Kamera Digital Terbaik (Spesifikasi dan Harga)

Apabila Anda ingin mengetahui kamera digital terbaik yang bisa dibeli untuk menghasilkan gambar menakjubkan, maka berikut adalah daftarnya. Memang menentukan kamera digital terbaik sangatlah sulit karena terdapat banyak sekali pilihan kamera yang ada di pasaran mulai dari kamera digital ringkas, mirrorless, hingga full-frame DSLR dengan fitur super canggih untuk para profesional.

1. Kamera Digital Terbaik: Nikon D850

Kamera Digital Terbaik

Harga sekitar Rp51.000.000,-

Memang harga yang ditawarkannya bisa saja membuat Anda terkejut. Akan tetapi kamera ini memiliki kemampuan lengkap yang serba bisa untuk memotret segala objek sehingga bisa dibilang harga tersebut sepadan dengan performa kamera ini sendiri. Dibekali dengan sensor full-frame 45,4 megapiksel yang brilian, kualitas gambar yang dihasilkannya sangatlah menakjubkan. Tak hanya itu saja, berkat sistem AF 153-point yang canggih dan kecepatan memotret beruntun 9 fps, kamera ini memiliki keandalan tiada tanding untuk memotret mulai dari pemandangan hingga satwa liar.

Tipe: DSLR
Ukuran Sensor: Full-frame CMOS
Resolusi: 45.4MP
Lensa: Nikon F mount
Viewfinder: Optical
Tipe Layar: 3.2-inch tilting touchscreen, 2,359,000 dots
Kecepatan Foto Beruntun Maksimal: 7fps
Resolusi Video: 4K

2. Kamera Digital Terbaik: Sony Alpha A7 III

Kamera Digital Terbaik

Harga sekitar Rp30.000.000,-

Dengan menghadirkan kamera full-frame mirrorless yang sangat canggih, Sony menawarkan pilihan kamera alternatif pengganti DSLR dari Canon dan Nikon. Alpha A7 III mungkin memang termasuk kamera full-frame kelas entry dalam jajaran mirrorless dari Sony. Akan tetapi kamera ini mampu memberikan kombinasi mengesankan antara fitur dan performa yang dapat membuat kamera ini menjadi pilihan tepat bagi para penggemar fotografi. Sensor full-frame 24,2 megapiksel pada kamera ini sangatlah hebat, serta sistem AF 693-point canggih dan pemotretan beruntun 10 fps. Untuk kelas harganya, kamera ini sangatlah sulit untuk ditandingi.

Tipe: Mirrorless
Ukuran Sensor: Full-frame CMOS
Resolusi: 24.2MP
Lensa: Sony E mount
Viewfinder: EVF
Tipe Layar: 3.0-inch tilting touchscreen, 921,000 dots
Kecepatan Foto Beruntun Maksimal: 10fps
Resolusi Video: 4K

3. Kamera Digital Terbaik: Fujifilm X100F

Kamera Digital Terbaik

Harga sekitar Rp16.000.000,-

Dilihat dari tampilannya, kamera ini memang memiliki desain klasik yang indah. Akan tetapi sayangnya kamera ini kurang begitu cocok untuk digunakan oleh para pemula. Kamera ini berukuran cukup besar, bergaya retro dan ringkas dengan fixed focal length 35 mm dan dirancang untuk fotografer yang merindukan kamera rangefinder dengan film 35 mm yang agak berat dengan kontrol eksternal manual. Bisa dibilang kamera ini pada umumnya bukan digunakan sebagai kamera primer, melainkan kamera sekunder para penggemar kamera.

Tipe: High-end compact
Ukuran Sensor: APS-C CMOS
Resolusi: 24.3MP
Lensa: 23mm f/2
Viewfinder: Hybrid
Tipe Layar: 3.0-inch, 1,040,000 dots
Kecepatan Foto Beruntun Maksimal: 8fps
Resolusi Video: 1080p

4. Kamera Digital Terbaik: Nikon D3400

Kamera Digital Terbaik

Harga sekitar Rp6.000.000,-

Nikon D3400 bisa jadi pilihan kamera digital terbaik yang termasuk ke dalam kelas DSLR entry. Dengan dibekali desain dan spesifikasi yang hampir mirip dengan model pendahulunya, kamera ini mendapatkan tambahan fitur berupa konektivitas bluetooth SnapBridge untuk dapat memindah gambar secara langsung ke perangkat pintar Anda sehingga proses pembagian gambar bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah. Kemudian, sensor 24,2 megapiksel pada kamera ini juga dapat menangkap detail dengan cukup, serta kontrol yang mudah digunakan oleh para pemula sekalipun.

Tipe: DSLR
Ukuran Sensor: APS-C CMOS
Resolusi: 24.2MP
Lensa: Nikon F mount
Viewfinder: Optical
Tipe Layar: 3.0-inch, 921,000 dots
Kecepatan Foto Beruntun Maksimal: 5fps
Resolusi Video: 1080p

5. Kamera Digital Terbaik: Olympus OM-D E-M10 Mark III

Kamera Digital Terbaik

Harga sekitar Rp12.500.000,-

E-M10 Mark III memang tidak menawarkan banyak hal baru dari yang sebelumnya sudah ditawarkan oleh Mark II, pendahulunya. Akan tetapi kamera ini menghadirkan rancangan yang membuatnya menjadi kamera mirrorless yang menarik bagi para pemula dan juga penggemar kamera. Tak hanya itu, kamera ini juga didukung dengan sistem stabilisator gambar 5-axis, viewfinder elektronik yang hebat, kecepatan memotret beruntun 8,6 fps yang mengesankan, dan perekaman video 4K.

Tipe: Mirrorless
Ukuran Sensor: Micro Four Thirds
Resolusi: 16.1MP
Lensa: Micro Four Thirds
Viewfinder: EVF
Tipe Layar: 3.0-inch tilting, 1,370,000 dots
Kecepatan Foto Beruntun Maksimal: 8.6fps
Resolusi Video: 4K

Leave a Comment