Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone Android & Kamera

Micro SD merupakan salah satu jenis kartu memori eksternal yang berukuran paling kecil dan biasa digunakan sebagai media penyimpanan smartphone Android atau kamera saku. Micro SD Class 10 adalah salah satu varian kartu penyimpanan yang memiliki kecepatan read (membaca) dan write (menulis) yang paling cocok untuk smartphone. Sementara itu, untuk kamera saku membutuhkan spesifikasi micro SD lebih tinggi. Apa kelebihan Micro SD Class 10 dibanding micro SD class lainnya?

Biasanya Micro SD memiliki keterangan Class yang menggambarkan kecepatan read dan write. Dalam setiap class Micro SD memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Semakin tinggi Class Micro SD berarti semakin cepat proses read dan write-nya. Selain Class, Micro SD juga punya julukan berbeda-beda tergantung besar kapasitasnya. Micro SD memiliki kapasitas penyimpanan maksimal 4 GB. Sementara itu, Micro SDHC memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32 GB. Lalu untuk Micro SDXC memiliki kapasitas simpan mulai dari 64 GB hingga 2 TB.

Perbedaan Micro SD Class 10, Class 6, dan Seterusnya

Istilah Speed Class Rating pada Micro SD berguna untuk memberitahu Anda seberapa cepat SD Card dapat menulis data ke dalam kartu. Di bodi Micro SD biasanya dituliskan keterangan Class seperti misalnya “Class 10” atau angka 10 dengan lingkaran seperti huruf “C” di sekelilingnya. Dalam istilah Speed Class ini biasanya Micro SD yang beredar memiliki 5 rating speed, diantaranya:

  • Micro SD Class 2, memiliki kecepatan transfer rate minimum setara 16 Mbps
  • Micro SD Class 4, memiliki kecepatan transfer rate minimum setara 32 Mbps
  • Micro SD Class 6, memiliki kecepatan transfer rate minimum setara 48 Mbps
  • Micro SD Class 8, memiliki kecepatan transfer rate minimum setara 64 Mbps
  • Micro SD Class 10, memiliki kecepatan transfer rate minimum setara 80 Mbps.

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Selain melalui keterangan Class 10, kita bisa mengetahui kecepatan performa Micro SD melalui keterangan UHS Speed Class. UHS Speed Class adalah standar kecepatan read dan write yang dibuat pada 2010. Standar UHS menjelaskan bahwa Micro SD dapat memproses data lebih cepat ketimbang Micro SD yang hanya dibekali rating Speed Class saja. Sayangnya, Micro SD yang sudah memiliki rating UHS masih belum banyak, dan jika adapun harganya lebih mahal ketimbang Micro SD dengan Speed Class biasa.

Standar rating UHS Speed Class saat ini ada 2 yaitu UHS 1 dan UHS 3. Standar rating ini biasa ditulis dengan logo U dan angka 1 atau 3. Makin besar angka UHS maka semakin kencang performanya. Sebagai gambaran UHS 1 bisa mengolah data 10 MB per detik dan UHS 3 bisa mengolah data secepat 30 MB per detik. Jenis kartu memori Micro SD yang paling cocok untuk smartphone adalah yang memiliki rating UHS 1 dan Speed Class 10. Sedangkan untuk kamera jika sudah bisa merekam video 4K, disarankan memilih Micro SD UHS 3.

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Micro SD Class 10 yang sudah dilengkapi rating UHS 1 adalah jenis kartu memori eksternal Micro SD yang paling cocok untuk smartphone. Apalagi smartphone terbaru saat ini dibekali kemampuan menyimpan foto dalam format RAW, sehingga membutuhkan Micro SD yang cepat. Berikut rekomendasi Micro SD Class 10 terbaik untuk smartphone. Untuk pilihan kapasitasnya kita samakan yaitu 16 GB.

1. SanDisk Ultra Micro SD 16GB (A1)

Harga Terbaru: Rp 90.858

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Micro SD SanDisk ini dibekali rating Class 10 dengan kecepatan Read hingga 98 Mbps. Selain itu, kartu memori eksternal ini juga dilengkapi rating Video Speed C10 atau A1 sehingga performanya dapat memacu smartphone agar bekerja lebih cepat. Dengan rating A1, Micro SD Class 10 ini bisa memutar video Full HD 1920 x 1080 dengan lancar di smartphone.

2. SanDisk Ultra Micro SD 16GB (UHS-1)

Harga Terbaru: Rp 87.000

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

SanDisk Ultra Micro SDHC ini adalah varian Ultra yang lebih murah. Dari segi performa, Micro SD ini lebih rendah dibanding seri Ultra di atas, namun performanya masih tetap bagus untuk smartphone. Micro SD Class 10 ini memiliki kecepatan read hingga 80 Mbps. Selain itu, Micro SD ini juga sudah dibekali rating UHS-1 yang artinya bisa digunakan untuk memutar dan menyimpan konten HD lebih cepat.

3. Toshiba Micro SDHC 16GB M203

Harga Terbaru: Rp 105.000

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Micro SD Class 10 ini memiliki kecepatan read tinggi hingga 100 Mbps. Rating UHS-1 yang dipegangnya juga membuat smartphone Anda bisa memutar konten Full HD dengan mulus. Micro SD ini juga cocok digunakan di kamera saku selama tidak untuk merekam video 4K. Performa Micro SD saat merekam video Full HD atau menyimpan foto RAW sangat bisa diandalkan.

4. Kingston Micro SDHC 16GB Class 10

Harga Terbaru: Rp 103.000

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Kingston adalah salah satu merk Micro SD yang cukup banyak dikenal. Micro SDHC miliki Kingston dengan kapasitas 16 GB sudah didukung rating speed class 10 dan UHS-1. Kecepatan pemrosesan datanya bisa menyentuh hingga 90 Mbps. Untuk smartphone dan kamera, kartu Micro SD Class 10 satu ini cukup bisa diandalkan. Video Full HD dan foto RAW bisa diproses dengan cepat oleh kartu memori eksternal ini.

5. Adata Micro SDHC UHS 1 Class 10 16GB

Harga Terbaru: Rp 139.000

Micro SD Class 10 Terbaik untuk Smartphone

Adata Micro SDHC UHS-1 untuk kapasitas 16GB dijual dengan harga lebih mahal diantara produk di atas. Micro SD ini sudah didukung rating speed class 10 dan UHS-1 sehingga cocok untuk smartphone dan kamera. Untuk digunakan memutar konten HD pastinya tidak akan mengalami banyak kendala.

Nah tadi adalah 5 rekomendasi Micro SD Class 10 terbaik di pasaran. Kelima Micro SD tersebut sangat cocok untuk digunakan pada smartphone, tablet, dan kamera saku Anda. Namun jika Anda membutuhkan Micro SD untuk perangkat yang bisa merekam video 4K, disarankan untuk memilih Micro SD UHS-3 karena spesifikasinya lebih tinggi dibanding Micro SD Class 10 UHS-1.

Leave a Comment