Skip to content
Home » Info » Sulitnya Mengelola Banyak Akun Seller e-Commerce & Solusinya

Sulitnya Mengelola Banyak Akun Seller e-Commerce & Solusinya

Mengelola banyak akun seller di e-commerce menjadi tantangan bagi perusahaan atau brand yang ingin mencoba jual produk dan jasanya secara online. E-commerce merupakan platform favorit untuk berjualan dan ekspansi bisnis. Tidak perlu membuat situs toko online sendiri, mengembangkan dan menarik pengunjung. Bisnis Anda bisa langsung jualan di toko online yang sudah dikenal dimana-mana.

Sulitnya Mengelola Banyak Akun Seller di E-Commerce

E-commerce memberikan peluang yang sama ke perusahaan besar hingga UMKM untuk berkompetisi. Membuat banyak akun seller di berbagai e-commerce bagus untuk meningkatkan pendapatan. Namun, mengelola banyak akun penjual secara efektif jadi tugas yang rumit dan menantang. Di bawah ini kami akan menjelaskan apa saja tantangan dalam mengelola banyak akun seller dan solusinya:

1. Repot Mengurus Administrasi

Mengelola banyak akun seller di e-commerce membutuhkan usaha yang cukup kompleks. Setiap e-commerce punya aturan sendiri dalam menarik data, verifikasi akun, pemrosesan pesan, manajemen inventaris, dan fitur pelayanan pelanggan. Menghadapi proses administrasi yang rumit di banyak e-commerce membutuhkan waktu panjang dan tambahan karyawan.

Selain rekrut karyawan sebagai admin dan tim packing, Anda harus rekrut karyawan untuk memastikan stok produk tersedia, menghitung potongan harga, berkomunikasi dengan Account Management, memantau proses pesanan, dan merangkum data transaksi dan keuangan di masing-masing e-commerce yang datanya tidak bisa diintegrasikan satu sama lain.

Sumber: Tantangan Kelola Banyak Akun Seller di e-Commerce

2. Mengatur Stok dan Pengiriman Barang

Mengelola pekerjaan inventaris sulit dikerjakan oleh satu orang saja. Pekerjaan ini tidak boleh dikerjakan secara sembarangan. Semakin banyak akun seller yang dikelola, semakin rumit pekerjaan yang dikerjakan. Karyawan Anda harus mengatur stok, memantau pergerakan barang, dan memastikan ketersediaan produk di berbagai platform. Admin harus berkoordinasi dengan tim packing, gudang, dan finance dalam waktu bersamaan.

Baca Juga  Apa Perbedaan Oven dan Microwave? (Kelebihan dan Kekurangan)

3. Mengurus Pengiriman dan Logistik Gudang

Setiap platform e-commerce di Indonesia memiliki kebijakan logistik dan pengiriman yang berbeda. Karyawan Anda yang menangani akun seller harus memahami dan mengikuti persyaratan dari setiap platform tersebut. Belum lagi jika ada update kebijakan terbaru yang harus dipelajari. Mengatur pengiriman, memastikan paket sudah dikirim dan sampai, dan memenuhi SOP pengiriman barang membutuhkan koordinasi yang cermat.

4. Menanggapi Pertanyaan dan Keluhan Pelanggan

Saat memiliki banyak akun di e-commerce, tim Anda harus memastikan setiap akun mendapat review yang baik dari pelanggan. Namun, semakin banyak akun seller yang dikelola membuat tim Anda harus cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan, dan menyediakan dukungan pelanggan. Ditambah lagi, tim Anda harus memiliki product knowledge yang baik. Menjaga kepuasan pelanggan di setiap platform adalah tantangan yang harus dihadapi.

Solusi untuk Mengelola Banyak Akun Seller di E-commerce

Berikut ini beberapa solusi untuk memudahkan bisnis Anda dalam mengelola banyak akun seller di e-commerce:

Tantangan Punya Banyak Akun Seller E-Commerce

Menggunakan Aplikasi Manajemen e-Commerce

Menggunakan aplikasi yang bisa sinkronisasi data dari banyak e-commerce memudahkan Anda untuk mengambil data penjualan, menggabungkan jumlah transaksi dan pendapatan, mengelola review dan keluhan pelanggan, dan kelola stok produk yang tersedia. Aplikasi ini biasanya berbayar namun bisa mengurangi beban administrasi Anda saat berjualan di banyak toko online.

Buat Manajemen Tunggal untuk Kelola e-Commerce

Mau tidak mau Anda harus membuat tim khusus untuk mengelola banyak akun seller. Jangan dicampur dengan bagian lain untuk menghindari kesalahan. Biarkan tim lain fokus bekerja di bidang keahliannya. Jangan sampai pencapaian tim lain dikorbankan untuk tim baru ini. Pastikan proses komunikasi dengan tim lain berjalan lancar supaya inventaris produk, layanan pelanggan, dan informasi produk di e-commerce punya hitungan dan standar yang sama.

Baca Juga  Review Kamera Nikon Z7 Terbaru & Spesifikasi (100% Canggih)

Bagi Pekerjaan dalam Tim yang Mengelola Akun Seller

Tim yang khusus menangani penjualan di e-commerce harus punya job desk masing-masing. Seorang admin tidak boleh mengerjakan tugas lain seperti pengiriman atau melayani keluhan pelanggan. Bagi pekerjaan siapa yang bertugas menjadi: admin, mengelola stok, mengurus pengiriman, keuangan, dan layanan pelanggan. Seorang leader bertugas memastikan setiap orang bekerja dengan benar. Tetapkan target untuk masing-masing personal dalam tim.

Lakukan Evaluasi Rutin dan Pengembangan Layanan

Kunci dari keberhasilan mengelola banyak akun seller di e-commerce adalah lakukan evaluasi rutin. Terus kaji dan tingkatkan proses bisnis yang sudah dilakukan. Coba identifikasi bagian mana yang membutuhkan perbaikan dan disesuaikan dengan kondisi keuangan bisnis. Sesuaikan target bisnis dengan cermat untuk bantu mengatasi masalah yang muncul di saat ini, atau masa depan.

Kesimpulan

Mengelola banyak akun seller di e-commerce merupakan pekerjaan yang menantang. Dari jumlah karyawan yang direkrut memang tidak sebanyak membuka toko cabang, namun tim Anda harus menetapkan strategi yang tepat. Tujuannya agar penjualan di e-commerce bukan dipandang sebagai pelengkap saja. Kelola manajemen bisnis online dengan baik, rekrut tim yang terlatih, dan selalu tingkatkan kualitas untuk meningkatkan keberhasilan bisnis di online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *