ini cocok dibawa berpergian. Karena desain yang sporty, sepeda ini cocok dipakai oleh kaula muda. Tampilan kokoh dan keren bikin Anda jadi lebih percaya diri.

Leave a Comment